Loading
X
Selamat Datang di Portal Resmi Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Bojonegoro © 2014
LKJIP TAHUN 2107

KATA  PENGANTAR

 

            Puji syukur senantiasa kita ucapkan kepada Allah SWT yang telah melimpahkan rahmad, taufiq dan hidayah-Nya pada kita sekalian, sehingga Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKjIP) Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bojonegoro Tahun 2017 dapat terselesaikan dengan baik.

            Penyusunan LKjIP Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bojonegoro Tahun 2017 ini dimaksudkan sebagai pertanggungjawaban kinerja organisasi dalam mencapai tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan sesuai dengan visi dan misi organisasi. Melalui Laporan Kinerja ini sekaligus merupakan parameter akuntabilitas pencapaian tujuan dan sasaran serta deteksi dini terhadap munculnya berbagai kelemahan/ kendala dan faktor-faktor yang mempengaruhinya.             Untuk itu, LKjIP yang telah disusun ini nantinya diharapkan mampu memberikan jawaban atas keterbatasan pengelolaan sumber daya yang tersedia sekaligus sebagai media pembelajaran dalam upaya peningkatan kinerja guna pencapaian misi organisasi.

Kami mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada semua pihak atas bantuan dan kerja samanya dalam penyusunan Laporan Kinerja Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bojonegoro Tahun 2017 ini, dan semoga dapat memberikan manfaat bagi semua pihak, khususnya dalam rangka kelengkapan penyusunan LKjIP Kabupaten Bojonegoro.

Terima kasih dan mohon maaf.

 

 

 

Bojonegoro,     Januari 2018

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan

Kabupaten Bojonegoro

 

 

 

 

Drs. NUZULUL HUDAYA, M.Si

Pembina Utama Muda

NIP. 19590326 198603 1 009

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RINGKASAN EKSEKUTIF

 

Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LKjIP) Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bojonegoro Tahun 2017 ini disusun dengan menyajikan hasil pengukuran kinerja pencapaian sasaran yang diarahkan untuk dapat tercapainya tujuan sebagaimana target kinerja yang telah menjadi komitmen Pemerintah Kabupaten Bojonegoro seperti yang tertuang didalam RPJMD Kabupaten Bojonegoro Tahun 2013-2018. Tujuan akhir akuntabilitas pelaporan kinerja adalah guna meningkatkan penyelenggaraan pemerintahan yang lebih berdaya guna, berhasil guna, transparansi dan bertanggung jawab serta untuk mewujudkan good and clean governance, oleh karenanya laporan kinerja tahunan ini disusun dalam suatu bentuk Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah sebagaimana amanat Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 1999 tentang Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah.

Dengan demikian, Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKjIP) Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bojonegoro Tahun 2017  disusun sebagai sebuah bentuk pertanggungjawaban atas pelaksanaan program dan kegiatan guna mewujudkan sasaran-sasaran yang ditargetkan dapat dicapai pada Tahun 2017, yang rumusan perencanaannya secara formal telah diformulasikan didalam Rencana Kerja Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bojonegoro Tahun 2017 sebagai pengejawantahan RKPD Kabupaten Bojonegoro Tahun 2017 dengan mengacu pada misi dan visi pembangunan yang telah ditetapkan didalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

Berdasarkan visi dan misi sebagaimana tertuang dalam Rencana Strategis Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bojonegoro Tahun 2013-2018, maka guna mencapai sasaran berikut indikator kinerja yang ditetapkan dalam Rencana Kerja Tahun 2017, secara operasional telah dilaksanakan tugas-tugas rutin pelayanan kepada masyarakat melalui pelaksanakan program / kegiatan yang meliputi 9 program dan 28 kegiatan. Seluruh action plan dimaksud diarahkan guna mendukung capaian Misi Kabupaten Bojonegoro Tahun 2013-2018, khususnya pada Misi :

Misi ke-2

:

Mewujudkan masyarakat yang Produktif, Mandiri dan Sejahtera untuk menunjang pembangunan berkelanjutan

Misi ke-3

:

Mewujudkan tata kelola  pemerintahan yang baik dan bersih melalui peningkatan pelayanan yang profesional

Sebagai bahan evaluasi terhadap penyelenggaraan kinerja SKPD, Laporan Kinerja Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Tahun 2017 tidak hanya menyajikan informasi yang berisi tentang keberhasilan-keberhasilan yang telah dicapai pada tahun 2017 tetapi juga memuat kekurangan-kekurangan yang ada sehingga dapat dirumuskan solusinya untuk perbaikan perencanaan dan pelaksanaan pembangunan dan penyelenggaraan pemerintahan dimasa mendatang.

Secara umum, penyelenggaraan kinerja sesuai TUPOKSI Dinas Perpustakaan dan Kearsipan pada tahun 2017 dapat dikatakan cukup berhasil. Hal ini, didasarkan pada hasil pengukuran kinerja pencapaian sasaran yang dapat dicapai melalui pelaksanaan berbagai program dan kegiatan sebagaimana tertuang didalam Rencana Kinerja Tahun 2017. Hasil pengukuran kinerja menunjukkan bahwa dari 5 (lima) jumlah sasaran yang meliputi 8 indikator sasaran yang hendak dicapai, dengan tingkat pencapaian kinerjanya sebanyak 6 (enam) indicator sasaran atau 75% termasuk didalam kategori berhasil, dan 2 (dua) indicator sasaran atau 25% termasuk kategori cukup berhasil.

Adapun kinerja tingkat pencapaian masing-masing sasaran yang telah menjadi komitmen untuk dapat dicapai pada tahun 2017 dapat dijelaskan sebagai berikut :

  1. Tingkat Pencapaian Sasaran pada Misi Pertama ;

Kinerja pencapaian sasaran pada Misi “meningkatkan profesionalisme aparatur dan tata kearsipan guna mendukung kelancaran pelayanan publik” menunjukkan keberhasilan pencapaian kinerja.

Implementasi misi pertama dituangkan dalam 2 (dua) sasaran dengan 2 (dua) indikator kinerja sebagai target sasaran yang akan dicapai sampai dengan Tahun 2018 nantinya. Namun demikian, dari 2 indikator sasaran dimaksud, pada Tahun 2017, sebanyak 2 indikator mencapai kinerja sasaran kategori berhasil.

Renstra

Indikator Sasaran

% Capaian

Skor

Kategori Capaian

Naik / Turun

Tujuan 1 dan Sasaran 1

a. Meningkatnya jumlah SKPD yang menerapkan arsip secara baku

92,35

4

Berhasil

Naik

Tujuan 1 dan Sasaran 2

b. Meningkatnya jumlah SDM pengelola kearsipan

120,26

4

Berhasil

Naik

 

 

 

Capaian Indikator SKPD yang menerapkan arsip baku

Capaian Indikator SDM pengelola kearsipan

 

 

 

 

  1. Tingkat Pencapaian Sasaran pada Misi Kedua ;

Kinerja pencapaian sasaran pada Misi “mengamankan arsip sebagai sumber informasi dan bukti autentik” menunjukkan keberhasilan pencapaian kinerja.

Implementasi misi kedua dituangkan dalam 1 (satu) sasaran dengan 2 (dua) indikator kinerja sebagai target sasaran yang akan dicapai sampai dengan Tahun 2018 nantinya. Dari 2 indikator sasaran dimaksud, 2 indikator mencapai kinerja sasaran kategori berhasil.

Namun demikian, meski progress kinerja terkategorikan berhasil, tetap kiranya perlu disampaikan berbagai faktor kendala, diantaranya :

ü  Terbatasnya ruang penyimpanan arsip sehingga menyebabkan kondisi penyimpanan menjadi tidak tertata dengan baik sesuai SOP yang ditetapkan.

ü  Kurang sehatnya kondisi ruangan arsip sehingga perputaran udara kurang bisa maksimal dan dipenuhi debu arsip.

ü  Terbatasnya sarana prasarana penyimpanan arsip karena sangat minimnya penyediaan anggaran untuk Dinas.

Renstra

Indikator Sasaran

% Capaian

Skor

Kategori Capaian

Naik / Turun

Misi 2 Tujuan 1 dan Sasaran 1

a. Meningkatnya jumlah arsip SKPD tertata dan terawat dari hama

92,35

 

4

berhasil

Naik

b. Meningkatnya jumlah arsip SKPD tersimpan dalam bentuk CD

87,48

 

4

berhasil

Naik

 

 

 

Capaian Indikator arsip SKPD tertata dan terawat dari hama

Capaian Indikator arsip SKPD tersimpan dalam bentuk digittal

 

 

 

 

  1. Tingkat Pencapaian Sasaran pada Misi Ketiga ;

Kinerja pencapaian sasaran pada Misi “mewujudkan perpustakaan sebagai sumber belajar dan pengembangan kreativitas melalui penyediaan sarana informasi” menunjukkan keberhasilan pencapaian kinerja.

Implementasi misi pertama dituangkan dalam 1 (satu) sasaran dengan 1 (satu) indikator kinerja sebagai target sasaran yang akan dicapai sampai dengan Tahun 2018 nantinya. Dari indikator sasaran dimaksud, sasaran mencapai kinerja sasaran kategori berhasil.        

Renstra

Indikator Sasaran

% Capaian

Skor

Kategori Capaian

Naik / Turun

Misi 3 Tujuan 1 dan Sasaran 1

a. Meningkatnya jumlah kunjungan pustakawan

......

....

......

......

 

Capaian Indikator tingkat kunjungan ke perpustakaan

 
   

 

 

 

 

 

 

  1. Tingkat Pencapaian Sasaran pada Misi Keempat ;

Kinerja pencapaian sasaran pada Misi “mewujudkan perpustakaan sebagai tempat rekreasi edukatif melalui kegiatan pengembangan ekonomi masyarakat” menunjukkan keberhasilan pencapaian kinerja.

Implementasi misi pertama dituangkan dalam 1 (satu) sasaran dengan 3 (tiga) indikator kinerja sebagai target sasaran yang akan dicapai sampai dengan Tahun 2018 nantinya. Dari 3 indikator sasaran dimaksud, keseluruhan mencapai kinerja sasaran kategori berhasil.

Renstra

Indikator Sasaran

% Capaian

Skor

Kategori Capaian

Naik / Turun

Misi 4 Tujuan 1 dan Sasaran 1

a. Meningkatnya jumlah peningkatan buku perpustakaan umum daerah

227,17

4

Berhasil

Naik

 

b. Meningkatnya jumlah perpustakaan desa terbentuk

112,73

4

Berhasil

Naik

 

c. Meningkatnya jumlah SDM pengelola perpustakaan

100

4

Berhasil

Tetap

 

Capaian Indikator Buku Perpus

Capaian Indikator Perpustakaan Desa Terbentuk

 

 

 

 

 

 

 

Selanjutnya, terkait kinerja tingkat pencapaian program / kegiatan Tahun 2017 sebagaimana telah ditetapkan dalam Rencana Kinerja Tahunan (RKT) Tahun 2017 dapat dijelaskan sebagai berikut :

  1. Sesuai hasil analisis Rencana Tingkat Capaian (target) masing-masing indikator kinerja masukan, keluaran dan hasil dari kegiatan dalam Tahun 2017, dicapai secara komulatif sebagai berikut :
  • Ø Pencapaian Rencana Tingkat Capaian untuk Indikator Masukan  rata-rata mencapai sebesar  .......%.
  • Ø Pencapaian Rencana Tingkat Capaian untuk Indikator Keluaran mencapai sebesar 98,33%.
  • Ø Pencapaian Rencana Tingkat Capaian untuk Indikator Hasil mencapai sebesar 98,33%.

Sedangkan capaian kinerja sisi keuangan, dapat diuraikan sebagai berikut :

  1. Sisi Belanja Langsung :

Untuk mencapai sasaran dan tujuan sesuai dengan visi dan misi yang tertuang dalam Rencana Strategik Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten  Bojonegoro,  maka  pada Tahun 2017 telah ditetapkan prioritas kegiatan sebanyak 9 program yang terdiri dari 28 kegiatan dengan jumlah alokasi anggaran belanja  langsung  sebesar Rp. 566.901.485,-. Dari jumlah alokasi dana yang ditetapkan tersebut telah terrealisasikan sebesar Rp. .................................,- (..........%).

