Loading
X
Selamat Datang di Portal Resmi Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Bojonegoro © 2014
LAKIP 2016

BAB I

                                        P E N D A H U L U A N                                        

 

  1. A.     LATAR BELAKANG

Laporan Kinerja Kantor Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Bojonegoro Tahun 2016 merupakan media untuk mengeksplorasi sejauhmana Kantor Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Bojonegoro bergerak untuk mencapai tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan dalam Rencana Stratejik Kantor Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Bojonegoro Tahun 2013-2018.  Sebagai Satuan Kerja Perangkat Daerah yang bertugas melaksanakan penyusunan dan pelaksanaan di bidang Arsip dan Perpustakaan maka Kantor Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Bojonegoro kinerjanya diukur berdasarkan kontribusi yang dihasilkan dalam menunjang tercapainya Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Pemerintah Kabupaten Bojonegoro yang telah tertuang dalam Penetapan Kinerja Kantor Arsip dan Perpustakaan tahun 2016. 

                 Secara ekplisit maupun implisitter dapat beberapa hal yang menguatkan alasan Kantor Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Bojonegoro wajib memenuhi penyusunan Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah diantaranya :

  1. Instruksi Presiden Nomor 7 Tahun 1999 tentang Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah;
  2. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia 29 Tahun 2010 tentang Penyusunan Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah;
  3. Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 29 Tahun 2014 tentang Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah;
  4. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 53 Tahun 2014 tentang Petunjuk Teknis Perjanjian Kinerja, Pelaporan Kinerja dan Tata Cara Reviu atas Laporan Kinerja Instansi Pemerintah.

Kantor Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Bojonegoro berkewajiban mempertanggung jawabkan semua kegiatan yang telah dilaksanakan. Pertanggung jawaban tersebut diwujudkan dalam Laporan Kinerja Kantor Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Bojonegoro.

Hal terpenting dari latarbelakang penyusunan Laporan Kinerja Kantor Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Bojonegoro selain memenuhi tuntutan untuk berakuntabilitas adalah adanya keinginan yang kuat dari Kantor Arsip dan Perpustakaan untuk mewujudkan keseimbangan antara akuntabilitas, partisipasi dan transparansi yang merupakan pilar perwujudan penyelenggaraan kepemerintahan yang baik dan kualitas hidup masyarakat

 

  1. B.   MAKSUD DAN TUJUAN

Laporan Kinerja Kantor Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Bojonegoro adalah  media pertanggungjawaban  Kantor Arsip dan Perpustakaan  yang didalamnya berisi informasi mengenai kinerja Kantor Arsip dan Perpustakaan. Dalam Laporan Akuntabilitas ini diuraikan hasil evaluasi berupa analisis akuntabilitas kinerja sasaran dalam rangka mewujudkan tujuan, misi dan visi sebagaimana telah ditetapkan dalam Renstra Kantor Arsip Dan Perpustakaan Kabupaten Bojonegoro Tahun 2013-2018.

Maksud dan tujuan dari Penyusunan Laporan Akuntabilitas ini adalah untuk memberikan kontribusi dalam pengambilan keputusan manajemen dalam upaya peningkatan kinerja (performance improvement) baik dalam bentuk regulasi, distribusi dan alokasi sumberdaya yang dimiliki Kantor Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Bojonegoro.

Evaluasi terhadap capaian kinerja ditujukan untuk :

  1. Memberikan informasi capaian kinerja Kantor Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Bojonegoro dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab yang diembannya;
  2. Memberikan bahan evaluasi sebagai masukan untuk peningkatan akuntabilitas Kantor Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Bojonegoro;
  3. Umpan balik bagi peningkatan kinerja Kantor Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Bojonegoro;
  4. Peningkatan kredibilitas terhadap pemberi wewenang.
  5. Mengetahui tingkat keberhasilan dan kegagalan dalam melaksanakan tugas, sehingga tugas-tugas pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan dapat dilaksanakan lebih efektif, efisien dan responsif.
  6. Pemberian reward yang selayaknya kepada aparat pemerintah daerah yang berprestasi.

