Turut menyemarakkan Hari Dongeng Nasional yang jatuh setiap tanggal 28 November, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bojonegoro gelar Lomba Bertutur SD/MI tingkat Kabupaten tahun 2023. Selain itu, lomba bertutur ini dalam rangka melaksanakan amanat UU No. 43 Tahun 2007 terkait dengan menggalakkan promosi gemar membaca melalui pemanfaatan perpustakaan serta sebagai perwujudan penghargaan gemar membaca bagi anak-anak dapat terus ditingkatkan salah satunya melalui cerita atau dongeng. Cerita yang dibawakan para peserta berasal dari buku cerita daerah yang mengandung nilai-nilai luhur dan bermanfaat untuk pembangunan karakter anak-anak usia sekolah.
Lomba bertutur telah dilaksanakan sejak tanggal 31 Oktober 2023 melalui seleksi video yang dikirimkan peserta dan terpilih 10 peserta terbaik dinyatakan lolos untuk tampil di final tanggal 4 Desember 2023. Penilaian dilakukan oleh 3 juri yaitu Kak Agung Budiono dari Komunitas Kampoeng Dongeng, Kak Arif Rahman dan juga Kak Rubiar selaku pencerita dan penulis buku.
Penjabat Bupati (Pj) Bupati Bojonegoro, Bapak Adriyanto menghadiri acara final dan penyerahan hadiah lomba bertutur SD/MI tingkat Kabupaten dan dalam sambutannya menyampaikan selamat kepada siswa yang menjadi juara pada lomba bertutur dan juga disampaikan bahwa anak-anak yang akan menjadi penerus budaya di masa mendatang.
Berikut pemenang lomba bertutur SD/MI tingkat Kabupaten tahun 2023:
1. Juara I Ainayya Nalani Kayana dari SDN Dander 1
2. Juara II Galang Sultan Ararya dari SDN Ledokwetan 1 Bojonegoro
3. Juara III Fatimatuz Zahra dari SDN Plesungan Kapas
4. Juara Harapan I Jill Ibbana Alberlinty Suseno dari MI Fatttahul Huda Pungpungan Kalitidu
5. Juara Harapan II Aisyabella Husna Puspita dari SDN Sumberarum 1 Dander
6. Juara Harapan III Via Avisia Fenita dari MI Mafatihul Huda Kedaton Kecamatan Kapas

#ayomembaca
#ayokeperpustakaan


By Admin
Dibuat tanggal 05-12-2023
183 Dilihat