Loading
X
Selamat Datang di Portal Resmi Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Bojonegoro © 2014
SOP Pelayanan Informasi(Perpus)

 

 

 

PEMERINTAH KABUPATEN BOJONEGORO

DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN

Jl. Pattimura No: 1A Telepon (0353) 891907

BOJONEGORO

 

 

 

STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR

(SOP)

LAYANAN PERPUSTAKAAN

 

 

 

 

DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN

KEBUPATEN BOJONEGORO

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

PEMERINTAH KABUPATEN BOJONEGORO

DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN

Jl. Pattimura No: 1A Telepon (0353) 891907

B O J O N E G O R O

 

 

KEPUTUSAN

KEPALA DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN

KABUPATEN BOJONEGORO

NOMOR : 188/010/412.218/2017

TENTANG

STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR( SOP) LAYANAN PERPUSTAKAAN

DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN

KABUPATEN BOJONEGORO

 

KEPALA DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN

KABUPATEN BOJONEGORO

 

 

Menimbang

:

  1. Bahwa untuk mewujudkan kepastian tentang hak, tanggung jawab, kewajiban dan kewenangan seluruh pihak terkait dalam penyelenggaraan pelayanan publik (khususnya layanan bidang perpustakaan) pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bojonegoro, dan dalam rangka mewujudkan sistem penyelenggaraan pemerintahan yang baik, terpenuhinya hak-hak masyarakat dalam memperoleh pelayanan publik bidang perpustakaan secara maksimal serta mewujudkan partisipasi dan ketaatan masyarakat dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik, maka perlu ditetapkan standarisasi layanan sesuai ketentuan yang berlaku.
  2. Bahwa upaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik sebagaiman dimaksud huruf a maka perlu ditetapkan Standar Operasional Prosedur ( SOP) Layanan Perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bojonegoro melalui Keputusan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bojonegoro.

 

Mengingat

 

  1. Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
  2. Undang Undang Nomor 12 Tahun 1950 tentang Pembentukan Daerah Kabupaten dalam lingkungan Prop Jatim
  3. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2007 Tentang Perpustakaan
  4. Undang Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik

 

 

 

 

 

 

  1. Undang Undang Nomor 9 Tahun 2015 tentang Perubahan Kedua Undang Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah
  2. Peraturan Menteri Pendayaguanaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2012 Tentang Petunjuk Teknis Penyusunan, Penetapan, dan Penerapan Standar Pelayanan
  3. Peraturan Daerah Nomor 13 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kabupaten Bojonegoro
  4. Peraturan Bupati Bojonegoro Nomor 65 Tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan  Organisasi dan Tata Kerja serta Uraian Tugas dan Fungsi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bojonegoro

 

M E M U T U S K A N

 

Menetapkan

:

 

 

PERTAMA

:

Standar Operasional Prosedur ( SOP) Layanan Perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bojonegoro, sebagaimana disebut dalam Lampiran merupakan bagian tak terpisahkan dari surat keputusan ini.

 

KEDUA

:

Standar Operasional Prosedur ( SOP) Layanan Perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bojonegoro sebagaimana diktum PERTAMA meliputi :

  1. Pelayanan Keanggotaan
  2. Peyanan Sirkulasi (Circulation Servive)
  3. Pelayanan Referensi (Reference Service)
  4. Pelayanan Pinjam Antar Perpustakaan (Inter-Library Loan Service)
  5. Pelayanan Internet
  6. Pelayanan Storytelling
  7. Pelayanan Bagi Pemustaka Berkebutuhan Khusus
  8. Pelayanan Perpustakaan Keliling

 

KETIGA

:

Standar Operasional Prosedur ( SOP) Layanan Perpustakaan sebagaimana dimaksud dalam diktum KEDUA dipergunakan sebagai acuan yang harus dilaksanakan oleh petugas / aparat Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bojonegoro

 

 

 

 

 

 

 

KEEMPAT

:

Keputusan ini mulai berlaku sejak tanggal ditetapkan dan apabila di kemudian hari terdapat kesalahan dalam keputusan ini akan diadakan perbaikan sebagaimana mestinya

 

        

 

 

Ditetapkan di

Pada tanggal

:

:

Bojonegoro

       Desember  2017

 

 

 

Kepala Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan

Kabupaten Bojonegoro

 

 

 

 

 

Drs. NUZULUL HUDAYA, M.Si

Pembina Utama Muda

NIP. 19590326 198603 1 009

           

 

     

  1. PENDAHULUAN

 

 

 

 

 

 

 

  1. LATAR BELAKANG

 

  • Ø Mencerdaskan kehidupan bangsa adalah salah satu tujuan Negera Republik Indonesia sebagaimana diamanatkan dalam Pembukaan UUD 1945.
  • Ø Perpustakaan yang bertujuan untuk memberi informasi guna meningkatkan pengetahuan dan kemampuan serta menunjang proses belajar-mengajar, menunjang program lembaga tertentu, melestarikan budaya bangsa, memperlancar tugas penelitian, serta sebagai tempat mendapatkan hiburan dan memperoleh informasi lainnya, harus mampu menjadi pilar dalam rangka turut mencerdaskan kehidupan bangsa. Dengan kata lain Perpustakaan merupakan komponen penting dalam mendukung penyelenggaraan berbangsa dan bernegara.
  • Ø Berdasarkan Peraturan Daerah Nomor 13 Tahun 2016 tentang tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kabupaten Bojonegoro, serta Peraturan Bupati Bojonegoro Nomor 65 Tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan  Organisasi dan Tata Kerja serta Uraian Tugas dan Fungsi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bojonegoro, maka Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bojonegoro disamping mempunyai tugas melaksanakan kewenangan, desentralisasi dan dekonsentrasi di bidang perpustakaan dan kearsipan, juga mempunyai tugas tugas pelayanan pada masyarakat, khususnya pelayanan informasi maupun administratif  bidang perpustakaan dan kearsipan.
  • Ø Oleh karena terkait dengan fungsi pelayanan pada masyarakat sebagaimana diatas, maka sebagai aktualisasi Peraturan Bupati Bojonegoro Nomor 33 Tahun 2011 tentang Pedoman Penyusunan Standar Pelayanan Publik, maka perlu segera disusun Standar Operasional Prosedur  (SOP) Layanan Perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bojonegoro

 

 

 

 

 

  1. VISI DAN MISI

 

 

 

 

 

 

 

  1. VISI
 

 

Terwujudnya Arsip dan Perpustakaan Sebagai Sumber Informasi, Pengembangan Kreativitas, dan Rekreasi Edukatif

 

 

  1. MISI
 

 

  1. Meningkatkan profesionalisme aparatur dan tata kearsipan guna mendukung kelancaran pelayanan publik;
  2. Mengamankan arsip sebagai sumber informasi dan bukti autentik;
  3. Mewujudkan perpustakaan sebagai sumber belajar dan pengembangan kreativitas melalui penyediaan sarana informasi
  4. Mewujudkan perpustakaan sebagai tempat rekreasi edukatif melalui kegiatan pengembangan ekonomi masyarakat

 

 

  1. TUGAS POKOK

DAN FUNGSI

 

Berdasarkan Peraturan Daerah Nomor 13 Tahun 2016 tentang tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kabupaten Bojonegoro, serta Peraturan Bupati Bojonegoro Nomor 65 Tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan  Organisasi dan Tata Kerja serta Uraian Tugas dan Fungsi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bojonegoro, maka tugas pokok dan fungsi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bojonegoro adalah :

 

 

 

 

 

 

  1. TUGAS POKOK

 

Melaksanakan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan Daerah di Bidang Perpustakaan dan Bidang Kearsipan dan tugas pembantu

 

  1. FUNGSI

 

  1. Perumusan kebijakan di bidang perpustakaan dan kearsipan;
  2. Pelaksanaan kebijakan di bidang perpustakaan dan kearsipan;
  3. Pelaksanaan evaluasi dan pelaporan dibidang perpustakaan dan kearsipan;
  4. Pelaksanaan administrasi dinas di bidang perpustakaan dan kearsipan;
  5. Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Bupati terkait dengan tugas dan fungsinya;

 

 

 

 

 

 

  1. DASAR HUKUM PELAYANAN

 

