INLIS Lite merupakan perangkat lunak (software) aplikasi otomasi perpustakaan yang dibangun dan dikembangkan oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas) sejak tahun 2011.
Seiring dengan perkembangan dunia perpustakaan, khususnya di Indonesia, Perpusnas memandang perlu untuk memfasilitasi semangat pengelola perpustakaan di seluruh daerah untuk memulai menerapkan otomasi perpustakaan menuju terwujudnya perpustakaan digital, maka Perpusnas berinisiatif untuk mendistribusikan perangkat lunak ini dalam versi yang lebih ringan dengan nama INLIS Lite.
Alhamdulilah sejak Bulan Januari 2019 Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Bojonegoro sudah dapat meng implementasikan Automasi Perpustakaan dengan Penggunaan Aplikasi INLIS Lite dan mulai 1 Agustus 2020 ini sudah menggunakan Versi 3.2, sehingga segala bentuk Pelayanan pada masyarakat sudah terintegrasi secara On Line sepenuhnya bisa di akses di http://inlis.bojonegorokab.go.id/
Masyarakat dan pemustaka bisa memanfaatkan INLISLite online ini karena memiliki banyak fitur baru untuk lebih memudahkan pengolahan data dan meningkatkan pelayanan perpustakaan, antara lain :
• Form Entri Katalog Sederhana
• Kardeks Terbitan Berkala
• Pilihan Model Kartu Anggota
• Facet Search Pada Modul OPAC
• Banyak Modul :
Portal aplikasi, Back Office
Koleksi Baca Di Tempat, Buku Tamu
Keanggotaan Online
Online Public Access Catalogue
Layanan Koleksi Digital
Statistik Perkembangan Perpustakaan
Survei Terhadap Pemustaka.


INLISLite versi 3 dibangun dalam dua pilihan platform bahasa pemrograman yaitu:
1. DotNet Framework, yang dapat diinstalasi pada komputer bersistem operasi Windows
2. PHP (opensource), yang dapat diinstalasi pada komputer bersistem operasi Windows dan Linux
Membantu pengembangan otomasi perpustakaan di seluruh Indonesia.
Sebagai tool perpustakaan digital untuk mengelola koleksi full teks dan multimedia
Membantu dalam pembentukan katalog elektronis berbasis MARC untuk Indonesia (INDOMARC).
Melaksanakan program nasional yang diamanatkan kepada Perpusnas untuk menghimpun data koleksi nasional dalam sebuah Katalog Induk Nasional (KIN) dan Bibliografi Nasional Indonesia (BNI) dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.
Membantu pembentukan Katalog Induk Daerah (KID) dan Bibliografi Daerah (BiD) yang diselenggarakan oleh perpustakaan umum provinsi bersama mitra kerjanya di tingkat kabupaten dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.
Dan juga manfat lain dari inlislite adalah sebagai media bagi perpustakaan untuk mendapatkan feedback/masukan dari anggota perpustakaan. Menjadikan InlisLite sebagai portal yang menyajikan Info Bibliografi, Journal, Informasi, dan potensi perpustakaan secara terpadu dan menyeluruh.
Selain itu InlisLite sebagai media interaksi antara pustakawan dengan pemustaka, sebagai komunikasi dua arah sebagai langkah awal terwujudnya implementasi e-library / perpustakaan digital.
Kita dapat menginstall Inlis ke dalam server web, jadi perpustakaan Digital yang bisa diakses dimana saja, sehingga pemustaka maupun pustakawan bisa mengakses Inlis dimana saja.

oleh : @MrCopas_PerpusdaBojonegoro


By Admin
Dibuat tanggal 01-09-2020
3519 Dilihat