Hari Buku Nasional diperingati setiap tanggal 17 Mei, bertepatan dengan tanggal berdirinya Perpustakaan Nasional RI yakni 17 Mei 1980. 
Dikutip dari laman Direktorat Sekolah Dasar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), peringatan Hari Buku Nasional diinisiasi oleh Menteri Pendidikan Nasional yaitu Bapak Abdul Malik Fadjar. Peringatan momen khusus ini bertujuan untuk mempromosikan budaya literasi dan sebagai pengingat pentingnya membaca di kalangan masyarakat Indonesia. Hendaknya membaca buku  dapat menjadi suatu kebutuhan di tengah perkembangan era digital, terutama menghadapi ancaman maraknya penyebaran hoax saat ini.
Bertepatan dengan Hari Buku Nasional tahun ini, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur bersinergi dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bojonegoro telah dilaksanakan kegiatan Bimbingan Literasi di SMAN 2 Bojonegoro dengan peserta sejumlah 40 siswa-siswi pada Jumat, 17 Mei 2024. Kegiatan Bimbingan Literasi ini dilaksanakan dalam rangka menumbuhkan minat baca para remaja melalui bimbingan penulisan artikel dengan pemateri Pak Bangun Setiyawan Nugroho. Selain itu, telah dilaksanakan kerjasama Layanan Terpadu Perpustakaan (Desa, Sekolah, dan Lapas) melalui kegiatan pinjam pakai koleksi buku perpustakaan untuk 3 perpustakaan yaitu Perpustakaan Pustaka Ndalem, Perpustakaan SMAN 2 Bojonegoro, dan Perpustakaan Lapas Kelas IIA Bojonegoro. Diharapkan buku-buku tersebut dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sehingga akan menumbuhkan minat baca. 
Selamat Hari Buku Nasional dan Dirgahayu Perpustakaan Nasional RI ke-44.

#ayomembaca
#ayokeperpustakaan


By Admin
Dibuat tanggal 17-05-2024
52 Dilihat