  1. Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
  2. Undang Undang Nomor 12 Tahun 1950 tentang Pembentukan Daerah Kabupaten dalam lingkungan Prop Jatim
  3. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2007 Tentang Perpustakaan
  4. Undang Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik
  5. Undang Undang Nomor 9 Tahun 2015 tentang Perubahan Kedua Undang Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah
  6. Peraturan Menteri Pendayaguanaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2012 Tentang Petunjuk Teknis Penyusunan, Penetapan, dan Penerapan Standar Pelayanan
  7. Peraturan Daerah Nomor 13 Tahun 2016 tentang tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kabupaten Bojonegoro
  8. Peraturan Bupati Bojonegoro Nomor 65 Tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan  Organisasi dan Tata Kerja serta Uraian Tugas dan Fungsi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bojonegoro

 

 

 

 

 

 

  1. JENIS JENIS PELAYANAN

 

  1. Pelayanan Keanggotaan
  2. Peyanan Sirkulasi (Circulation Servive)
  3. Pelayanan Referensi (Reference Service)
  4. Pelayanan Pinjam Antar Perpustakaan (Inter-Library Loan Service)
  5. Pelayanan Internet
  6. Pelayanan Storytelling
  7. Pelayanan Bagi Pemustaka Berkebutuhan Khusus
  8. Pelayanan Perpustakaan Keliling
             

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. II.          STANDAR PELAYANAN

 

 

JENIS PELAYANAN

 

PEYANAN KEANGGOTAAN

 

 

 

 

 

  1. DASAR HUKUM

 

  1. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2007 Tentang Perpustakaan
  2. Undang Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik
  3. Peraturan Bupati Bojonegoro Nomor 33 Tahun 2011 tentang Pedoman Penyusunan Standar Pelayanan Publik

 

 

 

 

 

  1. PERSYARATAN

 

  1. Umum: memiliki KTP/SIM/Paspor yang masih berlaku;
  2. Siswa SD, SLTP, dan SLTA: memiliki Kartu Pelajar;
  3. Mahasiswa: memiliki Kartu Mahasiswa yang masih berlaku

 

 

 

 

 

  1. BIAYA / TARIF

 

Tidak dipungut biaya

 

 

 

 

 

  1. WAKTU PENYELESAIAN

 

Waktu penyelesaian rekomendasi tehnis (Rekomtek) perijinan adalah 15 menit

 

 

 

 

 

  1. PROSEDUR PELAYANAN

 

  1. Pemohon datang sendiri (tidak boleh diwakilkan) ke kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bojonegoro;
  2. Pemohon megisi formulir pendaftaran yang ditanda-tangani oleh pemohon dengan dilampiri tanda pengenal sebagaimana persyaratan huruf B diatas;
  3. Apabila persyaratan lengkap maka proses pembuatan dan penerbitan Kartu Anggota Perpustakaan

 

 

 

 

 

  1. SPESIFIKASI PRODUK

 

Layanan Administratif  Kartu Anggota Perpustakaan

 

 

 

 

 

  1. KOMPETENSI PETUGAS

 

 

 

 

  1. Jumlah personil yang dibutuhkan dalam pelayanan keanggotaan pada saat jam kerja terdiri atas 2 (dua) orang;
  2. Mampu mengoperasikan komputer dengan baik
  3. Mampu berkomunikasi dengan baik
  4. Mempunyai kemampuan bekerja dengan baik di bawah tekanan maupun target yang sangat ketat
  5. Ramah, sopan, berpenampilan menarik dan rapi

 

 

 

 

 

 

  1. SARANA DAN PRASARANA
    1. Alat tulis
    2. Buku register surat masuk keluar
    3. Meja dan kursi, serta meubelair lainnya
    4. Komputer dan printer
  1.  
 

 

 

  1.  

 

 

  1. PENGADUAN
    1. Pengaduan/komplain dapat disampaikan langsung (lisan) ke kantor  Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bojonegoro
    2. Pengaduan/komplain bisa juga dilakukan melalui surat ke alamat Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bojonegoro, Jl. Pattimura No: 1A Bojonegoro
    3. Pengaduan/komplain dapat disampaikan melalui SMS langsung ke Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bojonegoro dengan nomor 0812 1782 922
    4. Pengaduan/komplain dapat disampaikan melalui SMS langsung ke Bupati Bojonegoro dengan nomor 0811 3406 688
  1.  
 

 

 

  1.  

 

 

  1. KOMPENSASI
  1.  

Bila mana pelayanan yang diberikan tidak sesuai dengan standar pelayanan publik yang telah ditentukan, maka petugas akan mendapat teguran sampai sanksi administratif

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

JENIS PELAYANAN

  1.  

PELAYANAN SIRKULASI (CIRCULATION SERVICES)

 

 

  1. 12.        

 

 

  1. DASAR HUKUM
    1. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2007 Tentang Perpustakaan
    2. Undang Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik
    3. Peraturan Bupati Bojonegoro Nomor 33 Tahun 2011 tentang Pedoman Penyusunan Standar Pelayanan Publik
  1.  
 

 

 

  1.  

 

 

  1. PERSYARATAN
    1. Kartu Anggota Perpustakaan Kabupaten Bojonegoro (untuk peminjaman buku)
    2. Tanda Pengenal (untuk kunjungan baca)
  1.  
 

 

 
  1.  

 

 

  1. BIAYA / TARIF
  1.  

Tidak dipungut biaya

 

 

  1.  

 

 

  1. WAKTU PENYELESAIAN
  1.  

Waktu penyelesaian pencatatan adalah 3 menit

 

 

  1.  

 

 

  1. PROSEDUR PELAYANAN
    1. Sirkulasi Peminjaman :
      1. Pemustaka mengisi buku tamu;
      2. Pemustaka menyerahkan Kartu Anggota untuk pencatatan peminjaman;
      3. Pustakawan menjelaskan secara singkat hak dan kewajiban pemustaka terkait peminjaman buku
      4. Pemustaka mencari koleksi perpustakaan pada alat penelusuran yang tersedia;
      5. Bila mengalami kesulitan, dapat menghubungi pustakawan untuk dibimbing;
      6. Pustakawan mencatat lengkap buku yang dipinjam;
      7. Sirkulasi Kunjungan Baca :
        1. Pemustaka mengisi buku tamu;
        2. Pemustaka memperlihatkan Kartu Tanda Pengenal yang masih berlaku;
        3. Pemustaka mencari dan membaca ditempat koleksi perpustakaan;
  1.  
 

 

 

  1.  

 

 

  1. SPESIFIKASI PRODUK
  1.  

Informasi / dan administratif  pinjam pakai buku perpustakaan

 

 

 

 

 

  1. KOMPETENSI PETUGAS
    1. Jumlah personil yang dibutuhkan dalam pelayanan Sirkulasi pada saat jam kerja terdiri atas 2 (dua) orang, sedangkan pada saat diluar jam kerja (Senin-Jumat pukul 15.00 – 17.00, serta Sabtu pukul 08.00 – 17.00) terdiri atas 1 (satu) orang
    2. Mampu mengoperasikan komputer dengan baik
    3. Mampu berkomunikasi dengan baik
    4. Mempunyai kemampuan bekerja dengan baik di bawah tekanan maupun target yang sangat ketat
    5. Ramah, sopan, berpenampilan menarik dan rapi
  1.  
 

 

 

  1.  

 

 

  1. SARANA DAN PRASARANA
    1. Alat tulis
    2. Buku register
    3. Meja dan kursi, serta meubelair lainnya
    4. Komputer dan printer
  1.  
 

 

 

  1.  

 

 

  1. PENGADUAN
    1. Pengaduan/komplain dapat disampaikan langsung (lisan) ke kantor  Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bojonegoro
    2. Pengaduan/komplain bisa juga dilakukan melalui surat ke alamat Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bojonegoro, Jl. Pattimura No: 1A Bojonegoro
    3. Pengaduan/komplain dapat disampaikan melalui SMS langsung ke Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bojonegoro dengan nomor 0812 1782 922
    4. Pengaduan/komplain dapat disampaikan melalui SMS langsung ke Bupati Bojonegoro dengan nomor 0811 3406 688
  1.  
 

 

 

  1.  