Untuk mengantisipasi perkembangan yang sedang dan akan terjadi, maka faktor-faktor internal dan eksternal telah dipertimbangkan untuk mengantisipasi perkembangan yang begitu cepat. Perubahan lingkungan strategis baik dari internal, regional, nasional maupun Global memiliki andil dalam proses pencapaian tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan, dengan demikian untuk meningkatkan kinerja Kantor Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Bojonegoro harus dengan mempertimbangkan faktor-faktor kelemahan (Weakness) dan memanfaatkan kekuatan (Strenght) dari faktor internal yang ada untuk dapatnya memanfaatkan peluang(Opportunity) dan dapat mengatasi ancaman(Threat) yang mungkin terjadi. Dengan demikian posisi Kantor Arsip dan Perpustakaan dalam mengkoordinasikan perumusan kebijakan di Pemerintah Kabupaten Bojonegoro dapat mengambil peran sesuai dengan hasil analisis baik dari lingkungan internal maupun eksternal.

 

  1. C.    LANDASAN HUKUM

Dalam menyusun Laporan Kinerja Kantor Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Bojonegoro memperhatikan berbagai peraturan perundang – undangan antara lain :

  1. Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 1999 tentang Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah;
  2. Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2004 tentang Percepatan Pemberantasan Korupsi;
  3. Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 09/M.PAN/05/2007 tentang Pedoman Penyusunan Indikator Kinerja Utama di lingkungan Instansi Pemerintah;
  4. Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 20/M.PAN/11/2008 tentang Petunjuk Penyusunan Indikator Kinerja Utama;
  5. Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 29 Tahun 2010 Pedoman Penyusunan Penetapan Kinerja dan Pelaporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah
  6. Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 29 Tahun 2014 tentang Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah;
  7. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 53 Tahun 2014 tentang Peyunjuk Teknis Perjanjian Kinerja, Pelaporan Kinerja dan Tata Cara Reviu atas Laporan Kinerja Instansi Pemerintah

 

 

  1. D.    SISTEMATIKA

Laporan Akuntabilitas Kinerja ini disusun dengan sistematika sebagai berikut :

Executive summary (Ikhtisar Eksekutif)

Daftar Isi

Daftar tabel

Bab I       Pendahuluan

Dalam bab ini diuraikan mengenai Latar Belakang, Maksud dan Tujuan, Landasan Hukum, Sistematika, Struktur Organisasi, Tugas Pokok dan Fungsi, Kondisi Pegawai dan Sarana prasarana

Bab II      PerencanaanStrategis

Bab ini berisi gambaran umum uraian Rencana Strategis yang menjabarkan Visi, Misi dan Tujuan serta Rencana Kerja Kantor Arsip dan Perpustakaan Tahun 2016, serta Penetapan Kinerja Tahun 2016 yang memuat program, kegiatan dan target capaian dalam upaya pencapaian Sasaran Strategis Kantor Arsip dan Perpustakaan.

Bab III     AkuntabilitasKinerja.

Bab ini berisi uraian pengukuran kinerja dan Analisis atas capaian, Indikator Kinerja Utama yang tercantum dalam Renstra Kantor Arsip dan Perpustakaan. Selain itu disajikan pula akuntabilitas keuangan yang menggambarkan realisasi anggaran dalam mendukung pelaksanaan kegiatan tahun 2016terkait dengan tugas pokok dan tugas-tugas strategis lainnya.

Bab IV     Penutup

            Bab ini berisi ringkasan dari tinjauan pelaksanaan kegiatan dan kinerja Kantor Arsip dan Perpustakaan Tahun 2016 yang dirangkum ke dalam kesimpulan terhadap Akuntabilitas Kinerja serta Rencana Tindak Lanjutnya.

