|
PEMERINTAH KABUPATEN BOJONEGORO DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN Jl. Pattimura No: 1A Telepon (0353) 891907 BOJONEGORO
|
STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP) LAYANAN KEARSIPAN
|
DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KEBUPATEN BOJONEGORO
|
PEMERINTAH KABUPATEN BOJONEGORO DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN Jl. Pattimura No: 1A Telepon (0353) 891907B O J O N E G O R O
|
KEPUTUSAN
KEPALA DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN
KABUPATEN BOJONEGORO
NOMOR : 188/011/412.218/2017
TENTANG
STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR( SOP) LAYANAN KEARSIPAN
DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN
KABUPATEN BOJONEGORO
KEPALA DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN
KABUPATEN BOJONEGORO
Menimbang |
: |
|
Mengingat |
: |
|
|
|
|
M E M U T U S K A N
Menetapkan |
: |
|
PERTAMA |
: |
Standar Operasional Prosedur ( SOP) Layanan Kearsipan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bojonegoro, sebagaimana disebut dalam Lampiran merupakan bagian tak terpisahkan dari surat keputusan ini |
KEDUA |
: |
Standar Operasional Prosedur ( SOP) Layanan Kearsipan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bojonegoro sebagaimana diktum PERTAMA meliputi :
|
KETIGA |
: |
Standar Operasional Prosedur ( SOP) Layanan Kearsipan sebagaimana dimaksud dalam diktum KEDUA dipergunakan sebagai acuan yang harus dilaksanakan oleh petugas / aparat Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bojonegoro |
KEEMPAT |
: |
Keputusan ini mulai berlaku sejak tanggal ditetapkan dan apabila di kemudian hari terdapat kesalahan dalam keputusan ini akan diadakan perbaikan sebagaimana mestinya
|
|
|
Ditetapkan di Pada tanggal |
: : |
Bojonegoro Desember 2017 |
|
|
|
Kepala Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kabupaten Bojonegoro
Drs. NUZULUL HUDAYA, M.Si Pembina Utama Muda NIP. 19590326 198603 1 009 |
|||
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
|
|
Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bojonegoro
Drs. NUZULUL HUDAYA, M.Si Pembina Utama Muda NIP. 19590326 198603 1 009 |
NO |
JENIS PELAYANAN |
DASAR HUKUM |
PERSYARATAN |
BIAYA / TARIF |
WAKTU PENYELE-SAIAN |
PROSEDUR PELAYANAN |
SPESIFIKASI PRODUK |
KOMPETENSI PETUGAS |
SARANA PRASARANA |
KOMPENSASI |
1 |
Pelayanan Peminjaman Arsip Inaktif |
1.Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan 2.Undang Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik 3.Peraturan Bupati Bojonegoro Nomor 33 Tahun 2011 tentang Pedoman Penyusunan Standar Pelayanan Publik |
1.Surat ijin penelitian/Surat Tugas/Surat Kuasa peminjaman arsip 2.Bukti identitas diri 3.Peminjaman sebanyak-banyaknya 5 (lima) nomor arsip atau 2 (dua) reel microfilm / microfische |
Tidak dipungut biaya |
Untuk pengguna yang telah memenuhi persyaratan, waktu layanan adalah 15 menit |
|
Peminjaman dokumen |
|
1. Alat tulis 2. Buku register peminjaman 3. Meja dan kursi, serta meubelair lainnya 4. Komputer dan printer 5. Masker 6. Boks Arsip 7. Form peminjaman arsip |
Bila mana pelayanan yang diberikan tidak sesuai dengan standar pelayanan publik yang telah ditentukan, maka petugas akan mendapat teguran sampai sanksi administratif |
NO |
JENIS PELAYANAN |
DASAR HUKUM |
PERSYARATAN |
BIAYA / TARIF |
WAKTU PENYELE-SAIAN |
PROSEDUR PELAYANAN |
SPESIFIKASI PRODUK |
KOMPETENSI PETUGAS |
SARANA PRASARANA |
KOMPENSASI |
|
|
|
|
|
|
10. Arsip yang telah selesai dibaca harus diserahkan kembali oleh pengguna kepada petugas pelayanan, untuk selanjutnya dikembalikan kepada petugas di tempat penyimpanan; 11. Proses pelayanan selesai |
|
|
|
|
NO |
JENIS PELAYANAN |
DASAR HUKUM |
PERSYARATAN |
BIAYA / TARIF |
WAKTU PENYELE-SAIAN |
PROSEDUR PELAYANAN |
SPESIFIKASI PRODUK |
KOMPETENSI PETUGAS |
SARANA PRASARANA |
KOMPENSASI |
1 |
Peyanan Penggandaan Dan Reproduksi Arsip Inaktif |
1.Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan 2.Undang Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik 3.Peraturan Bupati Bojonegoro Nomor 33 Tahun 2011 tentang Pedoman Penyusunan Standar Pelayanan Publik |
1.Surat permohonan penggandaan/ duplika-si / reproduksi arsip 2.Bukti identitas diri 3.Penggandaan arsip dapat dilakukan bila arsip tidak memuat informasi yang bersifat rahasia (tidak boleh diketahui publik) 4.Penggandaan arsip dapat dilakukan bila fisik arsip memung-kinkan untuk diganda-kan (fisik tidak rusak). Khusus untuk arsip Media Baru (non kertas) permintaan re-produksi harus disertai alasan dan peruntukan penggandaan; 5.Penggandaan/ repro-duksi arsip kertas hanya dapat dilakukan maks 20% dari jumlah halaman arsip maupun buku koleksi; 6.Semua hasil penggandaan/ repro-duksi hanya sah bila diberi Stempel Copy/ Reproduksi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan; |
Tidak dipungut biaya |
Penggandaan dalam bentuk fotocopi arsip paling lambat dapat diterima pengguna/ pe-mesan setelah 1 hari dari waktu permintaan penggandaan. Sedang untuk arsip media baru selambat2nya 5 (lima) hari terhitung tanggal permintaan penggandaan,kecuali apabila fasilitas di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan tidak tersedia dan bahan-bahan sedang tidak dapat diperoleh di pasaran saat permintaan diajukan |
|
Softcopy / hardcopy |
|
Bila mana pelayanan yang diberikan tidak sesuai dengan standar pelayanan publik yang telah ditentukan, maka petugas akan mendapat teguran sampai sanksi administratif |
NO |
JENIS PELAYANAN |
DASAR HUKUM |
PERSYARATAN |
BIAYA / TARIF |
WAKTU PENYELE-SAIAN |
PROSEDUR PELAYANAN |
SPESIFIKASI PRODUK |
KOMPETENSI PETUGAS |
SARANA PRASARANA |
KOMPENSASI |
|
|
|
7.Arsip kertas yang digunakan sebagai sumber penerbitan harus mencantumkan sumber asal koleksi yaitu Dinas Perpustakaan dan Kearsipan serta membayar hak cipta dan copyright (hak copy) untuk jenis arsip-arsip Media Baru |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bojonegoro
Drs. NUZULUL HUDAYA, M.Si Pembina Utama Muda NIP. 19590326 198603 1 009 |
ALUR LAYANAN PEMINJAMAN ARSIP INAKTIF
ALUR LAYANAN PENGGANDAAN / REPRODUKSI