 

 

  1. KOMPENSASI
  1.  

Bila mana pelayanan yang diberikan tidak sesuai dengan standar pelayanan publik yang telah ditentukan, maka petugas akan mendapat teguran sampai sanksi administratif

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

JENIS PELAYANAN

  1.  

PELAYANAN  REFERENSI (REFERENCE SERVICES)

 

 

  1. 32.           

 

 

  1. DASAR HUKUM
    1. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2007 Tentang Perpustakaan
    2. Undang Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik
    3. Peraturan Bupati Bojonegoro Nomor 33 Tahun 2011 tentang Pedoman Penyusunan Standar Pelayanan Publik
  1.  
 

 

 

  1.  

 

 

  1. PERSYARATAN
    1. Kartu Anggota Perpustakaan atau Tanda Pengenal pemohon (bila pemohon datang langsung ke perpustakaan)
    2. Pengenalan identitas Pemohon (bila melalui telepon atau elektronik)
  1.  
 

 

 
  1.  

 

 

  1. BIAYA / TARIF
  1.  

Tidak dipungut biaya

 

 

  1.  

 

 

  1. WAKTU PENYELESAIAN
  1.  

Waktu penyelesaian menyesuaikan keperluan pemohon

 

 

  1.  

 

 

  1. PROSEDUR PELAYANAN
    1. Datang Langsung :
      1. Pemustaka mengisi buku tamu;
      2. Pemustaka memperlihatkan  Kartu Anggota atau Tanda Pengenal yang masih berlaku;
      3. Pemustaka menyampaikan kebutuhan informasi terkait koleksi referensi atau informasi kepustakaan lainnya;
      4. Pustakawan memberikan penjelasan untuk memenuhi kebutuhan informasi pemustaka sejauh masih dalam kewenangannya;
      5. Pustakawan melaporkan pada Kepala Seksi layanan ataupun Kepala Bidang Perpustakaan apabila esensi kebutuhan informasi pemustaka diluar kewenangannya untuk memberikan penjelasan;
      6. Melalui Telepon :
        1. Pemustaka mengenalkan identitas dirinya;
        2. Pemustaka menyampaikan kebutuhan informasi terkait koleksi referensi atau informasi kepustakaan lainnya;
        3. Pustakawan memberikan penjelasan untuk memenuhi kebutuhan informasi pemustaka sejauh masih dalam kewenangannya;
        4. Pustakawan melaporkan pada Kepala Seksi layanan ataupun Kepala Bidang Perpustakaan apabila esensi kebutuhan informasi pemustaka diluar kewenangannya untuk memberikan penjelasan;
        5. Melalui Elektronik :
          1. Pemustaka mengirimkan kebutuhan informasi terkait koleksi referensi atau informasi kepustakaan lainnya ke Dinas Perpustakaan dan Kearsipan melalui mail dengan alamat : perpustakaanbojonegoro@gmail.com  ;
          2. Pemustaka membaca secara cermat permohonan informasi tersebut;
          3. Pustakawan memberikan penjelasan untuk memenuhi kebutuhan informasi pemustaka sejauh masih dalam kewenangannya;
          4. Pustakawan melaporkan pada Kepala Seksi layanan ataupun Kepala Bidang Perpustakaan apabila esensi kebutuhan informasi pemustaka diluar kewenangannya untuk memberikan penjelasan;
  1.  
 

 

 

  1.  

 

 

  1. SPESIFIKASI PRODUK
  1.  

Informasi / keterangan

 

 

 

 

 

  1. KOMPETENSI PETUGAS
    1. Jumlah personil yang dibutuhkan dalam pelayanan referensi pada saat jam kerja terdiri atas 2 (dua) orang;
    2. Mampu mengoperasikan komputer dengan baik
    3. Mampu berkomunikasi dengan baik
    4. Mempunyai kemampuan bekerja dengan baik di bawah tekanan maupun target yang sangat ketat
    5. Ramah, sopan, berpenampilan menarik dan rapi
  1.  
 

 

 

  1.  

 

 

  1. SARANA DAN PRASARANA
    1. Alat tulis
    2. Buku register
    3. Meja dan kursi, serta meubelair lainnya
    4. Komputer dan printer
  1.  
 

 

 

  1.  

 

 

  1. PENGADUAN
    1. Pengaduan/komplain dapat disampaikan langsung (lisan) ke kantor  Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bojonegoro
    2. Pengaduan/komplain bisa juga dilakukan melalui surat ke alamat Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bojonegoro, Jl. Pattimura No: 1A Bojonegoro
    3. Pengaduan/komplain dapat disampaikan melalui SMS langsung ke Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bojonegoro dengan nomor 0812 1782 922
    4. Pengaduan/komplain dapat disampaikan melalui SMS langsung ke Bupati Bojonegoro dengan nomor 0811 3406 688
  1.  
 

 

 

  1.  

 

 

  1. KOMPENSASI
  1.  

Bila mana pelayanan yang diberikan tidak sesuai dengan standar pelayanan publik yang telah ditentukan, maka petugas akan mendapat teguran sampai sanksi administratif

 

 

 

 

 

 

 

 

 

JENIS PELAYANAN

  1.  

PELAYANAN PINJAM ANTAR PERPUSTAKAAN (INTER-LIBRARY LOAN SERVICE)

 

 

  1. 46.        

 

 

  1. DASAR HUKUM
    1. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2007 Tentang Perpustakaan
    2. Undang Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik
    3. Peraturan Bupati Bojonegoro Nomor 33 Tahun 2011 tentang Pedoman Penyusunan Standar Pelayanan Publik
  1.  
 

 

 

  1.  

 

 

  1. PERSYARATAN
    1. Mou Kerjasama
    2. Berita Acara Pinjam Pakai
  1.  
 

 

 
  1.  

 

 

  1. BIAYA / TARIF
  1.  

Tidak dipungut biaya

 

 

  1.  

 

 

  1. WAKTU PENYELESAIAN
  1.  

Waktu penyelesaian administratif persyaratan adalah 1 (satu) minggu

 

 

  1.  

 

 

  1. PROSEDUR PELAYANAN
    1. Lembaga tempat bernaung Perpustakaan pemohon mengajukan surat permohonan kepada Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bojonegoro didasarkan atas Memorandum of Understanding (MoU) yang telah dibuat;
    2. Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan melimpahkan kewenangan kepada Kepala Bidang Perpustakaan untuk berkoordinasi dengan pemohon terkait esensi dan tehnis tindak-lanjut permohonan;
    3. Kepala Bidang Perpustakaan melaporkan hasil koordinasi kepada Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan sekaligus pengambilan keputusan untuk menerima atau menolak;
    4. Jika ditolak maka Dinas Perpustakaan dan Kearsipan menyampaikan surat jawaban atas surat permohonan dimaksud;
    5. Jika diterima, dibuatkan Berita Acara Pinjam Pakai terkait tehnis peminjaman, jumlah buku dan periode waktu peminjaman yang ditanda-tangani kedua belah pihak.
  1.  
 

 

 

  1.  

 

 

  1. SPESIFIKASI PRODUK
  1.  

MoU Kerjasama dan Berita Acara Pinjam Pakai

 

 

 

 

 

  1. KOMPETENSI PETUGAS
    1. Pelayanan Pinjam Antar Perpustakaan melibatkan Sekretariat dan Bidang Perpustakaan, dengan cakupan petugas 7 (tujuh) orang;
    2. Mampu mengoperasikan komputer dengan baik
    3. Mampu berkomunikasi dengan baik
    4. Mempunyai kemampuan bekerja dengan baik di bawah tekanan maupun target yang sangat ketat
    5. Ramah, sopan, berpenampilan menarik dan rapi
  1.  
 

 

 

  1.  

 

 

  1. SARANA DAN PRASARANA
    1. Alat tulis
    2. Buku register
    3. Meja dan kursi, serta meubelair lainnya
    4. Komputer dan printer
  1.  
 

 

 

  1.  

 

 

  1. PENGADUAN
    1. Pengaduan/komplain dapat disampaikan langsung (lisan) ke kantor  Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bojonegoro
    2. Pengaduan/komplain bisa juga dilakukan melalui surat ke alamat Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bojonegoro, Jl. Pattimura No: 1A Bojonegoro
    3. Pengaduan/komplain dapat disampaikan melalui SMS langsung ke Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bojonegoro dengan nomor 0812 1782 922
    4. Pengaduan/komplain dapat disampaikan melalui SMS langsung ke Bupati Bojonegoro dengan nomor 0811 3406 688
  1.  
 