Lapiran-lampiran

                 Lampiran Renstra

                 Lampiran Penetapan Kinerja

                 Lampiran Pengukuran Kinerja

 

 

 

 

  1. E.     STRUKTUR ORGANISASI

Struktur Organisasi Kantor Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Bojonegoro mengacu pada            Peraturan Daerah Kabupaten Bojonegoro Nomor 9 Tahun 2011 tentang perubahan kedua atas Peraturan Daerah Kabupaten Bojonegoro Nomor 8 Tahun 2008tentangOrganisasidan Tata Kerja Inspektorat, Bappeda dan Lembaga Teknis Daerah Kabupaten Bojonegoro sebagai pelaksanaan dari Peraturan Pemerintah Nomor 41 Tahun 2007 tentang Organisasi Perangkat Daerah :

Kantor Arsip dan Perpustakaan terdiri dari:

  1. Kepala Kantor;
  2. Sub Bagian Tata Usaha;
  3. Seksi Pengumpulan, Pengolahan dan Penyimpanan;
  4. Seksi Penilaian dan Penyusutan;
  5. Seksi Perpustakaan;
  6. Kelompok Jabatan Fungsional

Sedangkan Bagan Struktur Organisasi Sekretariat Daerah Kabupaten Bojonegoro adalah sebagaimana disajikan dalam bagan 1.1.sebagai berikut:

 

Gambar 1.1. Bagan Struktur Organisasi Kantor Arsip dan Perpustakaan

 

 = GARIS KOMANDO

 

= GARIS KOORDINASI ADMINISTRATIF

 

 

 

Kabupaten Bojonegoro

 

 

 

KEPALA KANTOR

           

 

 

 

Lampiran I    : PERATURAN DAERAH KABUPATEN BOJONEGORO

                        NOMOR      :     9 TAHUN 2011

                       

KEPALA               SUB BAGIAN   TATA USAHA

KELOMPOK JABATAN FUNGSIONAL

KASI 

PENILAIAN DAN PENYUSUTAN

KASI PENGUMPULAN, PENGOLAHAN & PENYIMPANAN

 

KASI PERPUSTAKAAN

 

 

 

 

 

 

 

 

 


  1. F.      TUGAS POKOK DAN FUNGSI

Kedudukan Kantor Arsip dan Perpustakaan sebagai Perangkat Daerah diatur dengan Peraturan Daerah Kabupaten Bojonegoro Nomor 9 Tahun 2011 tentang perubahan kedua atas Peraturan Daerah Kabupaten Bojonegoro Nomor 8 Tahun 2008 tentang Organisasi dan Tata Kerja Inspektorat, Bappeda dan Lembaga Teknis Daerah Kabupaten Bojonegoro,yang selanjutnya dalam pelaksanaan tugas diatur dalam Peraturan Bupati Bojonegoro Nomor 40 Tahun 2013 tentang perubahan ke 3 atas Peraturan Bupati No. 5 Tahun 2009  tentang Tugas, Pokok dan Fungsi Inspektorat, Bappeda dan Lermbaga Teknis Daerah Kabupaten Bojonegoro. Adapun selengkapnya tentang Tugas Pokok dan Fungsi Kantor Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Bojonegoro adalah :

  1. 1.     KEPALA KANTOR ARSIP DAN PERPUSTAKAAN

1)            Kepala Kantor Arsip dan Perpustakaan bertanggungjawab kepada Bupati melalui Sekretaris Daerah;

2)            Kepala Kantor Arsip dan Perpustakaan mempunyai tugas memimpin Kantor Arsip dan Perpustakaan dalam melaksanakan penyusunan dan pelaksanaan kebijakan daerah di bidang Arsip dan Perpustakaan;

3)            Kepala Kantor Arsip dan Perpustakaan, mempunyai fungsi :

  1. Pelaksanaan Perumusan kebijakan teknis di bidang Arsip dan Perpustakaan;
  2. Pemberian dukungan atas penyelenggaraan Pemerintah Daerah di bidang Arsip dan Perpustakaan;
  3. Pembinaan dan pelaksanaan tugas di bidang Arsip dan Perpustakaan;
  4. Pelaksanaan fungsi-fungsi lain yang diberikan oleh Bupati sesuai bidang tugsnya.