  1. Sisi Belanja Tidak Langsung :

Belanja tidak langsung diarahkan untuk pembayaran gaji dan tunjangan penghasilan 31 orang pegawai Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten  Bojonegoro selama Tahun 2017. Dari pagu anggaran Rp. 566.901.485,- terrealisasi sebesar Rp. .................................,- (..........%). Dengan demikian terdapat sisa anggaran sebesar Rp. ............................,-

Demikian ringkasan eksekutif sebagai uraian makro Laporan Kinerja Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bojonegoro Tahun 2017. Detail uraian dan penjelasan terkait pelaporan secara komprehensif disajikan pada masing masing bab penjelasan. Semoga hasil capaian kinerja Tahun 2017 menjadi learning point dalam pelaksanaan tugas Tahun 2017 guna lebih meningkatkan kinerja, menyempurnakan yang kurang dan memperbaiki kelemahan yang ada dengan semangat untuk memberikan pelayanan yang terbaik pada masyarakat di bidang Perpustakaan dan Kearsipan.

 

 

 

 

 

 

 

 BAB I

PENDAHULUAN 

 

A.     LATAR BELAKANG

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 41 Tahun 2007 tentang Organisasi Perangkat Daerah, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bojonegoro merupakan unsur penunjang Pemerintah Daerah yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Sekretaris Daerah. Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bojonegoro sesuai dengan Peraturan Daerah Kabupaten Bojonegoro Nomor 13 Tahun 2016  tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah merupakan Perangkat Daerah sebagai unsur penunjang Pemerintah Kabupaten Bojonegoro dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah dan pengelolaan pembangunan dibidang perpustakaan dan kearsipan.

Sebagai wujud pertanggungjawaban kinerja dalam rangka akuntabilitas penyelenggaraan pemerintahan, serta memperhatikan ketentuan Peraturan Pemerintah Nomor 8 tahun 2006 tentang Pelaporan Keuangan dan Kinerja Instansi Pemerintah, Instruksi Presiden RI Nomor 7 Tahun 1999 tentang Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah, serta Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 29 Tahun 2010 tentang Pedoman Penyusunan Penetapan Kinerja dan Pelaporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah, maka disusun LKjIP Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bojonegoro Tahun 2017.

 

B.    MAKSUD DAN TUJUAN

Maksud dan tujuan penyusunan LKJIP Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bojonegoro Tahun 2017  adalah :

 

Maksud :

Sebagai laporan akuntabilitas kinerja pelaksanaan tugas pokok dan fungsi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bojonegoro Tahun 2017.

Tujuan :

Mengetahui sejauhmana pelaksanaan tugas pokok dan fungsi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bojonegoro dilakukan sesuai dengan perencanaan tahunan yang telah ditetapkan.

 

C.    LANDASAN HUKUM

 

Sebagai dasar dalam penyusunan LKjIP Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bojonegoro Tahun 2017 adalah :

  1. Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah;
  2. Peraturan Pemerintah Nomor 41 Tahun 2007 tentang Organisasi Perangkat Daerah ;
  3. Peraturan Pemerintah Nomor 8 tahun 2006 tentang Pelaporan Keuangan dan Kinerja Instansi Pemerintah;
  4. Instruksi Presiden RI Nomor 7 Tahun 1999 tentang Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah;
  5. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 29 Tahun 2010 tentang Pedoman Penyusunan Penetapan Kinerja dan Pelaporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah;
  6. Peraturan Daerah Nomor 13 Tahun 2016 tentang tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kabupaten Bojonegoro ;
  7. Peraturan Daerah Nomor 13 Tahun 2008 tentang RPJMD Kabupaten Bojonegoro Tahun 2013-2018
  8. Peraturan Daerah Nomor 15 Tahun 2016 tentang APBD Kabupaten Bojonegoro Tahun 2017;
  9. Peraturan Daerah Nomor 13 Tahun 2017 tentang Perubahan APBD Kabupaten Bojonegoro Tahun 2017;
  10. Peraturan Bupati Bojonegoro Nomor 65 Tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan  Organisasi dan Tata Kerja serta Uraian Tugas dan Fungsi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bojonegoro;
  11. Peraturan Bupati Bojonegoro Nomor 44 Tahun 2016 tentang Perubahan Peraturan Bupati Nomor 35 Tahun 2016 tentang RKPD Kabupaten Bojonegoro Tahun 2017;
  12. Keputusan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bojonegoro Nomor ................................. tentang Renstra Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bojonegoro Tahun 2013-2018
  13. Keputusan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bojonegoro Nomor ...................... tentang Renja Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bojonegoro Tahun 2017;

 

D.    SISTEMATIKA PENYAJIAN

Laporan Kinerja Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bojonegoro Tahun 2017 disusun dengan tata urut penulisan sebagai berikut :

BAB I             PENDAHULUAN, berisi tentang Latar Belakang, Maksud dan Tujuan, Landasan Hukum, Sistematika Penyajian, Struktur Organisasi, TUPOKSI Organisasi, Potensi Organisasi (Kondisi Pegawai dan Sarana Prasarana), dan Daya Dukung Strategik.

BAB II            RENCANA STRATEGIS, berisi tentang uraian Gambaran Umum Renstra 2013-2018, Tujuan Sasaran serta Kebijakan Strategis, Perjanjian Kinerja Kepala SKPD Tahun 2017, serta Alokasi Anggaran 2017.

BAB III           AKUNTABILITAS KINERJA, yang berisi Capaian Kinerja SKPD, Realisasi Keuangan SKPD dan Capaian Indikator Sasaran RPJMD.

BAB IV      PENUTUP, berisi tentang kesimpulan dan saran.

 

E.     STRUKTUR ORGANISASI

Struktur Organisasi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bojonegoro berdasarkan Peraturan Daerah Nomor 16 Tahun 2016 adalah sebagai berikut :

  1. a.     Kepala Dinas
  2. b.     Sekretariat, membawahi :

1)     Sub Bagian Umum, Kepegawaian dan Keuangan

2)     Sub Bagian Program dan Laporan

  1. c.     Bidang Perpustakaan, membawahi :

1)     Seksi Pengelolaan Bahan Pustaka

2)     Seksi Layanan Pustaka dan Informasi

  1. d.     Bidang Pembinaan dan Pengembangan, membawahi :

1)     Seksi Pembinaan Perpustakaan dan Kearsipan

2)     Seksi Pengembangan Sarana dan Prasarana

  1. e.     Bidang Kearsipan, membawahi :

1)     Seksi Pengelolaan Kearsipan

2)     Seksi Layanan dan Informasi Kearsipan

 

F.     TUGAS POKOK DAN FUNGSI

 

Tugas pokok Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bojonegoro sesuai dengan Peraturan Bupati Kabupaten Bojonegoro Nomor 65 Tahun 2016 adalah Melaksanakan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan Daerah di Bidang Perpustakaan dan Bidang Kearsipan dan tugas pembantu

Untuk melaksanakan tugas sebagaimana di atas, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bojonegoro mempunyai fungsi :

  1. Perumusan kebijakan di bidang perpustakaan dan kearsipan;
  2. Pelaksanaan kebijakan di bidang perpustakaan dan kearsipan;
  3. Pelaksanaan evaluasi dan pelaporan dibidang perpustakaan dan kearsipan;
  4. Pelaksanaan administrasi dinas di bidang perpustakaan dan kearsipan;
  5. Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Bupati terkait dengan tugas dan fungsinya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

G.    POTENSI ORGANISASI

  1. Potensi Pegawai

Kinerja Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bojonegoro didukung oleh 31 orang aparatur, dengan klasifikasi sebagaimana tabel berikut :

Tabel.1.1.          

Komposisi Aparatur Berdasar Pendidikan dan Jenis Kelamin



No

Status Kepegawaian

Pendi  dikan

Komposisi Pegawai

%

Laki-laki

Perempuan

Jum lah

1

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan

Strata 2

1

 

1

2.50

2

Sekretaris

Strata 1

1

 

1

2.50

3

Ka. Sub Bag. Umum, Kepegawaian dan Keuangan

Strata 1

 

1

1

2.50

4

Ka.Sub Bag. Program dan Laporan

Strata 2

1

 

1

2.50

5

Kepala Bidang Perpustakaan

Strata 2

1

 

1

2.50

6

Kasi Pengelolaan Bahan Pustaka

Strata 2

 

1

1

2.50

7

Kasi Layanan Pustaka dan Informasi

Strata 1

1

 

1

2.50

8

Kepala Bidang Pembinaan dan Pengembangan

Strata 1

1

 

1

2.50

9

Kasi Pembinaan Perpustakaan dan Kearsipan

Strata 2

1

 

1

2.50

10

Kasi Pengembangan Sarana dan Prasarana

Strata 1

1

 

1

2.50

11

Kepala Bidang Kearsipan

Strata 2

1

 

1

2.50

12

Kasi Pengelolaan Kearsipan

SLTA

 

1

1

2.50

13

Kasi Layanan dan Informasi Kearsipan

Strata 1

1

 

1

2.50

14

Staf

Strata 1

2

2

4

10.00

15

Staf

SLTA

8

3

11

27.50

16

Staf

SLTP

1

 

1

2.50

17

Staf

SD

2

 

2

5.00

18

Pegawai Non PNS

Strata 1

1

 

1

2.50

19

Pegawai Non PNS

D3

 

1

1

2.50

20

Pegawai Non PNS

SLTA

6

2

8

20.00

 

Jumlah

 

 

41

100

 

Tabel.1.2.          

Komposisi Aparatur Berdasar Kepangkatan

 

No

 

Golongan Ruang

a

b

c

d

e

Jumlah

%

1

Golongan I

 

 

1

1

 

2

6.66

2

Golongan II

1

2

2

4

 

9

30.00

3

Golongan III

 

5

3

7

 

15

46.66

4

Golongan IV

3

1

1

 

 

5

16.66

 

 

Jumlah

31

100

 

  1. Kondisi Sarana Prasarana

Dalam pelaksanaan tugas Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bojonegoro didukung sarana dan prasarana kedinasan yang menjadi asset Pemerintah Kabupaten Bojonegoro, yaitu :

Tabel.1.3.          