 

 

  1.  

 

 

  1. KOMPENSASI
  1.  

Bila mana pelayanan yang diberikan tidak sesuai dengan standar pelayanan publik yang telah ditentukan, maka petugas akan mendapat teguran sampai sanksi administratif

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

JENIS PELAYANAN

  1.  

PELAYANAN INTERNET

 

 

  1. 60.        

 

 

  1. DASAR HUKUM
    1. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2007 Tentang Perpustakaan
    2. Undang Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik
    3. Peraturan Bupati Bojonegoro Nomor 33 Tahun 2011 tentang Pedoman Penyusunan Standar Pelayanan Publik
  1.  
 

 

 

  1.  

 

 

  1. PERSYARATAN
    1. Kartu Anggota Perpustakaan Kabupaten Bojonegoro atau Kartu Tanda Pengenal yang masih berlaku
  1.  
 

 

 
  1.  

 

 

  1. BIAYA / TARIF
  1.  

Tidak dipungut biaya

 

 

  1.  

 

 

  1. WAKTU PENYELESAIAN
  1.  

Waktu penyelesaian pencatatan adalah 3 menit

 

 

  1.  

 

 

  1. PROSEDUR PELAYANAN
    1. Pemustaka mengisi buku tamu;
    2. Pemustaka menyerahkan Kartu Anggota atau Tanda Pengenal yang mash berlaku;
    3. Pustakawan mencocokkan kesesuaian identitas dengan buku tamu;
    4. Pustakawan menjelaskan secara singkat hak dan kewajiban pemustaka terkait penggunaan internet;
    5. Pemustaka menggunakan fasilitas internet yang tersedia;
  1.  
 

 

 

  1.  

 

 

  1. SPEFIKASI

PRODUK

  1.  

Layanan Internet gratis

 

 

 

 

 

  1. KOMPETENSI PETUGAS
    1. Jumlah personil yang dibutuhkan dalam pelayanan nternet pada saat jam kerja terdiri atas 2 (dua) orang, sedangkan pada saat diluar jam kerja (Senin-Jumat pukul 15.00 – 17.00, serta Sabtu pukul 08.00 – 17.00) terdiri atas 1 (satu) orang
    2. Mampu mengoperasikan komputer dengan baik
    3. Mampu berkomunikasi dengan baik
    4. Mempunyai kemampuan bekerja dengan baik di bawah tekanan maupun target yang sangat ketat
    5. Ramah, sopan, berpenampilan menarik dan rapi
  1.  
 

 

 

  1.  

 

 

  1. SARANA DAN PRASARANA
    1. Alat tulis
    2. Buku register
    3. Meja dan kursi, serta meubelair lainnya
    4. Komputer dan printer
    5. Jaringan internet
  1.  
 

 

 

  1.  

 

 

  1. PENGADUAN
    1. Pengaduan/komplain dapat disampaikan langsung (lisan) ke kantor  Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bojonegoro
    2. Pengaduan/komplain bisa juga dilakukan melalui surat ke alamat Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bojonegoro, Jl. Pattimura No: 1A Bojonegoro
    3. Pengaduan/komplain dapat disampaikan melalui SMS langsung ke Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bojonegoro dengan nomor 0812 1782 922
    4. Pengaduan/komplain dapat disampaikan melalui SMS langsung ke Bupati Bojonegoro dengan nomor 0811 3406 688
  1.  
 

 

 

  1.  

 

 

  1. KOMPENSASI
  1.  

Bila mana pelayanan yang diberikan tidak sesuai dengan standar pelayanan publik yang telah ditentukan, maka petugas akan mendapat teguran sampai sanksi administratif

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

JENIS PELAYANAN

  1.  

PELAYANAN STRORY TELLING

 

 

  1. 80.        

 

 

  1. DASAR HUKUM
    1. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2007 Tentang Perpustakaan
    2. Undang Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik
    3. Peraturan Bupati Bojonegoro Nomor 33 Tahun 2011 tentang Pedoman Penyusunan Standar Pelayanan Publik
  1.  
 

 

 

  1.  

 

 

  1. PERSYARATAN
    1. Surat Permohonan
  1.  
 

 

 
  1.  

 

 

  1. BIAYA / TARIF
  1.  

Tidak dipungut biaya

 

 

  1.  

 

 

  1. WAKTU PENYELESAIAN
  1.  

Waktu penyelesaian jawaban surat permohonan adalah 1 (satu) hari

 

 

  1.  

 

 

  1. PROSEDUR PELAYANAN
    1. Lembaga pemohon mengajukan surat permohonan kepada Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bojonegoro;
    2. Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan melimpahkan kewenangan kepada Kepala Bidang Perpustakaan untuk berkoordinasi dengan pemohon terkait esensi dan tehnis tindak-lanjut permohonan;
    3. Kepala Bidang Perpustakaan melaporkan hasil koordinasi kepada Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan sekaligus pengambilan keputusan untuk menerima atau menolak;
    4. Jika ditolak maka Dinas Perpustakaan dan Kearsipan menyampaikan surat jawaban atas surat permohonan dimaksud;
    5. Jika diterima, dibuatkan surat jawaban kesediaan terkait jumlah peserta dan waktu pelaksanaan story telling.
  1.  
 

 

 

  1.  

 

 

  1. SPESIFIKASI PRODUK
  1.  

Kegiatan edukasi

 

 

 

 

 

  1. KOMPETENSI PETUGAS
    1. Pelayanan Story Telling melibatkan Sekretariat dan Bidang Perpustakaan, dengan cakupan petugas 7 (tujuh) orang;
    2. Mampu mengoperasikan komputer dengan baik
    3. Mampu berkomunikasi dengan baik
    4. Mempunyai kemampuan bekerja dengan baik di bawah tekanan maupun target yang sangat ketat
    5. Ramah, sopan, berpenampilan menarik dan rapi
  1.  
 

 

 

  1.  

 

 

  1. SARANA DAN PRASARANA
    1. Alat tulis
    2. Buku register
    3. Meja dan kursi, serta meubelair lainnya
    4. Komputer
    5. Ruang kegiatan dan Warles
  1.  
 

 

 

  1.  

 

 

  1. PENGADUAN
    1. Pengaduan/komplain dapat disampaikan langsung (lisan) ke kantor  Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bojonegoro
    2. Pengaduan/komplain bisa juga dilakukan melalui surat ke alamat Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bojonegoro, Jl. Pattimura No: 1A Bojonegoro
    3. Pengaduan/komplain dapat disampaikan melalui SMS langsung ke Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bojonegoro dengan nomor 0812 1782 922
    4. Pengaduan/komplain dapat disampaikan melalui SMS langsung ke Bupati Bojonegoro dengan nomor 0811 3406 688
  1.  
 

 

 

  1.  

 

 

  1. KOMPENSASI
  1.  

Bila mana pelayanan yang diberikan tidak sesuai dengan standar pelayanan publik yang telah ditentukan, maka petugas akan mendapat teguran sampai sanksi administratif

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

JENIS PELAYANAN

  1.  

PELAYANAN PELAYANAN BAGI PEMUSTAKA BERKEBUTUHAN KHUSUS

 

 

  1. 94.        

 

 

  1. DASAR HUKUM
    1. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2007 Tentang Perpustakaan
    2. Undang Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik
    3. Peraturan Bupati Bojonegoro Nomor 33 Tahun 2011 tentang Pedoman Penyusunan Standar Pelayanan Publik
  1.  
 

 

 

  1.  

 

 

  1. PERSYARATAN
    1. Kartu Anggota Perpustakaan Kabupaten Bojonegoro (untuk peminjaman buku Braille)
    2. Tanda Pengenal (untuk kunjungan baca buku Braille)
  1.  
 

 

 
  1.  

 

 

  1. BIAYA / TARIF
  1.  

Tidak dipungut biaya

 

 

  1.  

 

 

  1. WAKTU PENYELESAIAN
  1.  

Waktu penyelesaian pencatatan adalah 3 menit

 

 

  1.  