 

 

 

 

  1. 2.     Kepala Sub Bagian Tata Usaha

1)            Kepala Sub Bagian Tata Usaha mempunyai tugas melaksanakan pengelolaan administrasi umum, kepegawaian, keuangan, perlengkapan, kerumahtanggan, hukum, kelembagaan serta tugas-tugas hubungan masyarakat dan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Kantor Arsip dan Perpustakaan.

2)            Untuk menyelenggarakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat 1), Kepala Sub Bagian Tata Usaha mempunyai fungsi :

  1. Pengelolaan urusan rumahtangga, perlengkapan, surat-menyurat dan kearsipan serta pengelolaan perbaikan dan perawatan sarana dan prasarana kantor;
  2. Melaksanakan urusan kepegawaian dan upaya peningkatan kemampuan serta kesejahteraan pegawai;
  3. Pengelolaan Tata Usaha Keuangan, anggaran rutin dan anggaran pembangunan, laporan pertanggungjawaban serta pembayaran gaji dan pembayaran lainnya;
  4. Pengkoordinasian penyusunan program dan akuntabilitas laporan;
  5. Pemeliharaan kebersihan kantor, tugas keprotokolan dan perjalanan dinas;
  6. Penganalisaan, perumusan produk hukum dan perundang-undangan;
  7. Pelaksanaan tugas-tugas hubungan masyarakat;
  8. Pelaksanaan pelayanan teknis administratif kepada  Kepala Kantor dan semua unit organisasi dilingkungan Kantor Arsip dan Perpustakaan;
  9. Pelaksanaan fungsi-fungsi lain yang diberikan oleh Kepala Kantor sesuai bidang tugasnya.
  10. 3.     Kepala Seksi Pengumpulan, Pengolahan dan Penyimpanan

1)            Kepala Seksi Pengumpulan, Pengolahan dan Penyimpanan mempunyai tugas melaksanakan penyelenggaraan kearsipan yang meliputi kegiatan penerimaan, pengumpulan, pendataan, penataan, pengolahan dan pengembangan kearsipan

2)            Untuk menyelenggarakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat 1), kepada seksi Pengumpulan, Pengolahan dan Penyimpanan mempunyai fungsi :

 

  1. Penyusunan rencana kegiatan dalam rangka pengelolaan kearsipan;
  2. Pelaksanaan pendataan, penerimaan dan pengumpulan arsip inaktif;
  3. Pelaksanaan penyusunan rencana dan program pengolahan kearsipan;
  4. Pelaksanaan pengolahan data arsip;
  5. Pelaksanaan perencanaan dan penyusunan kegiatan pembinaan atau bimbingan kearsipan pada unit kerja/lembaga (Badan, Kantor, Dinas, Desa/Kelurahan), untuk arsiparis dilingkungan Pemerintah Kabupaten;
  6. Pelaksanaan fungsi-fungsi lain yang diberikan oleh Kepala Kantor sesuai bidang tugasnya.
  7. 4.     Kepala Seksi Penilaian dan Penyusutan

1)            Kepala Seksi Penilaian dan Penyusutan mempunyai tugas melaksanakan penyelenggaraan kearsipan yang meliputi kegiatan perencanaan dan pelaksanaan, penelitian/survey, penilaian, evaluasi, pemindahan dan penyusutan serta pemusnahan arsip.

2)            Untuk menyelenggarakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat 1), Kepala Seksi Penilaian dan Penyusutan mempunyai fungsi :

  1. Pembuatan perencanaan penelitian/survey dan pengkajian arsip yang diperoleh dari unit kerja/lembaga di lingkungan Pemerintah Kabupaten;
  2. Pelaksanaan penelitian/surveyang ada di unit kerja/lembaga di lingkungan Pemerintah Kabupaten;
  3. Penyusunan rencana pemindahan arsip;
  4. Pelaksanaan pertelaan, retensi dan penilaian arsip;
  5. Pelaksanaan fungsi-fungsi lain yang diberikan oleh Kepala Kantor sesuai bidang tugasnya.