Kondisi Sarana Prasarana Kantor

No

Jenis Barang

Jumlah

Satuan

Keterangan

1

Meja Kerja Eselon II

1

Unit

 

2

Meja Kerja Eselon III           

4

Unit

 

2

Meja Kerja Eselon IV          

8

Unit

 

3

Meja Kerja Staf        

23

Unit

 

4

Meja pemilahan arsip         

2

Unit

 

5

Meja baca

10

Unit

 

6

Meja Komputer/internet

12

Unit

 

7

Meja Pelayanan pengunjung

2

Unit

 

8

Kursi Eselon III

1

Unit

 

9

Kursi Eselon IV

2

Unit

 

10

Kursi Staf/elephant

20

Unit

 

11

Kursi Pengunjung

50

Unit

 

12

Roll o’pack   

3

Unit

 

13

Rak Arsip (besi)       

8

Unit

 

14

Rak Arsip (kayu)

3

Unit

 

15

Rak Buku (kayu)

21

Unit

 

16

Rak Buku (besi)      

1

Unit

 

17

Almari Arsip (besi)  

10

Unit

 

18

Almari Buku (kaca) 

5

Unit

 

No

Jenis Barang

Jumlah

Satuan

Keterangan

19

Almari kayu  

1

Unit

 

20

Alamari Katalog       

2

Unit

 

21

Komputer      

19

Unit

 

22

Laptop           

5

Unit

 

23

LCD Proyektor

1

Unit

 

24

Camera

1

Unit

 

25

Kendaraan operasional roda 4

4

Unit

 

26

Kendaraan operasional roda 2

14

Unit

 

 

 

H.    DAYA DUKUNG STRATEGIK

 

Daya dukung strategik akan berpengaruh bagi terwujudnya pemerintahan yang bersih dan berwibawa, yang merupakan tuntutan bagi terselenggaranya manajemen pemerintahan dan pembangunan yang berhasil guna dan berdaya guna. Dalam rangka itu diperlukan antara lain adanya perencanaan yang lebih efektif dan efisien dengan didukung oleh Aparatur yang bersih, profesional, kapabel dan akuntabel sehingga dapat memberikan kontribusi nyata bagi terselenggaranya suatu “good governance”. Daya dukung strategik Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bojonegoro terdiri dari :

  1. Lingkungan Internal,  yaitu :

a)     Adanya struktur organisasi yang jelas.

b)     Adanya kewenangan yang jelas dan tegas.

c)     Adanya pedoman kerja sesuai dengan Perda Nomor 13 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kabupaten Bojonegoro, yang ditindaklanjuti dengan Peraturan Bupati Bojonegoro Nomor 65 Tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan  Organisasi dan Tata Kerja serta Uraian Tugas dan Fungsi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bojonegoro.

d)     Tersedianya dukungan dana;

e)     Semangat kerja dan motivasi yang tinggi aparat Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bojonegoro terhadap keberhasilan pelaksanaan tugas dan tanggung jawab di bidang tugas masing-masing;

  1. Lingkungan Eksternal , yaitu :

a)     Adanya dukungan dan komitmen dari Pimpinan (Top Manajer) dalam hal ini Bupati selaku penanggung jawab yang senantiasa mengarahkan guna tercapainya kinerja yang efektif dan efisien;

b)     Terbukanya kesempatan bagi peningkatan sumber daya melalui pendidikan dan pelatihan teknik/ fungsional, guna memperoleh sertifkat piagam berdasarkan kompetensinya;

c)     Adanya kecenderungan yang semakin kuat dari kalangan masyarakat dan LSM (stakeholders)  terhadap kontribusi Lembaga/ Instansi sesuai dengan visi dan misi lembaga tersebut, sekaligus sebagai kontrol masyarakat terhadap kinerja Instansi/ Organisasi.

 

 

 

BAB II

RENCANA STRATEGIS 

 

 A.     GAMBARAN UMUM PERENCANAAN STRATEGIS TAHUN 2013-2018

 

A.1.       VISI DAN MISI

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan  Kabupaten Bojonegoro dalam menetapkan visinya didasarkan pada Peraturan Daerah Nomor 7 Tahun 2013 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Bojonegoro Tahun 2013-2018, yakni Terwujudnya Pondasi Bojonegoro Sebagai Lumbung Pangan Dan Lumbung Energi Negeri Yang Produktif, Berdaya Saing, Adil, Sejahtera, Bahagia Dan Berkelanjutan.

 

  1. Visi

Untuk melaksanakan wewenang dan tanggung jawab tersebut serta berkaitan dengan  tugas  pokok   dan   fungsi,  maka  visi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan  Kabupaten Bojonegoro adalah :

Terwujudnya Arsip dan Perpustakaan Sebagai Sumber Informasi, Pengembangan Kreativitas, dan Rekreasi Edukatif”.

 

  1. Misi

Misi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan  Kabupaten Bojonegoro adalah :

2.1.    Meningkatkan profesionalisme aparatur dan tata kearsipan guna mendukung kelancaran pelayanan publik;

2.2.    Mengamankan arsip sebagai sumber informasi dan bukti autentik;

2.3.    Mewujudkan perpustakaan sebagai sumber belajar dan pengembangan kreativitas melalui penyediaan sarana informasi;

2.4.    Mewujudkan perpustakaan sebagai tempat rekreasi edukatif melalui kegiatan pengembangan ekonomi masyarakat;

 

 

A.2.       TUJUAN, SASARAN DAN KEBIJAKAN STRATEGIS

Renstra Dinas Perpustakaan dan Kearsipan  Kabupaten Bojonegoro Tahun 2013-2018 dirumuskan berdasar isu-isu strategis yang muncul dalam bidang energi dan sumber daya mineral yang secara makro tertuang dalam RPJMD Kabupaten Bojonegoro Tahun 2013-2018. Penjabaran rumusan visi, misi, tujuan, sasaran dan indikator sasaran, arah kebijakan, penetapan program dan kegiatan diarahkan guna pencapaian target capaian Indikator Kinerja Utama untuk 5 tahun kedepan, yaitu dengan detail rumusan sebagai berikut :

 

Sasaran

Indikator Kinerja Utama

Strategi

Arah Kebijakan

Misi 1 :

Meningkatkan profesionalisme aparatur dan tata kearsipan guna mendukung kelancaran pelayanan publik

Tujuan 1 : 

Meningkatnya kesadaran dan pemahaman aparatur diseluruh satuan kerja dibidang pengelolaan arsip

  1. Meningkatnya sistem administrasi pendukung dan kearsipan yang efektif dan efisien
    1. Peningkatan SKPD yang menerapkan arsip secara baku
 

Pembinaan/Bimbingan Teknis pengelola kearsipan SKPD, Kecamatan, Desa/Kelurahan dan Sekolah sesuai peraturan yang ada

Pengelolaan kearsipan berbasis TI dengan aplikasi yang mudah, cepat dan efektif

  1. Meningkatnya SDM aparatur yang mempunyai kompetensi di bidang kearsipan
    1. Peningkatan jumlah SDM pengelola kearsipan
 

Meningkatkan SDM pengelolaan arsip yang telah ditetapkan sebagai pengarah dan pengelola kearsipan di SKPD

         

 

 

            Sasaran

Indikator Kinerja Utama

Strategi

Arah Kebijakan

Misi 2 : 

Mengamankan arsip sebagai sumber informasi dan bukti autentik

Tujuan 2 :  

Terwujudnya pengelolaan dan penyimpanan dokumen / arsip daerah yang sistematis

  1. Meningkatnya penyelamatan dan pelestarian dokumen / arsip daerah
  2. Peningkatan arsip SKPD tertata dan terawat dari hama
  3. Peningkatan arsip SKPD tersimpan dalam bentuk digittal
 

Alih media arsip kertas (tekstual ke arsip di gital

  • Melaksanakan penyelamatan dan pelestarian dokumen sesuai dengan standar kearsipan
  • Penyimpanan dokumen kearsipan yang akuntabel
         

 

Misi 3 : 

Mewujudkan perpustakaan sebagai sumber belajar dan pengembangan kreativitas melalui penyediaan sarana informasi

Tujuan 3 :  

Meningkatnya manajemen pengelolaan perpustakaan guna memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat

Meningkatnya perluasan dan kualitas layanan perpustakaan

  1. Peningkatan kunjungan ke perpustakaan;

 

Memotivasi siswa dan masyarakat untuk memanfaatkan perpustakaan Umum/Sekolah dan perpustakaan desa sebagai tempat belajar dan menambah ilmu pengetahuan

  • Melaksanakan pengadaan buku disesuaikan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan keinginan pengunjung;
  • Pembentukan Perpustakaan Desa dan Perpustakaan Kecamatan/ SKPD dengan SDM yang mumpuni;
  • Melaksanakan bimbingan teknis untuk peningkatan pengelolaan perpustakaan;
         

 

Sasaran

Indikator Kinerja Utama

Strategi

Arah Kebijakan

Misi 4 :  

Mewujudkan perpustakaan sebagai tempat rekreasi edukatif melalui kegiatan pengembangan ekonomi masyarakat

Tujuan 4 :  

Pembudayaan gemar membaca untuk menumbuhkembangkan kreativitas masyarakat (perilaku mandiri) dan berkreasi

  1. Meningkatnya pembinaan perpustakaan dan minat baca masyarakat
  2. Peningkatan buku perpustakaan umum daerah;
  3. Peningkatan jumlah perpustakaan desa terbentuk;
  4. Peningkatan jumlah SDM pengelola perpustakaan
 
  • Penyediaan buku yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat desa;
  • Memberikan waktu lebih kepada pengunjung perpustakaan untuk mendapatkan pengetahuan guna meningkatkan taraf hidupnya
  • Melaksanakan pelayanan sesuai standar minimal pelayanan perpustakaan
 
         

 

 

Adapun keterkaitan rumusan pencapaian sasaran / indikator target sasaran dengan strategi dan kebijakan pembangunan bidang perpustakaan dan kearsipan di Kabupaten Bojonegoro Tahun 2013 – 2018 adalah sebagaimana form terlampir.

 

 

  1. B.    RENCANA KINERJA TAHUNANTAHUN 2017

Tujuan dan sasaran yang akan diwujudkan berikut target indikator sasaran yang akan dicapai pada tahun 2017 sebagaimana penjabaran Rencana Strategis Dinas Perpustakaan dan Kearsipan  Kabupaten Bojonegoro 2013-2018, telah dirumuskan sebagai berikut :

Misi 1        Meningkatkan profesionalisme aparatur dan tata kearsipan guna mendukung kelancaran pelayanan publik

Tujuan

Sasaran

Indikator Kinerja Utama

Target

Meningkatnya kesadaran dan pemahaman aparatur diseluruh satuan kerja dibidang pengelolaan arsip

Meningkatnya sistem administrasi pendukung dan kearsipan yang efektif dan efisien

  1. Peningkatan SKPD yang menerapkan arsip secara baku

56,43%

Meningkatnya SDM aparatur yang mempunyai kompetensi di bidang kearsipan dan perpustakaan

  1. Peningkatan jumlah SDM pengelola kearsipan

68%

 

Misi 2 :     Mengamankan arsip sebagai sumber informasi dan bukti autentik

Tujuan

Sasaran

Indikator Kinerja Utama

Target

Terwujudnya pengelolaan dan penyimpanan dokumen / arsip daerah yang sistematis

  1. Meningkatnya penyelamatan dan pelestarian dokumen / arsip daerah
  2. Peningkatan arsip SKPD tertata dan terawat dari hama
  3. Peningkatan arsip SKPD tersimpan dalam bentuk digittal
 

56,43%

 

22,54%

 

Misi 3 :     Mewujudkan perpustakaan sebagai sumber belajar dan pengembangan kreativitas melalui penyediaan sarana informasi

Tujuan

Sasaran

Indikator Kinerja Utama

Target

Meningkatnya manajemen pengelolaan perpustakaan guna memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat

Meningkatnya perluasan dan kualitas layanan perpustakaan

  1. Peningkatan kunjungan ke perpustakaan

3,48%

­­

Misi 4 :     Mewujudkan perpustakaan sebagai tempat rekreasi edukatif melalui kegiatan pengembangan ekonomi masyarakat

Tujuan

Sasaran

Indikator Kinerja Utama

Target

1

2

3

 

Pembudayaan gemar membaca untuk menumbuhkembangkan kreativitas masyarakat (perilaku mandiri) dan berkreasi

  1. Meningkatnya pembinaan perpustakaan dan minat baca masyarakat
    1. Peningkatan buku perpustakaan umum daerah;
    2. Peningkatan jumlah perpustakaan desa terbentuk;
    3. Peningkatan jumlah SDM pengelola perpustakaan
 

31,47%

 

43,02%

 

9,21%

 

  1. C.    PERJANJIAN KINERJA KEPALA SKPD TAHUN 2017

 

Target kinerja sebagaimana ditetapkan dalam rencana strategis merupakan tolak ukur yang dijadikan standarisasi penilaian yang akan dilakukan. Oleh karenanya, sebagai aktualisasi pematangan rencana kinerja diperlukan penetapan kinerja tahunan yang bertujuan untuk mewujudkan suatu capaian kinerja tertentu dengan sumber daya tertentu, melalui penetapan target kinerja serta indikator kinerja yang menggambarkan keberhasilan pencapaiannya, baik berupa hasil maupun manfaat.

Dalam rangka mewujudkan akuntabilitas kinerja Dinas Perpustakaan dan Kearsipan  Kabupaten Bojonegoro, maka pada penetapan kinerja Tahun 2017, telah disusun dan dirumuskan suatu dokumen pernyataan kinerja /kesepakatan kinerja/ perjanjian kinerja antara Bupati Bojonegoro sebagai atasan dan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan  Kabupaten Bojonegoro sebagai bawahan untuk mewujudkan target kinerja tertentu berdasarkan pada sumber daya yang dimiliki oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan  Kabupaten Bojonegoro. (Form Perjanjian Kinerja Kepala SKPD Tahun 2017 sebagaimana terlampir).