 

 

  1. PROSEDUR PELAYANAN
    1. Sirkulasi Peminjaman :
      1. Pemustaka mengisi buku tamu dengan dibimbing Pustakawan;
      2. Pemustaka menyerahkan Kartu Anggota untuk pencatatan peminjaman;
      3. Pustakawan menjelaskan secara singkat hak dan kewajiban pemustaka terkait peminjaman buku
      4. Pustakawan mencarikan koleksi perpustakaan berkebutuhan khusus yang dibutuhkan pada alat penelusuran yang tersedia;
      5. Pustakawan mencatat lengkap buku yang dipinjam;
      6. Sirkulasi Kunjungan Baca :
        1. Pemustaka mengisi buku tamu dengan dibimbing Pustakawan;
        2. Pemustaka memperlihatkan Kartu Tanda Pengenal yang masih berlaku;
        3. Pustakawan mencarikan koleksi perpustakaan berkebutuhan khusus yang dibutuhkan pada alat penelusuran yang tersedia
        4. Pemustaka membaca ditempat koleksi perpustakaan;
  1.  
 

 

 

  1.  

 

 

  1. SPESIFIKASI PRODUK
  1.  

Informasi / dan administratif  pinjam pakai buku perpustakaan

 

 

 

 

 

  1. KOMPETENSI PETUGAS
    1. Jumlah personil yang dibutuhkan dalam pelayanan bagi pemustaka berkebutuhan khusus pada saat jam kerja terdiri atas 2 (dua) orang, sedangkan pada saat diluar jam kerja (Senin-Jumat pukul 15.00 – 19.00, serta Sabtu pukul 08.00 – 19.00) terdiri atas 1 (satu) orang
    2. Mampu mengoperasikan komputer dengan baik
    3. Mampu berkomunikasi dengan baik
    4. Mempunyai kemampuan bekerja dengan baik di bawah tekanan maupun target yang sangat ketat
    5. Ramah, sopan, berpenampilan menarik dan rapi
  1.  
 

 

 

  1.  

 

 

  1. SARANA DAN PRASARANA
    1. Alat tulis
    2. Buku register
    3. Meja dan kursi, serta meubelair lainnya
    4. Komputer dan printer
    5. Buku buku Braille
  1.  
 

 

 

  1.  

 

 

  1. PENGADUAN
    1. Pengaduan/komplain dapat disampaikan langsung (lisan) ke kantor  Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bojonegoro
    2. Pengaduan/komplain bisa juga dilakukan melalui surat ke alamat Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bojonegoro, Jl. Pattimura No: 1A Bojonegoro
    3. Pengaduan/komplain dapat disampaikan melalui SMS langsung ke Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bojonegoro dengan nomor 0812 1782 922
    4. Pengaduan/komplain dapat disampaikan melalui SMS langsung ke Bupati Bojonegoro dengan nomor 0811 3406 688
  1.  
 

 

 

  1.  

 

 

  1. KOMPENSASI
  1.  

Bila mana pelayanan yang diberikan tidak sesuai dengan standar pelayanan publik yang telah ditentukan, maka petugas akan mendapat teguran sampai sanksi administratif

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

JENIS PELAYANAN

  1.  

PELAYANAN  PERPUSTAKAAN  KELILING

 

 

  1. 114.      

 

 

  1. DASAR HUKUM
    1. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2007 Tentang Perpustakaan
    2. Undang Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik
    3. Peraturan Bupati Bojonegoro Nomor 33 Tahun 2011 tentang Pedoman Penyusunan Standar Pelayanan Publik
  1.  
 

 

 

  1.  

 

 

  1. PERSYARATAN
    1. Surat Permohonan
  1.  
 

 

 
  1.  

 

 

  1. BIAYA / TARIF
  1.  

Tidak dipungut biaya

 

 

  1.  

 

 

  1. WAKTU PENYELESAIAN
  1.  

Waktu penyelesaian jawaban surat permohonan adalah 1 (satu) hari

 

 

  1.  

 

 

  1. PROSEDUR PELAYANAN
    1. Lembaga pemohon mengajukan surat permohonan kepada Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bojonegoro;
    2. Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan melimpahkan kewenangan kepada Kepala Bidang Perpustakaan untuk berkoordinasi dengan pemohon terkait esensi dan tehnis tindak-lanjut permohonan;
    3. Kepala Bidang Perpustakaan melaporkan hasil koordinasi kepada Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan sekaligus pengambilan keputusan untuk menerima atau menolak;
    4. Jika ditolak maka Dinas Perpustakaan dan Kearsipan menyampaikan surat jawaban atas surat permohonan dimaksud;
    5. Jika diterima, dibuatkan surat jawaban kesediaan terkait lokasi dan waktu pelaksanaan.
  1.  
 

 

 

  1.  

 

 

  1. SPESIFIKASI PRODUK
  1.  

Layanan Mobil Perpustakaan Keliling

 

 

 

 

 

  1. KOMPETENSI PETUGAS
    1. Pelayanan perpustakaan keliling melibatkan Sekretariat dan Bidang Perpustakaan, dengan cakupan petugas 4 (empat) orang;
    2. Mampu mengoperasikan komputer dengan baik
    3. Mampu berkomunikasi dengan baik
    4. Mempunyai kemampuan bekerja dengan baik di bawah tekanan maupun target yang sangat ketat
    5. Mampu menjalankan mobil perpustakaan dengan baik sesuai ketentuan
    6. Ramah, sopan, berpenampilan menarik dan rapi
  1.  
 

 

 

  1.  

 

 

  1. SARANA DAN PRASARANA
    1. Alat tulis
    2. Buku register
    3. Meja dan kursi, serta meubelair lainnya
    4. Komputer dan printer
    5. Mobil Perpustakaan Keliling
  1.  
 

 

 

  1.  

 

 

  1. PENGADUAN
    1. Pengaduan/komplain dapat disampaikan langsung (lisan) ke kantor  Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bojonegoro
    2. Pengaduan/komplain bisa juga dilakukan melalui surat ke alamat Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bojonegoro, Jl. Pattimura No: 1A Bojonegoro
    3. Pengaduan/komplain dapat disampaikan melalui SMS langsung ke Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bojonegoro dengan nomor 0812 1782 922
    4. Pengaduan/komplain dapat disampaikan melalui SMS langsung ke Bupati Bojonegoro dengan nomor 0811 3406 688
  1.  
 

 

 

  1.  

 

 

  1. KOMPENSASI
  1.  

Bila mana pelayanan yang diberikan tidak sesuai dengan standar pelayanan publik yang telah ditentukan, maka petugas akan mendapat teguran sampai sanksi administratif

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. III.          PENUTUP

 

Demikian Standar Operasional Prosedur Pelayanan Perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bojonegoro. Mudah-mudahan hal ini menjadi acuan dan bisa ditindaklanjuti oleh staf pelaksana di lapangan. Segala saran perbaikan sangat diharapkan demi penyempurnaan layanan publik ini, terima kasih.

 

               

 

 

 

 

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan

Kabupaten Bojonegoro

 

 

 

Drs. NUZULUL HUDAYA, M.Si

Pembina Utama Muda

NIP. 19590326 198603 1 009

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

NO

JENIS PELAYANAN

DASAR HUKUM

PERSYARATAN

BIAYA / TARIF

WAKTU PENYELE-SAIAN

PROSEDUR PELAYANAN

SPESIFIKASI PRODUK

KOMPETENSI PETUGAS

SARANA PRASARANA

KOMPENSASI

1

Peyanan Keanggotaan

1.Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2007 Tentang Perpustakaan

2.Undang Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik

3.Peraturan Bupati Bojonegoro Nomor 33 Tahun 2011 tentang Pedoman Penyusunan Standar Pelayanan Publik

1.Umum: memiliki KTP/SIM/Paspor yang masih berlaku;

2.Siswa SD, SLTP, dan SLTA: memiliki Kartu Pelajar;

3.Mahasiswa: memiliki Kartu Mahasiswa yang masih berlaku

Tidak dipungut biaya

15 menit

  1. Pemohon datang sendiri (tidak boleh diwakilkan) ke kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bojonegoro;
  2. Pemohon megisi formulir pendaftaran yang ditanda-tangani oleh pemohon dengan dilampiri tanda pengenal sebagaimana persyaratan huruf B diatas;
  3. Apabila persyaratan lengkap maka proses pembuatan dan penerbitan Kartu Anggota Perpustakaan