 

 

  1. 5.     Kepala Seksi Perpustakaan

1)            Kepala Seksi Perpustakaan mempunyai tugas pengelolaan pelayanan, pengembangan dan pembinaan penyelenggaraan pemerintah daerah kabupaten di bidang perpustakaan.

2)            Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat 1), Kepala seksi Perpustakaan mempunyai fungsi :

  1. Perumusan kebijakan teknis dan inovatif dibidang Perpustakaan;
  2. Pelayanan penunjang penyelenggaraan Pemerintahan Kabupaten di bidang Perpustakaan;
  3. Pengumpulan, pengadaan, pengelolaan, penyimpanan, perawatan dan penyajian bahan pustaka;
  4. Pelaksanaan pembinaan perpustakaan di wilayah kabupaten;
  5. Pelaksanaan  penyusunan bibliografi, abstrak dan literatur sekunder;
  6. Pelaksanaan fungsi-fungsi lain yang diberikan oleh Kepala Kantor sesuai bidang tugasnya.

 

  1. G.    KONDISI PEGAWAI
  2. 1.  SUMBER DAYA SKPD

                                  Untuk melaksanakan Tugas Pokok dan Fungsi tersebut Kantor Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Bojonegoro memiliki sumberdaya, sarana dan prasarana sebagai berikut:

 

  1. Sumber Daya Manusia
  2. Komposisi Pegawai.

              Secara keseluruhan jumlah personil di lingkungan Kantor Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Bojonegoro pada Tahun 2016 adalah sebanyak 21 (dua puluh satu) orang.

Tabel1.1 berikut ini menggambarkan komposisi pegawai di lingkungan Kantor Arsip dan Perpustakaan :

 

 

Tabel1.1

Komposisi Pegawai Kantor Arsip dan Perpustakaan

 Kabupaten Bojonegoro

 

No

Unit Kerja

PNS

Honorer

Jumlah

1

2

3

4

5

1

Kepala Kantor

1

-

1

2

Kepala Sub Bagian Tata Usaha

1

-

1

3

Kepala seksi

3

-

3

4

Staf

15

-

15

5

Tenaga Non PNS

-

6

6

Jumlah

20

6

26

Data Kepegawaian Kantor Arsip dan Perpustakaan per 31 Desember 2016

 

Komposisi pegawai selain yang tersebut di atas dapat dilihat dari :

a. Pegawai Menurut Status, Pangkat dan Golongan

Secara lengkap gambaran tentang kepegawaian dilingkungan Kantor Arsip dan Perpustakaan menurut status, pangkat dan golongan adalah sebagaimana ditunjukan pada tabel sebagai berikut :


 

Tabel1.2

JumlahPegawaiMenurut Status, PangkatdanGolongan

 

NO

Status  Kepegawaian

Pangkat

Gol /  Ruang

Jumlah

Keterangan

1

Kepala

Pembina  Tk.I

IV/b

1

 
 

Kasub Bag Tata Usaha

Penata Tk.I

III/d

1

 
 

Kasi Penilaian dan Penyusutan

Penata Tk.I

III/d

1

 
 

Kasi Perpustakaan

Penata Tk.I

III/d

1

 

 

Kasi Pengumpulan, Pengolahan dan Penyimpanan

Penata Tk.I

III/d

1

 

 

Staf

PenataTk.I

III/d

1

 

 

Staf

Penata

III/c

1

 
 

Staf

Penata Muda Tk.I

III/b

4

 
 

Staf

Pengatur Tk. I

II/d

3

 
 

Staf

Pengatur

II/c

3

 
 

Staf

PengaturMuda

II/a

1

 
 

Staf

Juru Tingkat I

I/d

1

 
 

Staf

Juru

I/c

1

 

 

 

Total

20

 

Data Kepegawaian Kantor Arsip dan Perpustakaan per 31 Desember 2016

 

  1. Pegawai Menurut Tingkat Pendidikan

Berdasarkan tingkat pendidikan, komposisi pegawai di lingkungan Kantor Arsip dan Perpustakaan, dapat disebutkan sebagai berikut :

Pegawai Negeri Sipil terdiri dari :

 

 

 

 

 

Tabel1.3.