Program dan kegiatan Tahun 2017 didukung oleh dana yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Bojonegoro Tahun 2017, dengan total jumlah alokasi dana secara keseluruhan sebesar Rp. 755.874.021,11,- (Tujuh Ratus Lima Puluh Lima Juta Delapan Ratus Tujuh Puluh Empat Ribu Dua Puluh Satu Rupiah Sebelas Sen). Dalam perkembangan Tahun 2017, alokasi pagu anggaran mengalami pengurangan dalam Perubahan APBD Tahun 2017 sehingga menjadi sebesar Rp. 566.901.485,11,- (Lima Ratus Enam Puluh Enam Juta Sembilan Ratus Satu Ribu Empat Ratus Delapan Puluh Lima Rupiah Sebelas Sen).

 

  1. D.    ALOKASI ANGGARAN

 

Suatu organisasi dapat menjalankan fungsinya sesuai yang diharapkan apabila dalam pelaksanaan kegiatanya didukung dengan adanya anggaran yang memadai dan seimbang sesuai dengan beban tugas yang diberikan. Oleh karena itu prinsip efisiensi dan efektifitas senantiasa dipergunakan sebagai indikator kinerja dalam menjalankan pelaksanaan kegiatannya baik yang secara tidak langsung maupun secara langsung memberikan kontribusinya kepada kinerja Pemerintah Kabupaten.

Dalam melaksanakan kegiatan sesuai dengan Program dan Kegiatan yang pengelolaannya menjadi kewenangan dan tanggung jawab Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bojonegoro, mendapatkan dukungan dana dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD Kabupaten) yang pengelolaannya mengacu pada DPA-SKPD yang telah disahkan dengan Peraturan Daerah Nomor 15 Tahun 2016 tentang APBD Kabupaten Bojonegoro Tahun 2017 dan Peraturan Daerah Nomor 13 Tahun 2016 tentang Perubahan APBD Kabupaten Bojonegoro Tahun 2017.

Adapun rekapitulasi pagu anggaran Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bojonegoro sebagaimana tertuang dalam APBD Kabupaten Bojonegoro Tahun 2017 adalah sebagaimana table berikut :

Tabel.2.1.  

Rekapitulasi Pagu Anggaran Dinas Perpus Arsip Tahun 2017

 

 

 

 

 

Secara komprehensif, plafon dana Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bojonegoro dalam APBD Tahun  2017 untuk Belanja Tidak Langsung sebesar Rp. 2.553.064.681,- (Dua Milyar Lima Ratus Lima Puluh Dua Juta Enam Puluh Empat Ribu Enam Ratus Delapan Puluh Satu Rupiah) yang dipergunakan untuk pembayaran gaji pegawai, serta Belanja Langsung sebesar Rp. 566.901.485,11,- (Lima Ratus Enam Puluh Enam Juta Sembilan Ratus Satu Ribu Empat Ratus Delapan Puluh Lima Rupiah Sebelas Sen) yang dipergunakan untuk pembiayaan 9 program dan 28 kegiatan di Dinas Perpustakaaan dan Kearsipan Tahun 2017.

Dengan demikian total pagu anggaran Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bojonegoro baik untuk Belanja Tidak Langsung maupun Belanja Langsung sebesar Rp. 3.119.966.166,- (Tiga Milyar Seratus Sembilan Belas Juta Sembilan Ratus Enam Puluh Enam Ribu Seratus Enam Puluh Enam Rupiah).

 

 

 

 

 

BAB III

AKUNTABILITAS KINERJA 

Akuntabilitas kinerja adalah perwujudan kewajiban untuk mempertanggungjawabkan keberhasilan dan kegagalan pelaksanaan visi dan misi organisasi dalam mencapai sasaran dan tujuan yang telah ditetapkan dengan sistem pertanggungjawaban secara periodik, melalui instrumen yang terdiri dari beberapa komponen yang merupakan satu kesatuan yaitu perencanaan strategik, perencanaan kinerja dan pelaporan kinerja. Elemen Akuntabilitas kinerja terdiri dari Indikator Kinerja, Capaian dan Analisis Kinerja, Akuntabilitas Keuangan, dan Strategi Pemecahan Masalah.

 

  1. A.     CAPAIAN KINERJA ORGANISASI

 

A.1.       Pengukuran Kinerja Sasaran

 

Pengukuran kinerja Pemerintah Kabupaten Bojonegoro Tahun 2017 menggunakan metode yang diatur dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 53 Tahun 2014 tentang Petunjuk Teknis Perjanjian Kinerja, Pelaporan Kinerja dan Tata Cara Review atas Laporan Kinerja Instansi Pemerintah.

Hasil pengukuran kinerja beserta evaluasi setiap tujuan dan sasaran Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Tahun 2017 disajikan sebagai berikut :

  1. Misi 1

:

Meningkatkan profesionalisme aparatur dan tata kearsipan guna mendukung kelancaran pelayanan publik;

 

  1. Tujuan 1

:

Meningkatnya kesadaran dan pemahaman aparatur diseluruh satuan kerja dibidang pengelolaan arsip:

 

  1. Sasaran 1

:

Meningkatnya sistem administrasi pendukung dan kearsipan yang efektif dan efisien. Adapun Indikator kinerja, target dan realisasi dari sasaran ini disajikan dalam Tabel 3.1 sebagai berikut :

               

Tabel 3.1.  

Misi 1 Tujuan 1 dan Sasaran 1

Indikator/ satuan

Formula/

Penjelasan

Real 2016

Targt

2017

Real 2017

%    capaian

Kategori Capaian

Naik/ turun

  1. Peningkatan SKPD yang menerapkan arsip secara baku

 

SKPD yg terapkan arsip baku Th n

x 100%

Jumlah SKPD Th n

49,30%

56,43%

52,11%

92,35%

berhasil

Naik

 

Sasaran meningkatnya sistem administrasi pendukung dan kearsipan yang efektif dan efisien, diukur melalui indikator meningkatnya SKPD yang menerapkan arsip secara baku.

1)  Indikator cakupan SKPD yang menerapkan arsip baku sampai dengan Tahun 2016 telah mencapai 49,30% atau 35 dari 71 SKPD, namun Tahun 2017 ini ditargetkan 56,43% dan terrealisasi 52,11% atau 37 dari 71 SKPD. Dengan demikian dapat disimpulkan capaian dari indikator sasaran tersebut berhasil dan dibandingkan capaian Tahun 2016 naik;

 

 

Strategi yang dilaksanakan untuk capaian kinerja tersebut dilakukan melalui Program Perbaikan sistem administrasi Kearsipan dengan kegiatan pengumpulan data arsip SKPD dan Pengadaan sarana penyimpanan

  1. Sasaran 2

:

Meningkatnya SDM aparatur yang mempunyai kompetensi di bidang kearsipan dan perpustakaan. Adapun Indikator kinerja, target dan realisasi dari sasaran ini disajikan dalam Tabel 3.2 sebagai berikut :

Tabel 3.2.  

Misi 1 Tujuan 1 dan Sasaran 2

Indikator/ satuan

Formula/

Penjelasan

Real 2016

Targt

2017

Real 2017

%    capaian

Kategori Capaian

Naik/ turun

  1. Peningkatan jumlah SDM pengelola kearsipan

 

∑ Pengelola kearsipan Desa/SKPD Th n

x 100%

∑ Ideal Pengelola kearsipan Desa/SKPD Th n

66,27%

68%

79,70%

120,26%

berhasil

naik

 

Sasaran meningkatnya SDM aparatur yang mempunyai kompetensi di bidang kearsipan dan perpustakaan, diukur melalui indikator meningkatnya jumlah SDM pengelola kearsipan.

1)  Indikator cakupan jumlah SDM pengelola kearsipan sampai dengan Tahun 2016 telah mencapai 66,27% atau 664 orang. Pada Tahun 2017 ini ditargetkan 68% dan terrealisasi 79,70% atau 742 orang. Dengan demikian dapat disimpulkan capaian dari indikator sasaran tersebut berhasil dan dibandingkan capaian Tahun 2016 naik;

Data Penunjang :

 

 

 

 

 

 

 

 

Strategi yang dilaksanakan untuk capaian kinerja tersebut dilakukan melalui Program Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Aparatur dengan kegiatan Bimbingan tehnis implementasi peraturan perundangan.

 

  1. Misi 2

:

Mengamankan arsip sebagai sumber informasi dan bukti autentik ;

 

A. Tujuan 1

:

Terwujudnya pengelolaan dan penyimpanan dokumen / arsip daerah yang sistematis, yang dirumuskan penjabarannya dalam 1 (satu) sasaran dan beberapa indikator sasaran, dengan penjelasan sebagai berikut :

 

  1. Sasaran 1

:

Meningkatnya penyelamatan dan pelestarian dokumen / arsip daerah. Adapun Indikator kinerja, target dan reaslisasi dari sasaran ini disajikan dalam Tabel 3.3 sebagai berikut :

 

 

 

               

Tabel 3.3.  

Misi 2 Tujuan 1 dan Sasaran 1

Indikator/ satuan

Formula/

Penjelasan

Real 2016

Target

2017

Real 2017

%    capaian

Kategori Capaian

Naik/ turun

  1. Peningkatan arsip SKPD tertata dan terawat dari hama

Σ Arsip terawat dari hama

x 100%

Σ SKPD

49,30%

56,43%

52,11%

92,35

%

berhasil

naik

  1. Peningkatan arsip SKPD tersimpan dalam bentuk digittal

Σ Arsip tersimpan

x 100%

Σ SKPD

16,90%

22,54%

19,72%

87,48

%

berhasil

naik

 

Sasaran meningkatnya penyelamatan dan pelestarian dokumen / arsip daerah, diukur melalui indikator ;

1)     Indikator peningkatan arsip SKPD tertata dan terawat dari hama : target yang ditetapkan Tahun 2017 adalah 56,43% (40 SKPD) dan hanya tercapai  51,11% atau 37 SKPD (atau capaian 92,35%), jadi dapat disimpulkan capaian dari sasaran tersebut berhasil. Dengan demikian dapat disimpulkan capaian dari indikator sasaran tersebut berhasil dan dibandingkan capaian Tahun 2016 naik ;

Data Penunjang :

 

 

 

 

 

 

 

 

2)     Indikator peningkatan arsip SKPD tersimpan dalam bentuk digittal : target yang ditetapkan Tahun 2017 adalah 22,54% (16 SKPD) dan hanya tercapai  19,72%  atau 14 SKPD (atau capaian 87,48%), jadi dapat disimpulkan capaian dari sasaran tersebut berhasil. Dengan demikian dapat disimpulkan capaian dari indikator sasaran tersebut berhasil dan dibandingkan capaian Tahun 2016 naik;

 

 

 

 

Data penunjang :

 

 

 

 

 

 

 

 

Strategi yang dilaksanakan untuk capaian kinerja tersebut dilakukan melalui Program Pemeliharaan Rutin/berkala sarana dan prasarana kearsipan dengan kegiatan Koordinasi pengembangan ketenaglistrikan, Pembangunan instalasi jaringan listrik pedesaan, dan Pengembangan energi baru terbarukan, serta Program Penyelamatan dan pelestarian dokumen/arsip daerah

 

 

  1. Misi 3

:

Mewujudkan perpustakaan sebagai sumber belajar dan pengembangan kreativitas melalui penyediaan sarana informasi;

 

 

  1. Tujuan 1

:

Meningkatnya manajemen pengelolaan perpustakaan guna memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

 

 

  1. Sasaran 1

:

Meningkatnya perluasan dan kualitas layanan perpustakaan. Adapun Indikator kinerja, target dan realisasi dari sasaran ini sebagaimana Tabel 3.4 berikut :

                 

Tabel 3.4.  