Layanan Administratif  Kartu Anggota Perpustakaan

  1. Jumlah personil yang dibutuhkan dalam pelayanan keanggotaan pada saat jam kerja terdiri atas 2 (dua) orang;
  2. Mampu mengoperasikan komputer dengan baik
  3. Mampu berkomunikasi dengan baik
  4. Mempunyai kemampuan bekerja dengan baik di bawah tekanan maupun target yang sangat ketat
  5. Ramah, sopan, berpenampilan menarik dan rapi
    1. Alat tulis
    2. Buku register surat masuk keluar
    3. Meja dan kursi, serta meubelair lainnya
    4. Komputer dan printer
 

Bila mana pelayanan yang diberikan tidak sesuai dengan standar pelayanan publik yang telah ditentukan, maka petugas akan mendapat teguran sampai sanksi administratif

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

NO

JENIS PELAYANAN

DASAR HUKUM

PERSYARATAN

BIAYA / TARIF

WAKTU PENYELE-SAIAN

PROSEDUR PELAYANAN

SPESIFIKASI PRODUK

KOMPETENSI PETUGAS

SARANA PRASARANA

KOMPENSASI

1

Peyanan Sirkulasi (Circulation Services)

1.Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2007 Tentang Perpustakaan

2.Undang Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik

3.Peraturan Bupati Bojonegoro Nomor 33 Tahun 2011 tentang Pedoman Penyusunan Standar Pelayanan Publik

1.Kartu Anggota Perpustakaan Kabupaten Bojonegoro (untuk peminjaman buku)

2.Tanda Pengenal (untuk kunjungan baca)

Tidak dipungut biaya

3 menit

Sirkulasi Peminjaman :

  1. Pemustaka mengisi buku tamu;
  2. Pemustaka menyerahkan Kartu Anggota untuk pencatatan peminjaman;
  3. Pustakawan menjelaskan secara singkat hak dan kewajiban pemustaka terkait peminjaman buku
  4. Pemustaka mencari koleksi perpustakaan pada alat penelusuran yang tersedia;
  5. Bila mengalami kesulitan, dapat menghubungi pustakawan untuk dibimbing;
  6. Pustakawan mencatat lengkap buku yang dipinjam;

Sirkulasi Kunjungan Baca :

  1. Pemustaka mengisi buku tamu;
  2. Pemustaka memperlihatkan Kartu Tanda Pengenal yang masih berlaku;
  3. Pemustaka mencari dan membaca ditempat koleksi perpustakaan;

 

Informasi / dan administratif  pinjam pakai buku perpustakaan

  1. Jumlah personil yang dibutuhkan dalam pelayanan Sirkulasi pada saat jam kerja terdiri atas 2 (dua) orang, sedangkan pada saat diluar jam kerja (Senin-Jumat pukul 15.00 – 17.00, serta Sabtu pukul 08.00 – 17.00) terdiri atas 1 (satu) orang
  2. Mampu mengoperasikan komputer dengan baik
  3. Mampu berkomunikasi dengan baik
  4. Mempunyai kemampuan bekerja dengan baik di bawah tekanan maupun target yang sangat ketat
  5. Ramah, sopan, berpenampilan menarik dan rapi
    1. Alat tulis
    2. Buku register surat masuk keluar
    3. Meja dan kursi, serta meubelair lainnya
    4. Komputer dan printer
 

Bila mana pelayanan yang diberikan tidak sesuai dengan standar pelayanan publik yang telah ditentukan, maka petugas akan mendapat teguran sampai sanksi administratif

 

 

 

 

 

NO

JENIS PELAYANAN

DASAR HUKUM

PERSYARATAN

BIAYA / TARIF

WAKTU PENYELE-SAIAN

PROSEDUR PELAYANAN

SPESIFIKASI PRODUK

KOMPETENSI PETUGAS

SARANA PRASARANA

KOMPENSASI

1

Peyanan Referensi (Reference Services)

1.Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2007 Tentang Perpustakaan

2.Undang Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik

3.Peraturan Bupati Bojonegoro Nomor 33 Tahun 2011 tentang Pedoman Penyusunan Standar Pelayanan Publik

1.Kartu Anggota Perpustakaan atau Tanda Pengenal pemohon (bila pemohon datang langsung ke perpustakaan)

2.Pengenalan identitas Pemohon (bila melalui telepon atau elektronik)

Tidak dipungut biaya

menyesuaikan keperluan pemohon

Datang Langsung :

  1. Pemustaka mengisi buku tamu;
  2. Pemustaka memperlihatkan  Kartu Anggota atau Tanda Pengenal yang masih berlaku;
  3. Pemustaka menyampaikan kebutuhan informasi terkait koleksi referensi atau informasi kepustakaan lainnya;
  4. Pustakawan memberikan penjelasan untuk memenuhi kebutuhan informasi pemustaka sejauh masih dalam kewenangannya;
  5. Pustakawan melaporkan pada Kepala Seksi layanan ataupun Kepala Bidang Perpustakaan apabila esensi kebutuhan informasi pemustaka diluar kewenangannya untuk memberikan penjelasan;

Melalui Telepon :

  1. Pemustaka mengenalkan identitas dirinya;
  2. Pemustaka menyampaikan kebutuhan informasi terkait koleksi referensi atau informasi kepustakaan lainnya;
  3. Pustakawan memberikan penjelasan untuk memenuhi kebutuhan informasi pemustaka sejauh masih dalam kewenangannya;

 

  1. Pustakawan melaporkan pada Kepala Seksi layanan ataupun Kepala Bidang Perpustakaan apabila esensi kebutuhan informasi pemustaka diluar kewenangannya untuk memberikan penjelasan;

Melalui Elektronik :

  1. Pemustaka mengirimkan kebutuhan informasi terkait koleksi referensi atau informasi kepustakaan lainnya ke Dinas Perpustakaan dan Kearsipan melalui mail dengan alamat perpustakaanbojonegoro@gmail.com ;
  2. Pemustaka membaca secara cermat permohonan informasi tersebut;
  3. Pustakawan memberikan penjelasan untuk memenuhi kebutuhan informasi pemustaka sejauh masih dalam kewenangannya;
  4. Pustakawan melaporkan pada Kepala Seksi layanan ataupun Kepala Bidang Perpustakaan apabila esensi kebutuhan informasi pemustaka diluar kewenangannya untuk memberikan penjelasan;

Informasi / keterangan

  1. Jumlah personil yang dibutuhkan dalam pelayanan referensi pada saat jam kerja terdiri atas 2 (dua) orang
  2. Mampu mengoperasikan komputer dengan baik
  3. Mampu berkomunikasi dengan baik
  4. Mempunyai kemampuan bekerja dengan baik di bawah tekanan maupun target yang sangat ketat
  5. Ramah, sopan, berpenampilan menarik dan rapi
    1. Alat tulis
    2. Buku register surat masuk keluar
    3. Meja dan kursi, serta meubelair lainnya
    4. Komputer dan printer
 

Bila mana pelayanan yang diberikan tidak sesuai dengan standar pelayanan publik yang telah ditentukan, maka petugas akan mendapat teguran sampai sanksi administratif

 

 

 

 

 

 

 

NO

JENIS PELAYANAN

DASAR HUKUM

PERSYARATAN

BIAYA / TARIF

WAKTU PENYELE-SAIAN

PROSEDUR PELAYANAN

SPESIFIKASI PRODUK

KOMPETENSI PETUGAS

SARANA PRASARANA

KOMPENSASI

1

Peyanan Pinjam Antar Perpustakaan (Inter-Library Loan Service)

1.Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2007 Tentang Perpustakaan

2.Undang Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik

3.Peraturan Bupati Bojonegoro Nomor 33 Tahun 2011 tentang Pedoman Penyusunan Standar Pelayanan Publik

1.Mou Kerjasama

2.Berita Acara Pinjam Pakai

Tidak dipungut biaya

1 (satu) minggu

  1. Lembaga tempat bernaung Perpustakaan pemohon mengajukan surat permohonan kepada Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bojonegoro didasarkan atas Berita Acara Kerjasama yang telah dibuat;
  2. Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan melimpahkan kewenangan kepada Kepala Bidang Perpustakaan untuk berkoordinasi dengan pemohon terkait esensi dan tehnis tindak-lanjut permohonan;
  3. Kepala Bidang Perpustakaan melaporkan hasil koordinasi kepada Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan sekaligus pengambilan keputusan untuk menerima atau menolak;
  4. Jika ditolak maka Dinas Perpustakaan dan Kearsipan menyampaikan surat jawaban atas surat permohonan dimaksud;
  5. Jika diterima, dibuatkan Berita Acara Pinjam Pakai terkait tehnis peminjaman, jumlah buku dan periode waktu peminjaman yang ditanda-tangani kedua belah pihak.

