Kabupaten Bojonegoro turut berpartisipasi dalam Lomba Bertutur bagi siswa siswi SD/MI tingkat Provinsi Jawa Timur tahun 2023 yang diadakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur pada tanggal 2 Agustus 2023 bertempat di Grand City Mall Surabaya, lomba ini diikuti oleh perwakilan pelajar kelas 5 SD/MI dari 23 kabupaten/kota se-Jatim.

Tsurayya Rahadatul'aisy Rofifah, siswi dari SD Muhammadiyah 3 ICP Sumberrejo sebagai perwakilan dari Kabupaten Bojonegoro mendapatkan Juara 3 Lomba Bertutur tingkat Provinsi Jawa Timur tahun 2023. Tsurayya sebelumnya telah melalui seleksi yang diikuti oleh siswa siswi dari beberapa sekolah dasar di Kabupaten Bojonegoro. Video lengkap penampilan Tsurayya saat Lomba Bertutur dapat dilihat pada YouTube "Perpustakaan Arsip Bojonegoro".

Kegiatan lomba bertutur ini dimaksudkan untuk melaksanakan amanat UU No. 43 Tahun 2007 khususnya pasal 8 terkait dengan menggalakkan promosi gemar membaca dengan memanfaatkan perpustakaan serta sebagai perwujudan penghargaan gemar membaca bagi anak-anak dapat terus ditingkatkan salah satunya melalui cerita maupun dongeng. Selain itu, dengan adanya lomba bertutur diharapkan dapat mempopulerkan buku-buku cerita daerah yang mengandung semangat patriotisme, ajaran budi pekerti dan nilai-nilai luhur yang bermanfaat untuk pembangunan karakter masyarakat khususnya anak-anak usia sekolah.

Tsurayya membawakan cerita yang diambil dari buku berjudul "Kedatangan Ki Andong Sari" karya Khirda Safa A. Penulis merupakan warga asli Bojonegoro yang menyumbangkan buku cerita yang ditulisnya ke Perpusda Kabupaten Bojonegoro. Buku ini menceritakan kehidupan Ki Tumenggung Arya Mentaun atau yang lebih dikenal sebagai Ki Andong Sari. Bagaimana kisahnya? Mengapa hingga saat ini masyarakat Bojonegoro selalu mengenangnya dengan sebutan Ki Andong Sari? Untuk cerita lengkapnya, dapat dibaca bukunya di Perpusda Kabupaten Bojonegoro.

Untuk masyarakat Bojonegoro yang mempunyai karya tulisan asli sendiri yang telah dibukukan.... Monggo... Dapat menyumbangkan hasil karyanya ke Perpusda Kabupaten Bojonegoro untuk dapat dimanfaatkan kembali oleh masyarakat Bojonegoro.

#ayomembaca
#ayokeperpustakaan


By Admin
Dibuat tanggal 14-08-2023
135 Dilihat