Misi 3 Tujuan 1 dan Sasaran 1

Indikator/ satuan

Formula/

Penjelasan

Real 2016

Target

2017

Real 2017

%    cap

Kategori Capaian

Naik/ turun

  1. Peningkatan kunjungan ke perpustakaan

Σ Kunjungan selama 1 Th

x 100%

Σ Orang dlm pupolasi

Yg harus dilayani

2,16%

3,48%

 

 

 

 

 

Sasaran meningkatnya perluasan dan kualitas layanan perpustakaan, diukur melalui beberapa indikator :

1)  Indikator meningkatnya kunjungan ke perpustakaan. target yang ditetapkan Tahun 2017 adalah 3,48% dan hanya tercapai  92,37% (atau capaian 98,8%), jadi dapat disimpulkan capaian dari sasaran tersebut berhasil. Dengan demikian dapat disimpulkan capaian dari indikator sasaran tersebut berhasil dan dibandingkan capaian Tahun 2016 naik;

 

Strategi yang dilaksanakan untuk capaian kinerja tersebut dilakukan melalui Program Pengembangan budaya baca dan pembinaan perpustakaan, dengan kegiatan Publikasi dan sosialisasi minat dan budaya baca dan kegiatan Pengembangan minat dan budaya baca.

 

  1. Misi 4

:

Mewujudkan perpustakaan sebagai tempat rekreasi edukatif melalui kegiatan pengembangan ekonomi masyarakat ;

 

  1. Tujuan 1

:

Pembudayaan gemar membaca untuk menumbuh-kembangkan kreativitas masyarakat (perilaku mandiri) dan berkreasi, yang dirumuskan penjabarannya dalam 1 (satu) sasaran dan beberapa indikator sasaran, dengan penjelasan sebagai berikut :

 

  1. Sasaran 1

:

Meningkatnya pembinaan perpustakaan dan minat baca masyarakat. Adapun indikator kinerja, target dan reaslisasi dari sasaran ini disajikan dalam Tabel 3.5 sebagai berikut :

               

 

 

 

 

 

Tabel 3.5.  

Misi 4 Tujuan 1 dan Sasaran 1

Indikator/ satuan

Formula/

Penjelasan

Real 2016

Target

2017

Real 2017

%    capaian

Kategori Capaian

Naik/ turun

  1. Peningkatan buku perpustakaan umum daerah

Σ Buku Perpusda Th n

x 100%

Σ Buku Perpusda Th eksisting

28,60%

31,47%

71,49%

227,17%

Berhasil

Naik

  1. Peningkatan jumlah perpustakaan desa terbentuk

Σ Perpus Desa Terbentuk

x 100%

Σ desa / kel

39,07%

53,02%

59,77%

112,73%

Berhasil

Naik

  1. Peningkatan jumlah SDM pengelola perpustakaan

Σ Pengelola Perpus Th n

x 100%

Σ Pengelola Perpus Th n -1

 

9,21%

 

 

 

 

 

Sasaran peningkatan pembinaan perpustakaan dan minat baca masyarakat, diukur melalui beberapa indikator :

1)  Indikator peningkatan buku perpustakaan umum daerah. Target yang ditetapkan Tahun 2017 adalah 31,47% atau 33.418 buku, terrealisasi 71,49% atau 43.591 buku (capaian 227,17%). Dengan demikian capaian dari sasaran tersebut berhasilsesuai target yang diharapkan, dan bila dibandingkan capaian tahun 2016 naik;

2)  Indikator peningkatan jumlah perpustakaan desa terbentuk. Target Tahun 2017 adalah 53,02% atau 228 Perpusdes, dengan capaian realisasi 59,77% atau 257 Perpusdes (capaian 112,73%). Dengan demikian capaian dari sasaran tersebut berhasilsesuai target yang diharapkan, dan bila dibandingkan capaian tahun 2016 naik;

3)  Indikator jumlah SDM pengelola perpustakaan. Target Tahun 2017 adalah 9,21% dengan capaian realisasi 100%. Dengan demikian capaian dari sasaran tersebut berhasilsesuai target yang diharapkan, dan bila dibandingkan capaian tahun 2016 naik;

Strategi yang dilaksanakan untuk capaian kinerja tersebut dilakukan melalui Program Pengembangan budaya baca dan pembinaan perpustakaan, dengan kegiatan Supervisi, pembinaan dan stimulasi pada perpustakaan umum, perpustakaan khusus, perpustakaan sekolah dan perpustakaan masyarakat, kegiatan Pelaksanaan koordinasi pengembangan perpustakaan, kegiatan Penyediaan bantuan pengembangan perpustakaan dan minat baca di daerah, kegiatan Penyediaan bahan pustaka perpustakaan umum daerah, serta Program peningkatan kapasitas sumber daya aparatur dengan kegiatan Bimbingan tehnis implementasi peraturan perundangan.

 

A.2.       Skema Pengukuran Kinerja Sasaran

 

Tabel 3.6.                 

Tabel Skema Pengukuran Sasaran

Renstra

Indikator Sasaran

% Capaian

Skor

Kategori Capaian

Naik / Turun

Misi 1 Tujuan 1 dan Sasaran 1

a. Peningkatan SKPD yang menerapkan arsip secara baku

92,35

4

Sangat Baik

Naik

Misi 1 Tujuan 1 dan Sasaran 2

a. Peningkatan jumlah SDM pengelola kearsipan

120,26

4

Sangat Baik

Naik

Misi 2 Tujuan 1 dan Sasaran 1

a. Peningkatan arsip SKPD tertata dan terawat dari hama

92,35

4

Sangat Baik

Naik

b. Peningkatan arsip SKPD tersimpan dalam bentuk digittal

87,48

4

Sangat Baik

Naik

Misi 3 Tujuan 1 dan Sasaran 1

a. Peningkatan kunjungan ke perpustakaan

-

 

 

 

Misi 4 Tujuan 1 dan Sasaran 1

a. Peningkatan buku perpustakaan umum daerah

227,17

4

Sangat Baik

Naik

 

b. Peningkatan jumlah perpustakaan desa terbentuk

`112,73

4

Sangat Baik

Naik

 

c. Peningkatan jumlah SDM pengelola perpustakaan

 

 

 

 

 

 

A.3.       Analisis Akuntabilitas Kinerja

 

A.3.1.      Analisis Kinerja Program / Kegiatan

Terkait dengan tujuan dan sasaran sebagaimana yang ditetapkan dalam rencana strategik Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bojonegoro, maka selama Tahun 2017 kinerja yang telah dicapai sebagaimana telah diukur melalui pengukuran kinerja Kegiatan (Form PKK) dapat dianalisis sebagai berikut :   

1)    Program Pelayanan Administrasi Perkantoran

Program Pelayanan Administrasi Perkantoran diarahkan guna pemenuhan sarana prasarana pendukung guna terwujudnya kelancaran, ketenangan dan kenyamanan kerja serta kebersihan dan kesehatan lingkungan kerja.

Anggaran APBD yang disediakan sebagai indikator kinerja masukan untuk program ini adalah sebesar Rp.281.365.229,-, yang dipergunakan untuk :

(1)     Penyediaan jasa komunikasi, sumber daya air dan listrik. Dibandingkan dengan rencana tingkat capaian (target) sebagaimana  yang direncanakan, kegiatan ini hanya terealisasi ....% ( dari plafon sebesar Rp. 49.200.000,- ) untuk target indikator kinerja masukan

(2)     Penyediaan jasa pemeliharaan/perijinan kendaraan dinas operasional, yaitu untuk perpanjangan perijinan kendaraan dinas berupa 5 buah kendaraan dinas roda 4 dan 14 buah kendaraan dinas roda 2. Dibandingkan dengan Rencana tingkat capaian (target) sebagaimana  yang direncanakan, kegiatan ini hanya terealisasi ....% ( dari plafon sebesar Rp. 6.285.000,- ) untuk target indikator kinerja masukan.

(3)     Penyediaan jasa administrasi keuangan, berupa insentif bagi pengelola keuangan di Dinas ESDM Kabupaten Bojonegoro, yang mencakup masing-masing 1 orang PA, 4 orang KPA, 8 orang PPTK, 1 orang Pejabat Penatausahaan Keuangan, 1 orang Bendahara Pengeluaran, 3 orang Bendahara Pengeluaran Pembantu, 1 orang Pembantu Pengurus Barang, 1 orang Pengurus Gaji, dan 4 orang staf administrasi. Dibandingkan dengan Rencana tingkat capaian (target) sebagaimana  yang direncanakan, kegiatan ini hanya terealisasi ....% (dari plafon sebesar Rp. 147.080.000,-) untuk target indikator kinerja masukan, dan 100 %  untuk target indikator kinerja hasil.

(4)     Penyediaan peralatan/bahan dan jasa kebesihan kantor, berupa pengadaan alat alat kebersihan selama satu tahun. Dibandingkan dengan Rencana tingkat capaian (target) sebagaimana yang direncanakan, kegiatan ini telah terealisasi .... % ( dari plafon sebesar Rp. 4.252.500,- ) untuk target indikator kinerja masukan, dan 100 %  untuk target indikator kinerja hasil.

(5)     Penyediaan alat tulis kantor, yaitu untuk pengadaan alat tulis kantor Dibandingkan dengan rencana tingkat capaian (target) sebagaimana  yang direncanakan, kegiatan ini hanya terealisasi ....% ( dari plafon sebesar Rp. 27.545.529,- ) untuk target indikator kinerja masukan.

(6)     Penyediaan barang cetakan dan penggandaan, yaitu untuk pengadaan barang cetakan, seperti map dinas, amplop dinas, kertas kop, kertas disposisi, dan lain lain Dibandingkan dengan rencana tingkat capaian (target) sebagaimana  yang direncanakan, kegiatan ini hanya terealisasi ....% ( dari plafon sebesar Rp. 5.700.000,- ) untuk target indikator kinerja masukan.

(7)     Penyediaan peralatan dan perlengkapan kantor, yang direncanakan berupa pengadaan barang berupa : staples 8 buah, porporator 1 buah, pencabut staples 4 buah, curter 6 buah dan kursi lipat 15 buah. Dibandingkan dengan Rencana tingkat capaian (target) sebagaimana yang direncanakan, kegiatan ini telah terealisasi 100% ( dari plafon sebesar Rp. 269.700,- ) untuk target indikator kinerja masukan, dan 100 %  untuk target indikator kinerja hasil

(8)     Penyediaan makanan dan minuman, berupa pembayaran mamin bimtek kearsipan dan mamin insidentil. Dibandingkan dengan Rencana tingkat capaian (target) sebagaimana yang direncanakan, kegiatan ini telah terealisasi .... % ( dari plafon sebesar Rp. 6.750.000,- ) untuk target indikator kinerja masukan, dan 100 %  untuk target indikator kinerja hasil

(9)     Rapat rapat koordinasi dan konsultasi keluar daerah, yang direalisasikan melalui kegiatan perjalanan dinas untuk Pejabat Eselon II, III, IV dan Staf baik dalam maupun luar Propinsi Jatim. Dibandingkan dengan Rencana tingkat capaian (target) sebagaimana direncanakan, kegiatan ini telah terealisasi ....% ( dari plafon sebesar Rp. 15.705.000,-. ) untuk target indikator kinerja masukan, dan 100 %  untuk target indikator kinerja hasil

(10)  Rapat rapat koordinasi dan konsultasi dalam daerah, yang direalisasikan melalui kegiatan perjalanan dinas untuk Pejabat Eselon II, III, IV dan Staf dalam daerah Kabupaten Bojonegoro. Dibandingkan dengan Rencana tingkat capaian (target) sebagaimana direncanakan, kegiatan ini telah terealisasi ....% ( dari plafon sebesar Rp. 18.577.500,-. ) untuk target indikator kinerja masukan, dan 100 %  untuk target indikator kinerja hasil

2)    Program peningkatan sarana dan prasarana aparatur

Program peningkatan sarana dan prasarana aparatur diarahkan pada kegiatan pemeliharaan kendaraan dinas operasional dan peralatan kantor guna terwujudnya kelancaran mobilitas dan tugas administratif kantor.