MoU Kerjasama dan Berita Acara Pinjam Pakai

  1. Pelayanan Pinjam Antar Perpustakaan melibatkan Sekretariat dan Bidang Perpustakaan, dengan cakupan petugas 7 (tujuh) orang
  2. Mampu mengoperasikan komputer dengan baik
  3. Mampu berkomunikasi dengan baik
  4. Mempunyai kemampuan bekerja dengan baik di bawah tekanan maupun target yang sangat ketat
  5. Ramah, sopan, berpenampilan menarik dan rapi
    1. Alat tulis
    2. Buku register surat masuk keluar
    3. Meja dan kursi, serta meubelair lainnya
    4. Komputer dan printer
 

Bila mana pelayanan yang diberikan tidak sesuai dengan standar pelayanan publik yang telah ditentukan, maka petugas akan mendapat teguran sampai sanksi administratif

 

 

NO

JENIS PELAYANAN

DASAR HUKUM

PERSYARATAN

BIAYA / TARIF

WAKTU PENYELE-SAIAN

PROSEDUR PELAYANAN

SPESIFIKASI PRODUK

KOMPETENSI PETUGAS

SARANA PRASARANA

KOMPENSASI

1

Peyanan Internet

1.Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2007 Tentang Perpustakaan

2.Undang Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik

3.Peraturan Bupati Bojonegoro Nomor 33 Tahun 2011 tentang Pedoman Penyusunan Standar Pelayanan Publik

1.Kartu Anggota Perpustakaan Kabupaten Bojonegoro atau Kartu Tanda Pengenal yang masih berlaku

Tidak dipungut biaya

3 menit

  1. Pemustaka mengisi buku tamu;
  2. Pemustaka menyerahkan Kartu Anggota atau Tanda Pengenal yang mash berlaku;
  3. Pustakawan mencocokkan kesesuaian identitas dengan buku tamu;
  4. Pustakawan menjelaskan secara singkat hak dan kewajiban pemustaka terkait penggunaan internet;
  5. Pemustaka menggunakan fasilitas internet yang tersedia

Layanan Internet gratis

  1. Jumlah personil yang dibutuhkan dalam pelayanan Sirkulasi pada saat jam kerja terdiri atas 2 (dua) orang, sedangkan pada saat diluar jam kerja (Senin-Jumat pukul 15.00 – 17.00, serta Sabtu pukul 08.00 – 17.00) terdiri atas 1 (satu) orang
  2. Mampu mengoperasikan komputer dengan baik
  3. Mampu berkomunikasi dengan baik
  4. Mempunyai kemampuan bekerja dengan baik di bawah tekanan maupun target yang sangat ketat
  5. Ramah, sopan, berpenampilan menarik dan rapi
    1. Alat tulis
    2. Buku register
    3. Meja dan kursi, serta meubelair lainnya
    4. Komputer dan printer
    5. Jaringan internet
 

Bila mana pelayanan yang diberikan tidak sesuai dengan standar pelayanan publik yang telah ditentukan, maka petugas akan mendapat teguran sampai sanksi administratif

 

 

 

 

NO

JENIS PELAYANAN

DASAR HUKUM

PERSYARATAN

BIAYA / TARIF

WAKTU PENYELE-SAIAN

PROSEDUR PELAYANAN

SPESIFIKASI PRODUK

KOMPETENSI PETUGAS

SARANA PRASARANA

KOMPENSASI

1

Peyanan Strory Telling

1.Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2007 Tentang Perpustakaan

2.Undang Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik

3.Peraturan Bupati Bojonegoro Nomor 33 Tahun 2011 tentang Pedoman Penyusunan Standar Pelayanan Publik

1.Surat Permohonan

Tidak dipungut biaya

1 (satu) hari

  1. Lembaga pemohon mengajukan surat permohonan kepada Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bojonegoro;
  2. Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan melimpahkan kewenangan kepada Kepala Bidang Perpustakaan untuk berkoordinasi dengan pemohon terkait esensi dan tehnis tindak-lanjut permohonan;
  3. Kepala Bidang Perpustakaan melaporkan hasil koordinasi kepada Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan sekaligus pengambilan keputusan untuk menerima atau menolak;
  4. Jika ditolak maka Dinas Perpustakaan dan Kearsipan menyampaikan surat jawaban atas surat permohonan dimaksud;
  5. Jika diterima, dibuatkan surat jawaban kesediaan terkait jumlah peserta dan waktu pelaksanaan story telling.

Kegiatan edukasi

  1. Pelayanan Story Telling melibatkan Sekretariat dan Bidang Perpustakaan, dengan cakupan petugas 7 (tujuh) orang
  2. Mampu mengoperasikan komputer dengan baik
  3. Mampu berkomunikasi dengan baik
  4. Mempunyai kemampuan bekerja dengan baik di bawah tekanan maupun target yang sangat ketat
  5. Ramah, sopan, berpenampilan menarik dan rapi
    1. Alat tulis
    2. Buku register surat masuk keluar
    3. Meja dan kursi, serta meubelair lainnya
    4. Komputer dan printer
    5. Ruang Kegiatan
    6. Warles
    7. LCD Projector
 

Bila mana pelayanan yang diberikan tidak sesuai dengan standar pelayanan publik yang telah ditentukan, maka petugas akan mendapat teguran sampai sanksi administratif

 

 

 

 

 

 

 

 

NO

JENIS PELAYANAN

DASAR HUKUM

PERSYARATAN

BIAYA / TARIF

WAKTU PENYELE-SAIAN

PROSEDUR PELAYANAN

SPESIFIKASI PRODUK

KOMPETENSI PETUGAS

SARANA PRASARANA

KOMPENSASI

1

Peyanan Bagi Pemustaka Berkebutuhan Khusus

1.Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2007 Tentang Perpustakaan

2.Undang Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik

3.Peraturan Bupati Bojonegoro Nomor 33 Tahun 2011 tentang Pedoman Penyusunan Standar Pelayanan Publik

1.Kartu Anggota Perpustakaan Kabupaten Bojonegoro (untuk peminjaman buku Braille)

2.Tanda Pengenal (untuk kunjungan baca buku Braille)

Tidak dipungut biaya

3 (tiga) menit

Sirkulasi Peminjaman :

  1. Pemustaka mengisi buku tamu dengan dibimbing Pustakawan;
  2. Pemustaka menyerahkan Kartu Anggota untuk pencatatan peminjaman;
  3. Pustakawan menjelaskan secara singkat hak dan kewajiban pemustaka terkait peminjaman buku
  4. Pustakawan mencarikan koleksi perpustakaan berkebutuhan khusus yang dibutuhkan pada alat penelusuran yang tersedia;
  5. Pustakawan mencatat lengkap buku yang dipinjam;

Sirkulasi Kunjungan Baca :

  1. Pemustaka mengisi buku tamu dengan dibimbing Pustakawan;
  2. Pemustaka memperlihatkan Kartu Tanda Pengenal yang masih berlaku;
  3. Pustakawan mencarikan koleksi perpustakaan berkebutuhan khusus yang dibutuhkan pada alat penelusuran yang tersedia
  4. Pemustaka membaca ditempat koleksi perpustakaan;

