Pembinaan Kearsipan Desa terkait Pengelolaan Kearsipan Desa dilaksanakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bojonegoro pada tanggal 30 Juni 2022 di Desa Dayukidul Kecamatan Kedungadem. Materi Pembinaan yang diberikan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan adalah Arsip Dinamis Aktif dan Arsip Dinamis Inaktif. Arsip Dinamis Aktif adalah arsip yang frekuensi penggunaanya masih terus menerus, sedangkan Arsip Dinamis Inaktif adalah arsip yang frekuensi penggunaanya sudah menurun tapi masih digunakan sewaktu- waktu. 

Arsip Dinamis Aktif meliputi surat masuk dan surat keluar, surat masuk meliputi pengagendaan surat masuk, disposisi surat masuk, pengendalian surat masuk sampai penyimpanan arsip menggunakan map gantung dan sesuai kode klasifikasi agar memudahkan temu kembali ketika surat dib utuhkan lagi. Sedangkan untuk surat keluar meliputi pengagendaan surat keluar, pengendalian surat keluar dan penyimpanan surat keluar berdasarkan kode klasifikasi surat keluar. 

Arsip Dinamis Inaktif meliputi surat- surat masuk dan keluar  (setelah kurun waktu 1 tahun) yang pada akhirnya akan menjadi arsip Inkatif, setelah menjadi arsip Inaktif setiap arsip akan dideskripsikan, dibungkus kemudian disimpan di dalam boks arsip, boks tersebut akan diberi label sebagai pengenal / identitas dari arsip yang tersimpan di dalamnya. 

Dengan adanya pembinaan kearsipan terkait pengelolaan Kearsipan Desa, diharapkan pengadministrasian surat masuk maupun surat keluar menjadi lebih baik. 

 

 


By Admin
Dibuat tanggal 01-07-2022
380 Dilihat