Maksud dan tujuan dari program tersebut adalah dalam rangka peningkatan pelayanan publik dan sekaligus kenyamanan serta fasilitasi bagi aparatur dalam melaksanakan tugas kedinasan. 

Anggaran APBD yang disediakan sebagai indikator kinerja masukan untuk program ini adalah sebesar Rp. 39.349.906,-, yang dipergunakan untuk :

(1)  Pemeliharaan rutin/ berkala kendaraan dinas operasional, berupa berupa service & penggantian suku cadang selama 12 bulan serta penyediaan BBM masing masing untuk 5 buah kendaraan dinas roda 4 dan 14 buah kendaraan dinas roda 2. Dibandingkan dengan Rencana tingkat capaian (target) sebagaimana  yang direncanakan, kegiatan ini telah terealisasi .... % ( dari plafon sebesar Rp. 33.274.906,-) untuk target indikator kinerja masukan, dan 100 %  untuk target indikator kinerja hasil.

(2)  Pemeliharaan rutin/berkala perlengkapan gedung kantor, berupa berupa biaya perawatan gedung kantor dan biaya bongkar muat dokumen / peralatan kantor. Dibandingkan dengan Rencana tingkat capaian (target) sebagaimana  yang direncanakan, kegiatan ini telah terealisasi .... % (dari plafon sebesar Rp. 6.075.000,-) untuk target indikator kinerja masukan, dan 100 %  untuk target indikator kinerja hasil

3)    Program peningkatan disiplin aparatur

Program ini dimaksudkan dalam rangka pengadaan seragam olah raga guna partisipasi dalam PORKAB Tahun 2017. Namun dengan adanya kebijakan pengurangan anggaran di tingkat kabupaten, maka pagu anggaran program ini yang semula sebesar Rp. 6.000.000,-, dalam P.APBD 2017 dihapuskan.

4)    Program peningkatan kapasitas sumber daya aparatur

Program ini diarahkan pada kegiatan pendidikan dan pelatihan formal guna terwujudnya peningkatan kapasitas dan kapabilitas sumber daya aparatur.

Anggaran APBD yang disediakan sebagai indikator kinerja masukan untuk program ini adalah sebesar Rp. 3.990.350,- yang dipergunakan untuk bimbingan tehnis kearsipan dengan jumlah peserta sebanyak 78 orang perwakilan dari seluruh SKPD. Dibandingkan dengan rencana tingkat capaian (target) sebagaimana  yang direncanakan, kegiatan ini telah terealisasi 99,95% untuk target indikator kinerja masukan, sedangkan untuk target indikator kinerja hasil mencapai 100%.

5)    Program Perbaikan Sistem Administrasi Kearsipan

Program ini diarahkan pada kegiatan pengumpulan, pemilahan dan pengklasifikasian data arsip SKPD berikut pengadaan sarana prasarana penyimpanannya.

Maksud dan tujuan dari program tersebut adalah dalam rangka terwujudnya penerapan arsip secara baku yang efektif dan efisien di Kabupaten Bojonegoro.

Anggaran APBD yang disediakan sebagai indikator kinerja masukan untuk program ini adalah sebesar Rp. 12.262.000,-, yang dipergunakan untuk :

(1)  Pengumpulan data arsip SKPD SKPD, berupa pengumpulan, pemilahan, pengklasifikasian dan pendokumentasian data arsip SKPD yang masuk di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan. Dibandingkan dengan Rencana tingkat capaian (target) sebagaimana  yang direncanakan, kegiatan ini telah terealisasi .... % ( dari plafon sebesar Rp. 4.662.000,-) untuk target indikator kinerja masukan, dan 100 %  untuk target indikator kinerja hasil.

(2)  Pengadaan sarana prasarana penyimpanan, berupa pengadaan almari arsip, box kardus, kertas pelindung dan lain lain. Dibandingkan dengan Rencana tingkat capaian (target) sebagaimana  yang direncanakan, kegiatan ini telah terealisasi .... % ( dari plafon sebesar Rp. 7.600.000,-) untuk target indikator kinerja masukan, dan 100 %  untuk target indikator kinerja hasil.

6)    Program  penyelamatan dan pelestarian dokumen / arsip daerah

Program ini diarahkan untuk peningkatan arsip SKPD tertata dan terawat dari hama serta terdokumentasi dalam bentuk digital.

Anggaran APBD yang disediakan sebagai indikator kinerja masukan untuk program ini adalah sebesar Rp. 54.370.000,-, yang dipergunakan untuk :

(1)      Pendataan dan penataan dokumen / arsip daerah, dipergunakan untuk pembayaran honorarium 4 orang tenaga non PNS di bidang kearsipan serta pengadaan blangko penanda arsip SKPD. Dibandingkan dengan Rencana tingkat capaian (target) sebagaimana yang direncanakan, kegiatan ini telah terealisasi ....% ( dari plafon sebesar Rp. 51.120.000,-) untuk target indikator kinerja masukan, dan 100 %  untuk target indikator kinerja hasil.

(2)      Penduplikasian dokumen / arsip daerah dalam bentuk informatika, berupa pengadaan CD-RW dan eksternal hardisk untuk penyimpanan data kearsipan dalam bentuk digital. Dibandingkan dengan Rencana tingkat capaian (target) sebagaimana yang direncanakan, kegiatan ini telah terealisasi .... % (dari plafon sebesar Rp. 3.250.000,-) untuk target indikator kinerja masukan, dan 100 %  untuk target indikator kinerja hasil

7)    Program pemeliharaan rutin / berkala sarana dan prasarana kearsipan

Program ini diarahkan dalam rangka pemeliharaan rutin / berkala seluruh kelengkapan sarana prasarana kearsipan.

Anggaran APBD yang disediakan sebagai indikator kinerja masukan untuk program ini adalah sebesar Rp. 5.000.000,-, yang dipergunakan untuk kegiatan pemeliharaan rutin/berkala arsip daerah. Dibandingkan dengan Rencana tingkat capaian (target) sebagaimana yang direncanakan, kegiatan ini telah terealisasi .... %, untuk target indikator kinerja masukan, dan 100 %  untuk target indikator kinerja hasil

8)    Program peningkatan kualitas pelayanan informasi

Program ini dimaksudkan dalam rangka layanan informasi kearsipan serta penerbitan naskah sumber arsip. Namun dengan adanya kebijakan pengurangan anggaran di tingkat kabupaten, maka pagu anggaran program ini yang semula sebesar Rp. 9.200.000,-, dalam P.APBD 2017 dihapuskan.

9)    Program pengembangan budaya baca dan pembinaan perpustakaan

Program ini diarahkankan dalam rangka peningkatan peran dan fungsi, perluasan dan kualitas layanan perpustakaan, serta upaya peningkatan minat baca masyarakat.

Anggaran APBD yang disediakan sebagai indikator kinerja masukan untuk program ini adalah sebesar Rp. 170.564.000,-, yang dipergunakan pelaksanaan 6 (enam) kegiatan ;

(1)      Pengembangan minat dan budaya baca, dipergunakan untuk pembayaran honorarium 6 orang tenaga non PNS di bidang perpustakaan, serta operasional pengadaan blangko blangko perpustakaan. Dibandingkan dengan rencana tingkat capaian (target) sebagaimana yang direncanakan, kegiatan ini telah terealisasi .... % (dari plafon sebesar Rp. 82.570.000,-) untuk target indikator kinerja masukan, dan 100%  untuk target indikator kinerja hasil.

(2)      Supervisi, pembinaan dan stimulasi pada perpustakaan umum, perpustakaan khusus, perpustakaan sekolah dan perpustakaan masyarakat, namun dengan adanya kebijakan pengurangan anggaran di tingkat kabupaten, maka pagu anggaran kegiatan ini yang semula sebesar Rp. 2.466.250,-, dalam P.APBD 2017 dihapuskan.

(3)      Pelaksanaan koordinasi pengembangan perpustakaan, namun dengan adanya kebijakan pengurangan anggaran di tingkat kabupaten, maka pagu anggaran kegiatan ini yang semula sebesar Rp. 1.700.000,-, dalam P.APBD 2017 dihapuskan.

(4)      Penyediaan bantuan pengembangan perpustakaan dan minat baca di daerah, yang dipergunakan untuk pengadaan literasi buku-buku perpustakaan dengan sasaran distribusi ke perpustakaan desa. Dibandingkan dengan rencana tingkat capaian (target) sebagaimana yang direncanakan, kegiatan ini telah terealisasi .... % (dari plafon sebesar Rp. 75.000.000,-) untuk target indikator kinerja masukan, dan 100%  untuk target indikator kinerja hasil.

(5)      Publikasi dan sosialisasi minat dan budaya baca, yang dipergunakan untuk kegiatan sosialisasi perpustakaan diantaranya telling story anak anak PAUD / TK. Dibandingkan dengan rencana tingkat capaian (target) sebagaimana yang direncanakan, kegiatan ini telah terealisasi .... % (dari plafon sebesar Rp. 250.000,-) untuk target indikator kinerja masukan, dan 100%  untuk target indikator kinerja hasil.

(6)      Penyediaan bahan pustaka perpustakaan umum daerah, yang dipergunakan untuk pengadaan literasi buku-buku perpustakaan dengan sasaran pengembangan khasanah bacaan di perpustakaan umum daerah. Dibandingkan dengan rencana tingkat capaian (target) sebagaimana yang direncanakan, kegiatan ini telah terealisasi .... % (dari plafon sebesar Rp. 12.744.000,-) untuk target indikator kinerja masukan, dan 100%  untuk target indikator kinerja hasil.

 

A.3.2.      Permasalahan

Meskipun pelaksanaan tugas dan kinerja Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bojonegoro Tahun 2017 telah berjalan sesuai target yang ditetapkan, namun tidak terlepas dengan berbagai permasalahan yang ada dalam implementasinya.

Berikut disampaikan permasalahan / hambatan yang timbul dalam realisasi pelaksanaan kegiatan yang menjadi tanggung jawab Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bojonegoro, antara lain :

 

1)    Belum primanya pelayanan kepada pemustaka di perpustakaan ;

Beberapa indikatornya adalah :

  1. Belum optimalnya tingkat kunjungan pustakawan ;
  2. Terbatasnya kualitas SDM dan jumlah Pengelola Perpustakaan ;
  3. Terbatasnya koleksi literasi buku perpustakaan ;

2)    Belum optimalnya tata kelola kearsipan daerah :

Beberapa indikatornya adalah :

 

  1. Terbatasnya kuantitas dan kualitas SDM Arsiparis.
  2. Kurang memadainya gedung arsip.
  3. Terbatasnya sarana prasarana kearsipan

 

A.3.3.    PemecahanMasalah

Mengacu pada identifikasi permasalahan yang ada pada setiap program, diperlukan solusi sebagai upaya memecahkan masalah yang nantinya memperlancar pelaksanaan kegiatan yang bersangkutan.

Adapun solusi pemecahan masalah adalah sebagai berikut :

1)    Services : tetap mempertahankan dan mengupayakan peningkatan tata kelola perpustakaan dan kearispan ditengah sangat tidak proporsionalnya kondisi penganggaran yang ada;

2)    Regulation : memperbaiki SOP khususnya dalam tata layanan perpustakaan untuk meningkatkan kenyamanan pustakawan;

3)    Management : memperbaiki menejemen perencanaan dan tata laksana SKPD;

4)    Pathnership : mengupayakan keterlibatan pihak ketiga dalam tata kelola perpustakaan, khususnya dalam menambah khasanah bacaan dan peralatan perpustakaan lainnya;

5)    Resources : meningkatkan kapabillitas SDM aparatur baik dalam tata kelola perpustakaan maupun kearsipan melalui bimtek, seminar, dan lain lain.