Jumlah Pegawai Menurut Status dan Tingkat Pendidikan

 

NO

Status  Kepegawaian

Pendidikan

Konposisi Pegawai

%

Laki-Laki

Perempuan

Jumlah

 

Kepala

Strata 2

1

 

1

4,76

 

Kasub Bag Tata Usaha

Strata 2

1

 

1

4,76

 

Kasi Penilaian dan Penyusutan

Strata 2

1

 

1

4,76

 

Kasi Perpustakaan

Strata 1

1

 

1

4,76

 

Kasi Pengumpulan, Pengolahan dan Penyimpanan

SMA/sederajat

 

1

1

4,76

 

Staf

Strata 1

2

2

4

19,05

 

Staf

SMA/sederajat

5

3

8

42,86

 

Staf

SMP/sederajat

1

 

1

4,76

 

Staf

SD / sederajat

2

 

2

9,52

Total

 

14

6

20

100,00

Data KepegawaianKantor Arsip dan Perpustakaan per 31 Desember 2016

 

  1. H.        SARANA DAN PRASARANA

 

Dalam pelaksanaan program kegiatan perluadanya sarana dan prasarana pendukung yang akan menunjang kelancaran dan keberhasilan pencapaian suatu tujuan. Pada tabel berikut ini digambarkan keberadaan peralatan dan perlengkapan yang dikelola oleh Kantor Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Bojonegoro dalam mendukung tugas pokok dan fungsi organisasi :

 


 

Tabel1.4.

 

DAFTAR PERLENGKAPAN

 

No

NamaBarang

Jumlah

JumlahHarga  (DlmRibuan)  Rupiah

1

Tanah

966 m persegi

550.000.000

2

BangunanGedung

1057 m persegi

886.196.423

3

Alatangkutan  - Mobil  - Motor

3 Mobil 15 Motor

499.228.000

4

Alat Bengkel dan Alat Ukur

17 item

105.700.000

5

Alat Pertanian

20 item

9.490.000

6

Alat  Kantor  danRumahTangga

364 item

776.772.348

7

Alat Studio / Komunikasi

9buah

55.345.000

8

Alat Laboraturium

31 buah

42.265.000

9

Buku / Perpustakaan

23.169buah

1.793.215.939

Total

4.718.212.710

 

Data dariKantor Arsip dan Perpustakaan per 31 Desember 2016

 

Jumlah Koleksi buku Perpustakaan Umum Kantor Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Bojonegoro sampai dengan akhir tahun 2016 adalah sebanyak 33.626 eksemplar yang terdiri dari 9.167 judul, dengan rincian sebagai berikut :

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tabel 1.5

Koleksi yang tersedia di Perpustakaan Kantor Arsip dan Perpustakaan

 

 

No

 

Jenis Buku

Satuan/eks

1

Karya umum

1.134

2

Filsafat

1.017

3

Agama

2.889

4

Ilmu Pengetahuan Sosial dan Politik

4.128

5

Bahasa

538

6

Ilmu Pengetahuan Murni

1.133

7

Ilmu Kesehatan dan Teknologi

4.419

8

Kesenian dan Olah Raga

882

9

Kesusastraan

1.530

10

Biografi dan Sejarah

943

11

Fiksi

778

12

Referensi

483

Jumlah

19.874

Data dariKantor Arsip dan Perpustakaan per 31 Desember 2016

 

 