Informasi / dan administratif  pinjam pakai buku perpustakaan

  1. Jumlah personil yang dibutuhkan dalam pelayanan bagi pemustaka berkebutuhan khusus pada saat jam kerja terdiri atas 2 (dua) orang, sedangkan pada saat diluar jam kerja (Senin-Jumat pukul 15.00 – 17.00, serta Sabtu pukul 08.00 – 17.00) terdiri atas 1 (satu) orang
  2. Mampu mengoperasikan komputer dengan baik
  3. Mampu berkomunikasi dengan baik
  4. Mempunyai kemampuan bekerja dengan baik di bawah tekanan maupun target yang sangat ketat
  5. Ramah, sopan, berpenampilan menarik dan rapi
    1. Alat tulis
    2. Buku register surat masuk keluar
    3. Meja dan kursi, serta meubelair lainnya
    4. Komputer dan printer
    5. Buku Braille
 

Bila mana pelayanan yang diberikan tidak sesuai dengan standar pelayanan publik yang telah ditentukan, maka petugas akan mendapat teguran sampai sanksi administratif

 

 

 

 

 

 

 

NO

JENIS PELAYANAN

DASAR HUKUM

PERSYARATAN

BIAYA / TARIF

WAKTU PENYELE-SAIAN

PROSEDUR PELAYANAN

SPESIFIKASI PRODUK

KOMPETENSI PETUGAS

SARANA PRASARANA

KOMPENSASI

1

Peyanan Perpustakaan  Keliling

1.Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2007 Tentang Perpustakaan

2.Undang Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik

3.Peraturan Bupati Bojonegoro Nomor 33 Tahun 2011 tentang Pedoman Penyusunan Standar Pelayanan Publik

1.Surat Permohonan

Tidak dipungut biaya

1 (satu) hari

  1. Lembaga pemohon mengajukan surat permohonan kepada Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsip-an Kabupaten Bojonegoro;
  2. Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan melimpahkan kewenangan kepada Kepala Bidang Perpustakaan untuk berkoordinasi dengan pemohon terkait esensi dan tehnis tindak-lanjut permohonan;
  3. Kepala Bidang Perpustakaan melaporkan hasil koordinasi kepada Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan sekaligus pengambilan keputusan untuk menerima atau menolak;
  4. Jika ditolak maka Dinas Perpustakaan dan Kearsipan menyampaikan surat jawaban atas surat permohonan dimaksud;
  5. Jika diterima, dibuatkan surat jawaban kesediaan terkait lokasi dan waktu pelaksanaan.

Layanan Mobil Perpustakaan Keliling

  1. Pelayanan perpustaka-an keliling melibatkan Sekretariat dan Bidang Perpustakaan, dengan cakupan petu-gas 4 (empat) orang;
  2. Mampu mengoperasikan komputer dengan baik
  3. Mampu berkomunikasi dengan baik
  4. Mempunyai kemampuan bekerja dengan baik di bawah tekanan maupun target yang sangat ketat
  5. Mampu menjalankan mobil perpustakaan dengan baik sesuai ketentuan
  6. Ramah, sopan, berpenampilan menarik dan rapi
    1. Alat tulis
    2. Buku register surat masuk keluar
    3. Meja dan kursi, serta meubelair lainnya
    4. Komputer dan printer
    5. Mobil Perpustaka-an Keliling
 

Bila mana pelayanan yang diberikan tidak sesuai dengan standar pelayanan publik yang telah ditentukan, maka petugas akan mendapat teguran sampai sanksi administratif

 

 

 

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bojonegoro

 

 

Drs. NUZULUL HUDAYA, M.Si

Pembina Utama Muda

NIP. 19590326 198603 1 009

 

 

ALUR PELAYANAN KEANGGOTAAN

 

PEMUSTAKA

PUSTAKAWAN

 

 

 

MULAI

ISI FORM PENDAFTARAN

KARTU ANGGOTA

 

 

SELESAI

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


 

PROSES PEMBUATAN KARTU ANGGOTA

YA

TIDAK

MENYERAHKAN PERSYARATAN PENDAFTARAN

VERIFIKASI KELENGKAPAN DAN KESESUAIAN BERKAS PENDAFTARAN

ALUR PELAYANAN SIRKULASI (CIRCULATION SERVICES)

 

PEMUSTAKA

PUSTAKAWAN

 

 

 

MULAI

ISI BUKU TAMU

Menyerahkan KTA (Peminjaman) atau Kartu Tanda Pengenal yang masih berlaku (Kunjungan Baca)

Hasil Fotocopy / Scan

 

SELESAI

Baca di tempat

Fotocopy / Scan

Tidak Sesuai

Mengambil Koleksi Buku

Bukti Peminjaman

Batas Waktu Peminjaman Habis

Perpanjangan

Bukti Pengembalian

Peminjaman

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


 

Sesuai

Pencatatan Pengembalian

Pencatatan Peminjaman

Perpanjangan Peminjaman

Bukti Perpanjangan

Verifikasi kesesuaian kartu identitas dengan buku tamu

 

ALUR PELAYANAN REFERENSI (REFERENCE SERVICES)

 

PEMUSTAKA

PUSTAKAWAN

 

 

MULAI

Isi Buku Tamu

Memperlihatkan KTA atau Kartu Tanda Pengenal yang masih berlaku

Sesuai kewenangan

Menyampaikan kebutuhan informasi

 

SELESAI

Datang Langsung

Telepon

Pengenalan Identitas Diri

Elektronik

Mengirimkan kebutuhan informasi via perpustakaanbojonegoro@gmail.com

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Memberikan penjelasan / informasi

 

Melaporkan pada Kasi / Kabid

Diluar kewenangan

Membaca secara cermat

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


 

Pencatatan Pengembalian

Perpanjangan Peminjaman

Bukti Perpanjangan

 

ALUR PELAYANAN PINJAM ANTAR PERPUSTAKAAN

(INTER-LIBRARY LOAN SERVICE)

 

PEMUSTAKA

PUSTAKAWAN

 

 

 

SELESAI

MULAI

Pengajuan Permohonan

Koordinasi Tehnis

Didasari

Memorandum of Understanding (MoU) Kedua Pihak

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kadin

Kabid

Sekdin

Surat Jawaban

Ditolak

Berita Acara Pinjam Pakai

Diterima

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


 

Pencatatan Pengembalian

Perpanjangan Peminjaman

Bukti Perpanjangan

 

ALUR PELAYANAN INTERNET

 

PEMUSTAKA

PUSTAKAWAN

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


 

Sesuai

Verifikasi kesesuaian kartu identitas dengan buku tamu

MULAI

ISI BUKU TAMU

Menyerahkan KTA (Peminjaman) atau Kartu Tanda Pengenal yang masih berlaku (Kunjungan Baca)

 

SELESAI

Mengunakan Internet

Tidak Sesuai

 

ALUR PELAYANAN STRORY TELLING

 

PEMUSTAKA

PUSTAKAWAN

 

 

 

 

SELESAI

MULAI

Pengajuan Permohonan

Koordinasi Tehnis

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kadin

Kabid

Sekdin

Surat Jawaban Penolakan

Ditolak

Surat Jawaban Kesediaan

Diterima

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


 

Pencatatan Pengembalian

Perpanjangan Peminjaman

Bukti Perpanjangan

 

 

ALUR PELAYANAN BAGI PEMUSTAKA BERKEBUTUHAN KHUSUS

 

PEMUSTAKA

PUSTAKAWAN

 

 

 

MULAI

Isi Buku Tamu

(Dipandu Pustakawan)

Menyerahkan KTA (Peminjaman) atau Kartu Tanda Pengenal yang masih berlaku (Kunjungan Baca)

 

SELESAI

Baca di tempat

Tidak Sesuai

Mengambil Koleksi Buku Braille

Bukti Peminjaman

Batas Waktu Peminjaman Habis

Perpanjangan

Bukti Pengembalian

Peminjaman

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


 

Sesuai

Pencatatan Pengembalian

Pencatatan Peminjaman

Perpanjangan Peminjaman

Bukti Perpanjangan

Verifikasi kesesuaian kartu identitas dengan buku tamu

 

ALUR PELAYANAN PERPUSTAKAAN  KELILING

 

PEMUSTAKA

PUSTAKAWAN

 

 

MULAI

Pengajuan Permohonan

Koordinasi Tehnis

 

 

SELESAI

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kadin

Kabid

Sekdin

Surat Jawaban Penolakan

Ditolak

Surat Jawaban Kesediaan

Diterima

Mobilisasi Sarana Perpustakaan Keliling

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


 

Pencatatan Pengembalian

Perpanjangan Peminjaman

Bukti Perpanjangan