 

  1. B.   REALISASI KEUANGAN

Selanjutnya, penjelasan lebih lanjut mengenai pelaksanaan kegiatan dan realisasi Tahun 2017 dapat diuraikan sebagai berikut :

  1. Belanja Tidak Langsung

Belanja tidak langsung diarahkan untuk pembayaran gaji dan tunjangan penghasilan 31 orang pegawai Dinas Perpustakaan dan Kearsipan  Kabupaten  Bojonegoro selama Tahun 2017. Dari pagu anggaran Rp. 2.553.064.681,- terrealisasi sebesar Rp. ...........................,- atau .......%. Dengan demikian terdapat sisa anggaran sebesar Rp. .......................,-

  1. Belanja Langsung

Untuk mencapai sasaran dan tujuan sesuai dengan visi dan misi yang tertuang dalam Rencana Strategik Dinas Perpustakaan dan Kearsipan  Kabupaten  Bojonegoro,  maka  pada Tahun 2017 telah ditetapkan prioritas kegiatan sebanyak 9 program yang terdiri dari 28 kegiatan dengan jumlah alokasi anggaran belanja  langsung  sebesar Rp. 566.901.485,-. Dari jumlah alokasi dana yang ditetapkan tersebut telah terrealisasikan sebesar Rp. ...........................,- atau .......%.

Dengan demikianSisa Lebih Perhitungan (SILPA) Tahun 2017 yang mencapai ...................... Rupiah, dengan perincian faktor SILPA sebagai berikut :

ü  Sisa lelang, yang mencapai ...................... Juta Rupiah atau ......%  ;

ü  Sisa gaji sebesar .................. Juta Rupiah atau .......% ;

ü  serta sisa dari faktor lain sebesar ................ Juta Rupiah atau ....%, yaitu dari kegiatan yang dikomitmenkan untuk tidak dilaksanakan dalam rangka pengurangan pagu belanja daerah sebagai akibat tidak tercapainya target penerimaan daerah dari pusat.

Lebih lanjut  penjelasan mengenai Alokasi Dana dan Realisasi Belanja Program Kegiatan Tahun 2016 dan 2017 Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bojonegoro dapat dilihat pada tabel 3.8 dan 3.9  sebagai mana berikut :

  

  1. Anggaran Pendapatan Dan Belanja Dinas Perpustakaan dan KearsipanKabupaten Bojonegoro Tahun 2017

Lebih lanjut untuk melihat secara keseluruhan target dan realisasi pendapatan dan belanja Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kabupaten Bojonegoro dalam Tahun 2017 dapat dilihat dalam tabel berikut :

 


  1. C.   CAPAIAN INDIKATOR SASARAN RPJMD

Pencapaian indikator sasaran sebagaimana ditetapkan dalam Renstra Dinas Perpustakaan dan Kearsipan  Kabupaten Bojonegoro Tahun 2013-2018 dan Renja Dinas Perpustakaan dan Kearsipan  Kabupaten Bojonegoro Tahun 2017 mengacu pada RPJMD Kabupaten Bojonegoro Tahun 2013-2018. Dengan demikian dokumen perencanaan SKPD Dinas Perpustakaan dan Kearsipan dimaksud merupakan action plan dari RPJMD Kabupaten Bojonegoro Tahun 2013-2018, khususnya guna mendukung tercapainya :

Misi ke-2

:

Mewujudkan masyarakat yang Produktif, Mandiri dan Sejahtera untuk menunjang pembangunan berkelanjutan

Tujuan

:

Meningkatnya kualitas hidup masyarakat

Sasaran

Indikator

:

:

Meningkatnya akses pendidikan yang berkualitas

  1. Persentase peningkatan buku perpustakaan umum daerah;
  2. Persentase jumlah perpustakaan desa terbentuk

Misi ke-3

:

Mewujudkan tata kelola  pemerintahan yang baik dan bersih melalui peningkatan pelayanan yang profesional

Tujuan

:

Meningkatnya Penyelenggaraan Kepemerintahan yang Baik dan Bersih

Sasaran

 

Indikator

:

 

:

Terwujudnya Lembaga dan tata kelola pemerintahan Daerah yang  Efektif

Persentase peningkatan SKPD yang menerapkan arsip secara baku;

 

Sebagaimana indikator sasaran yang telah ditetapkan dalam Rencana Strategis Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tahun 2009-2013, maka untuk Indikator Kinerja Utama (IKU) Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tahun 2017 telah mencakup berbagai indikator sasaran yang menyentuh kepentingan masyarakat, baik langsung maupun tidak langsung. Adapun capaian IKU yang masuk dalam RPJMD adalah sebagaimana tabel berikut :

 

 

 

 

Tabel 3.11.               

INDIKATOR KINERJA UTAMA YANG TERCANTUM DALAM RPJMD KABUPATEN BOJONEGORO TAHUN 2013-2018

MISI (1)

:

Mewujudkan masyarakat yang Produktif, Mandiri dan Sejahtera untuk menunjang pembangunan berkelanjutan

TUJUAN (1)

:

Meningkatnya kualitas hidup masyarakat

 

Sasaran

Indikator

Formula Indikator

Satuan

Realisasi 2016

Target 2017

Realisasi 2017

Tercapai / kurang tercapai

Naik / turun

Target Nasional

1

2

3

4

5

6

7

 

 

 

Meningkatnya akses pendidikan yang berkualitas

  1. Persentase Peningkatan buku perpustakaan umum daerah

 

Σ Buku Perpusda Th n

x 100%

Σ Buku Perpusda Th eksisting

Buku

28,60% atau 32.688 Buku

31,47%

Atau 33.418 Buku

71,49% atau 43.591 Buku

Tercapai

Naik

-

  1. Persentase jumlah perpustakaan desa terbentuk

Σ Perpus Desa Terbentuk

x 100%

Σ Desa se Kabupaten

Desa

39,07% atau  Perpusdes

53,02% atau 228 Perpusdes

59,77% atau 257 Perpusdes

Tercapai

Naik

-

 

MISI (3)

:

Mewujudkan tata kelola  pemerintahan yang baik dan bersih melalui peningkatan pelayanan yang profesional

TUJUAN (1)

:

Meningkatnya Penyelenggaraan Kepemerintahan yang Baik dan Bersih

 

Sasaran

Indikator

Formula Indikator

Satuan

Realisasi 2016

Target 2017

Realisasi 2017

Tercapai / kurang tercapai

Naik / turun

Target Nasional

1

2

3

4

5

6

7

 

 

 

Terwujudnya Lembaga dan tata kelola pemerintahan Daerah yang  Efektif

a. Persentase peningkatan SKPD yang menerapkan arsip secara baku

 

 

Σ SKPD menerapkan arsip baku Th N

                                                                                         X 100%

Σ SKPD menerapkan arsip baku Th N

SKPD

49,30% atau 35 SKPD

56,43%

Atau 38 SKPD

52,11% atau 37 SKPD

Belum Tercapai

Naik

-

 

 

 

BAB IV

PENUTUP

 

Komprehensifitas Laporan Kinerja Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bojonegoro Tahun 2017 telah diuraikan sebagaimana bab bab didepan. Pada hakekatnya seluruh program dan kegiatan sebagaimana ditetapkan dalam perjanjian kerja Tahun 2017 telah dilaksanakan dengan sebaik-baiknya berdasar prinsip akuntabilitas dan transparansi sesuai peraturan perundangan yang berlaku.

Kendala terbesar yang dihadapi dalam penyusunan Laporan Kinerja Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Tahun 2017 adalah adanya banyak tahapan perubahan rencana strategis kurun waktu 2 (dua) tahun terakhir, pertama, pada momen perubahan SOTK dari Kantor Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Bojonegoro menjadi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bojonegoro pada Tahun 2017, dan kedua, penyesuaian Renstra sebagai konsekuensi dilakukannya revisi RPJMD Kabupaten Bojonegoro Tahun 2013-2018. Kondisi tersebut berpengaruh pada penentuan tolak ukur kinerja sebagaimana tertuang dalam setiap target sasaran berikut indikator sasarannya, sehingga evaluasi tahunan yang dipergunakan tidak lagi menggunakan dasar data eksisting Tahun 2013 sebagai awal berlakunya RPJMD namun menggunakan data eksisting Tahun 2014 dengan penyesuaian target sasaran sesuai cakupan kewenangan yang dimiliki daerah.

Pada akhirnya, kami sampaikan ungkapan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada semua pihak atas kontribusi dan sumbangsih pemikiran hingga tersusunnya Laporan Kinerja Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bojonegoro Tahun 2017 ini. Semoga dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi guna peningkatan dan perbaikan kinerja kedepan.

 

 

Formulir RS  I

RENCANA STRATEJIK

TAHUN 2013 S/D 2018

 

Instansi    Visi 

:

:

DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KABUPATEN BOJONEGORO

Terwujudnya Arsip dan Perpustakaan Sebagai Sumber Informasi, Pengembangan Kreativitas, Dan Rekreasi Edukatif

Misi

:

  1. Meningkatkan profesionalisme aparatur dan tata kearsipan guna mendukung kelancaran pelayanan publik;
  2. Mengamankan arsip sebagai sumber informasi dan bukti autentik;
  3. Mewujudkan perpustakaan sebagai sumber belajar dan pengembangan kreativitas melalui penyediaan sarana informasi;
  4. Mewujudkan perpustakaan sebagai tempat rekreasi edukatif melalui kegiatan pengembangan ekonomi masyarakat;

 

 

 

 

No.

 

Tujuan

Sasaran

Cara Mencapai Tujuan dan Sasaran

Ket.

Uraian

Indikator

Kebijakan

Program

1

2

3

4

5

6

7

1

Meningkatnya kesadaran dan pemahaman aparatur diseluruh satuan kerja dibidang pengelolaan arsip

.

Meningkatnya sistem administrasi pendukung dan kearsipan yang efektif dan efisien

 

  1. Meningkatnya SKPD yang menerapkan arsip secara baku

Pengelolaan kearsipan berbasis TI dengan aplikasi yang mudah, cepat dan efektif

1) Program Perbaikan sistem administrasi Kearsipan

 

Meningkatnya SDM aparatur yang mempunyai kompetensi di bidang kearsipan dan perpustakaan

  1. Peningkatan jumlah SDM pengelola kearsipan

Meningkatkan SDM pengelolaan arsip yang telah ditetapkan sebagai pengarah dan pengelola kearsipan di SKPD

2) Program Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Aparatur

 

2

Terwujudnya pengelolaan dan penyimpanan dokumen / arsip daerah yang sistematis

 

 

 

 

 

 

  1. Meningkatnya penyelamatan dan pelestarian dokumen / arsip daerah
    1. Peningkatan arsip SKPD tertata dan terawat dari hama
    2. Peningkatan arsip SKPD tersimpan dalam bentuk digittal
    3. Melaksanakan penyelamatan dan pelestarian dokumen sesuai dengan standar kearsipan
    4. Penyimpanan dokumen kearsipan yang akuntabel
 

 

1)  Program Pemeliharaan Rutin/berkala sarana dan prasarana kearsipan

2)  Program Penyelamatan dan pelestarian dokumen/arsip daerah

 

1

2

3

4

5

6

7

3

Meningkatnya manajemen pengelolaan perpustakaan guna memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat

Meningkatnya perluasan dan kualitas layanan perpustakaan

  1. Peningkatan kunjungan ke perpustakaan
    1. Melaksanakan pengadaan buku disesuaikan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan keinginan pengunjung
    2. Pembentukan Perpustakaan Desa dan Perpustakaan Kecamatan/SKPD dengan SDM yang mumpuni
    3. Melaksanakan bimbingan teknis untuk peningkatan pengelolaan perpustakaan
    4. Melaksanakan pelayanan sesuai standar minimal pelayanan perpustakaan
 

1)  Program Pengembangan Budaya Baca dan pembinaan Perpustakaan

 

4

Pembudayaan gemar membaca untuk menumbuhkembangkan kreativitas masyarakat (perilaku mandiri) dan berkreasi

Meningkatnya pembinaan perpustakaan dan minat baca masyarakat

  1. Peningkatan buku perpustakaan umum daerah
  2. Peningkatan jumlah perpustakaan desa terbentuk
  3. Peningkatan jumlah SDM pengelola perpustakaan
                 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