Sedangkan khasanah arsip yang tersimpan di Kantor Arsip terdiri dari :

 

Tabel 1.6

Arsip inaktif SKPD berdasarkan SOTK

 

No

SKPD Asal Arsip

Jumlah Boks

Jumlah Berkas

1

Wakil Bupati

4

243

2

Sekretariat Daerah

57

686

3

Asisten I, II, III

29

587

6

Bagian dari Sekretariat Daerah

37

254

7

Dinas

420

4.796

8

Badan

478

9.718

9

Kantor

6

160

12

Inspektorat

59

244

17

Panwaslu 2007

12

25

Jumlah

1.098

16.660

Data dariKantor Arsip dan Perpustakaan per 31 Desember 2016

 

 

 

BAB II

RENCANA STRATEGIS

 

  1. A.     GAMBARAN UMUM PERENCANAAN STRATEGIS TAHUN 2013-2018

Dinamika perubahan penyelenggaraan pemerintahan yang menyeluruh, disebabkan berbagai pengaruh baik internal, eksternal lokal, regional maupun global. Menimbulkan dampak tuntutan positif terhadap aksi dan reaksi pemerintah sebagai bentuk responsibilitas pemerintahan untuk memenuhi tuntutan dan desakan kearah penyelenggaraan pemerintahan lebih baik. Resposibilitas pemerintahan terhadap tuntutan dan desakan perubahan perlu dikoordinasikan, diarahkan dengan tepat dalam kebijakan-kebijakan daerah yang terintegrasi mulai perumusan, pelaksanaan sampai dengan evaluasi dan pelaporan, sehingga perubahan dapat terjadi secara terarah dan efektif mendorong terwujudnya Visi Kabupaten Bojonegoro “ Terwujudnya Pondasi Bojonegoro Sebagai Lumbung Pangan dan Lumbung Energi Negeri yang Produktif, Berdaya Saing, Adil, Sejahtera, Bahagia dan Berkelanjutan”

Reformasi Birokrasi untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik, serta GDSC untuk mewujudkan kreativitas masyarakat berperilaku mandiri dan berkreasi merupakan isu sentral dalam perencanaan strategis Kantor Arsip dan Perpustakaan, hal ini sesuai dengan tugas pokok dan fungsi Kantor Arsip dan Perpustakaan sebagai pelaksana perumusan kebijakan teknis di bidang arsip dan perpustakaan, pemberian dukungan atas penyelenggaraan Pemerintahan Daerah di bidang arsip dan perpustakaan serta pembinaan dan pelaksanaan tugas di bidang arsip dan perpustakaan.

Selaku motor penggerak di dalam pengembangan minat baca di Kabupaten Bojonegoro tentunya Kantor Arsip dan Perpustakaan sinergitas  bersama-sama dengan SKPD yang terkait guna untuk mewujudkan wong Bojonegoro yang sehat, produktif, cerdas bahagia sesuai program GDSC. Sinergitas ini meliputi perumusan kegiatan yang dapat langsung dapat dinikmati manfaat kepada masyarakat.

Serta pengendalian dan evaluasi pelaksanaan sampai dengan pelaporan yang akuntabel dan target kinerja yang terpogram, yang pada gilirannya secara

 terus menerus dapat terkoreksi dan mendorong terciptanya perbaikan dan peningkatan kualitas pelayanan.

 

  1. 1.  Visi

Berdasarkan kondisi, potensi, permasalahan, peluang dan dinamika pemerintahan serta dengan memperhatikan nilai-nilai yang terkandung dalam Visi Kabupaten Bojonegoro, maka Visi Kantor Arsip dan Perpustakaan adalah: “Terwujudnya Arsip dan Perpustakaan Sebagai Sumber Informasi, Pengembangan Kreativitas, dan Rekreasi Edukatif”

Visi Kantor Arsip dan Perpustakaan mengarah pada perwujudan tatanan penyelenggaraan pemerintah dengan kualitas dan kuantitas yang mampu melaksanakan reformasi birokrasi – modal sosial dan mampu merespon, memfasilitasi dan memenuhi berbagai tuntutan kebutuhan masyarakat dan peningkatan kualitas dan kuantitas penyelenggaraan pemerintah serta pelayanan kepada masyarakat.