FORMULIR RS  II

RENSTRADINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KABUPATEN BOJONEGORO TAHUN 2013-2018

MISI 1

:

Meningkatkan Profesionalisme Aparatur Dan Tata Kearsipan Guna Mendukung Kelancaran Pelayanan Publik

TUJUAN 1

:

Meningkatnya kesadaran dan pemahaman aparatur diseluruh satuan kerja dibidang pengelolaan arsip

Sasaran

Indikator Target

Formulasi Perhitungan

Sat

Th. Dasar 2013

TARGET

Strategi Mencapai Tujuan & Sasaran (Strategi Kebijakan)

2014

2015

2016

2017

2018

Meningkatnya sistem administrasi pendukung dan kearsipan yang efektif dan efisien

  1. Meningkatnya jumlah SKPD yang menerapkan arsip secara baku

 

SKPD yg terapkan arsip baku Th n

x 100%

Jumlah SKPD Th n

%

28 SKPD

43,66

47,89

52,11

56,43

60,56

Mengoptimalkan pembinaan/imbingan teknis pengelola kearsipan SKPD, Kecamatan, Desa/Kelurahan dan Sekolah sesuai peraturan yang ada

Meningkatnya SDM aparatur yang mempunyai kompetensi di bidang kearsipan dan perpustakaan

  1. Meningkatnya  jumlah SDM pengelola kearsipan

 

∑ Pengelola kearsipan Desa/SKPD Th n

x 100%

∑ Ideal Pengelola kearsipan Desa/SKPD Th n

%

212 Orang

23,00

38,00

53,00

68,00

83,00

                         

 

 

MISI 2

:

Mengamankan arsip sebagai sumber informasi dan bukti autentik

TUJUAN 1

:

Terwujudnya pengelolaan dan penyimpanan dokumen / arsip daerah yang sistematis

Sasaran

Indikator Target

Formulasi Perhitungan

Sat

Th. Dasar 2013

TARGET

Strategi Mencapai Tujuan & Sasaran (Strategi Kebijakan)

2014

2015

2016

2017

2018

Meningkatnya penyelamatan dan pelestarian dokumen / arsip daerah

  1. Jumlah arsip SKPD tertata dan terawat dari hama

Σ Arsip terawat dari hama

x 100%

Σ SKPD

%

28 SKPD

43,66

47,89

52,11

56,43

60,56

Optimalisasi upaya peningkatan alih media arsip kertas (tekstual) ke arsip di gital

  1. Jumlah arsip SKPD tersimpan dalam bentuk digital

Σ Arsip tersimpan

x 100%

Σ SKPD

%

4 SKPD

8,45

14,08

18,31

22,54

26,76

                         

 

MISI 3

:

Mewujudkan perpustakaan sebagai sumber belajar dan pengembangan kreativitas melalui penyediaan sarana informasi

TUJUAN 2

:

Meningkatnya manajemen pengelolaan perpustakaan guna memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat

Sasaran

Indikator Target

Formulasi Perhitungan

Sat

Th. Dasar 2013

TARGET

Strategi Mencapai Tujuan & Sasaran (Strategi Kebijakan)

 

2014

2015

2016

2017

2018

 

Meningkatnya perluasan dan kualitas layanan perpustakaan

  1. Meningkatnya jumlah kunjungan pustakawan

Σ Kunjungan Pustakawan Th n

x 100%

Σ Orang dlm pupolasi yg harus

Dilayani Th n

%

36.215 Orang

3,18

3,28

3,38

3,48

3,58

Meningkatkan sosialisasi dan upaya motivasi siswa dan masyarakat untuk memanfaatkan perpustakaan Umum/Sekolah dan perpustakaan desa sebagai tempat belajar dan menambah ilmu pengetahuan

 

                           

 

MISI 4

TUJUAN 3

:

:

Mewujudkan perpustakaan sebagai tempat rekreasi edukatif melalui kegiatan pengembangan ekonomi masyarakat

Pembudayaan gemar membaca untuk menumbuhkembangkan kreativitas masyarakat (berperilaku mandiri) dalam berkreasi

Sasaran

Indikator Target

Formulasi Perhitungan

Sat

Th. Dasar 2013

TARGET

Strategi Mencapai Tujuan & Sasaran (Strategi Kebijakan)

 

2014

2015

2016

2017

2018

 

Meningkatnya pembinaan perpustakaan dan minat baca masyarakat

  1. Meningkatnya jumlah peningkatan buku perpustakaan umum daerah

Σ Buku Perpusda Th n

x 100%

Σ Buku Perpusda Th eksisting

%

3,08% atau 25.419 buku

6,01

10,41

30,74

31,47

32,59

  1. Meningkatkan penyediaan buku perpusdes yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat desa
  2. Optimalisasi pemberian waktu lebih kepada pengunjung perpustakaan untuk mendapatkan pengetahuan guna meningkatkan taraf hidupnya

 

  1. Meningkatnya jumlah perpustakaan desa terbentuk

Σ Perpus Desa Terbentuk

x 100%

Σ desa / kel

%

108 Desa

25,12

34,42

43,72

53,02

62,33

 

  1. Meningkatnya jumlah SDM pengelola perpustakaan

Σ Pengelola Perpus Th n

x 100%

Σ Pengelola Perpus Th n -1

%

286 orang

7,84

8,39

8,94

9,21

9,59

 

                           

 

 

FORMULIR PERJANJIAN KINERJA

TINGKAT SATUAN KERJA PERANGKAT DAERAH

Satuan Kerja Perangkat Daerah

 

Tahun Anggaran

:

 

:

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bojonegoro

2017

No

Sasaran Strategis

Indikator Kinerja

Target Tahun 2017

1

2

3

4

1

Meningkatnya sistem administrasi pendukung dan kearsipan yang efektif dan efisien

  1. Meningkatnya jumlah SKPD yang menerapkan arsip secara baku

56,43%

 

2

Meningkatnya SDM aparatur yang mempunyai kompetensi di bidang kearsipan dan perpustakaan

  1. Meningkatnya  jumlah SDM pengelola kearsipan

68%

3

Meningkatnya penyelamatan dan pelestarian dokumen / arsip daerah

  1. Meningkatnya  jumlah arsip SKPD tertata dan terawat dari hama
  2. Meningkatnya  jumlah arsip SKPD tersimpan dalam bentuk digital

56,43%

 

22,54%

 

4

Meningkatnya perluasan dan kualitas layanan perpustakaan

  1. Meningkatnya jumlah kunjungan pustakawan

3,48%

5

Meningkatnya pembinaan perpustakaan dan minat baca masyarakat

  1. Meningkatnya jumlah peningkatan buku perpustakaan umum daerah
  2. Meningkatnya jumlah perpustakaan desa terbentuk
  3. Meningkatnya jumlah SDM pengelola perpustakaan

31,47%

 

53,02%

 

9,21%

           

 

Program

Anggaran

Keterangan

  1. Program Pengembangan budaya baca dan pembinaan perpustakaan
  2. Program Pelayanan Administrasi Perkantoran
  3. Program Peningkatan Sarana dan Prasarana Aparatur
  4. Program peningkatan disiplin aparatur
  5. Program peningkatan kapasitas sumber daya aparatur
  6. Program Perbaikan Sistem Administrasi Kearsipan
  7. Program penyelamatan dan pelestarian dokumen / arsip daerah
  8. Program pemeliharaan rutin / berkala sarana dan prasarana kearsipan
  9. Program peningkatan kualitas pelayanan informasi

Rp

 

Rp

 

Rp

 

Rp

 

Rp

 

Rp

 

Rp

 

Rp

 

Rp

 

170.564.000,-

 

281.365.229,-

 

39.349.906,-

 

-

 

3.990.350,-

 

12.262.000,-

 

54.370.000,-

 

5.000.000,-

 

-

 

 

 

Rp

566.901.485,-

 

 

PENGUKURAN KINERJA SASARAN

DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN TAHUN 2017

 

MISI 1

:

Meningkatkan profesionalisme aparatur dan tata kearsipan guna mendukung kelancaran pelayanan publik

TUJUAN 1

:

Meningkatnya kesadaran dan pemahaman aparatur diseluruh satuan kerja dibidang pengelolaan arsip

SASARAN 1

:

Meningkatnya sistem administrasi pendukung dan kearsipan yang efektif dan efisien

 

Indikator/ satuan

Formula/

Penjelasan

Real 2016

Targt

2017

Real 2017

%    capaian

Kategori Capaian

Naik/ turun

  1. Peningkatan SKPD yang menerapkan arsip secara baku

 

SKPD yg terapkan arsip baku Th n

x 100%

Jumlah SKPD Th n

49,30%

56,43%

52,11%

92,35%

berhasil

Naik

 

SASARAN 2

:

Meningkatnya SDM aparatur yang mempunyai kompetensi di bidang kearsipan dan perpustakaan

 

Indikator/ satuan

Formula/

Penjelasan

Real 2016

Targt

2017

Real 2017

%    capaian

Kategori Capaian

Naik/ turun

  1. Peningkatan jumlah SDM pengelola kearsipan

 

∑ Pengelola kearsipan Desa/SKPD Th n

x 100%

∑ Ideal Pengelola kearsipan Desa/SKPD Th n

66,27%

68%

79,70%

120,26%

berhasil

naik

 

 

MISI 2

 

Mengamankan arsip sebagai sumber informasi dan bukti autentik

TUJUAN 1

 

Terwujudnya pengelolaan dan penyimpanan dokumen / arsip daerah yang sistematis

SASARAN 1

 

Meningkatnya penyelamatan dan pelestarian dokumen / arsip daerah

 

Indikator/ satuan

Formula/

Penjelasan

Real 2016

Target

2017

Real 2017

%    capaian

Kategori Capaian

Naik/ turun

  1. Peningkatan arsip SKPD tertata dan terawat dari hama

Σ Arsip terawat dari hama

x 100%

Σ SKPD

49,30%

56,43%

52,11%

92,35

%

berhasil

naik

  1. Peningkatan arsip SKPD tersimpan dalam bentuk digittal

Σ Arsip tersimpan

x 100%

Σ SKPD

16,90%

22,54%

19,72%

87,48

%

berhasil

naik

 

 

MISI 3

 

Mewujudkan perpustakaan sebagai sumber belajar dan pengembangan kreativitas melalui penyediaan sarana informasi

TUJUAN 1

 

Meningkatnya manajemen pengelolaan perpustakaan guna memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat

Sasaran 1

 

Meningkatnya perluasan dan kualitas layanan perpustakaan

 

Indikator/ satuan

Formula/

Penjelasan

Real 2016

Target

2017

Real 2017

%    cap

Kategori Capaian

Naik/ turun

  1. Peningkatan kunjungan ke perpustakaan

Σ Kunjungan selama 1 Th

x 100%

Σ Orang dlm pupolasi

Yg harus dilayani

2,16%

3,48%

........

........

........

........

 

MISI 4

 

Mewujudkan perpustakaan sebagai tempat rekreasi edukatif melalui kegiatan pengembangan ekonomi masyarakat

TUJUAN 1

 

Pembudayaan gemar membaca untuk menumbuh-kembangkan kreativitas masyarakat (perilaku mandiri) dan berkreasi

SASARAN 1

 

Meningkatnya pembinaan perpustakaan dan minat baca masyarakat

 

Indikator/ satuan

Formula/

Penjelasan

Real 2016

Target

2017

Real 2017

%    capaian

Kategori Capaian

Naik/ turun

  1. Peningkatan buku perpustakaan umum daerah

Σ Buku Perpusda Th n

x 100%

Σ Buku Perpusda Th eksisting

28,60%

31,47%

71,49%

227,17%

Berhasil

Naik

  1. Peningkatan jumlah perpustakaan desa terbentuk

Σ Perpus Desa Terbentuk

x 100%

Σ desa / kel

39,07%

53,02%

59,77%

112,73%

Berhasil

Naik

  1. Peningkatan jumlah SDM pengelola perpustakaan

Σ Pengelola Perpus Th n

x 100%

Σ Pengelola Perpus Th n -1

 

9,21%

........

........

........

........