 

  1. 2.  Misi

Untuk mewujudkan Visi yang telah ditetapkan, Kantor Arsip dan Perpustakaan haruslah mempunyai Misi yang jelas. Misi adalah sesuatu yang harus diemban atau dilaksanakan agar tujuan organisasi terlaksana dengan baik. Pernyataan Misi membawa organisasi Pemerintahan kepada satu fokus sekaligus merupakan tonggak dari perencanaan strategis dan sebagai langkah aksi (action plan) perwujudan cita-cita yang merupakan landasan kerja yang harus diikuti. Berdasarkan Visi Kantor Arsip dan Perpustakaan maka ditetapkan Misi sebagai berikut :

            1.       Meningkatkan profesionalisme aparatur dan tata kearsipan guna mendukung kelancaran pelayanan publik;                          

            2.       Mengamankan arsip sebagai sumber informasi dan bukti autentik;

            3.       Mewujudkan perpustakaan sebagai sumber belajar dan pengembangan kreativitas melalui penyediaan sarana informasi;

            4.       Mewujudkan perpustakaan sebagai tempat rekreasi edukatif melalui kegiatan pengembangan ekonomi masyarakat.

 

  1. B.    TUJUAN DAN SASARAN STRATEGIS

Sebagaimana Visi, Misi yang telah ditetapkan dan untuk keberhasilan pencapaian visi misi tersebut, perlu ditetapkan tujuan Kantor Arsip dan Perpustakaan yang ditempuh melalui penetapan beberapa sasaran yang satu dengan lainnya saling berhubungan. Hubungan Misi, Tujuan dan Sasaran Kantor Arsip dan Perpustakaan adalah sebagai berikut :

Misi 1

 

 

Tujuan

 

 

Sasaran

 

 

 

 

Misi 2

 

 

Tujuan

 

 

Sasaran

 

 

Misi 3

 

 

 

Tujuan

 

 

Sasaran

 

Misi 4

 

 

 

Tujuan

 

 

Sasaran

:

 

 

:

 

 

:

 

 

 

 

:

 

 

:

 

 

:

 

 

:

 

 

 

:

 

 

:

 

:

 

 

 

:

 

 

:

Meningkatnya profesionalisme aparatur dan tata kearsipan guna mendukung kelancaran pelayanan publik

 

Meningkatnya kesadaran dan pemahaman aparatur diseluruh satuan kerja dibidang pengelolaan arsip

 

  1. Meningkatnya sistem administrasi pendukung dan kearsipan yang efektif dan efisien;
  2. Meningkatknya SDM aparatur yang mempunyai kompetensi di bidang kearsipan

 

Mengamankan arsip sebagai sumber informasi dan bukti autentik

 

Terwujudnya pengelolaan dan penyimpanan dokumen / arsip daerah yang sistematis

 

Meningkatnya penyelamatan dan pelestarian dokumen / arsip daerah

 

Mewujudkan perpustakaan sebagai sumber belajar dan pengembangan kreativitas melalui penyediaan sarana informasi

 

Meningkatnya manajemen pengelolaan perpustakaan guna memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat

 

Meningkatnya perluasan dan kualitas layanan perpustakaan

 

Mewujudkan perpustakaan  sebagai tempat rekreasi edukatif melalui kegiatan pengembangan ekonomi masyarakat

 

Pembudayaan gemar membaca untuk menumbuhkembangkan kreativitas masyarakat (perilaku masndiri) dan berkreasi

 

Meningkatnya pembinaan perpustakaan dan minat baca masyarakat

 

 

  1. C.    KEBIJAKAN STRATEGIS

Kebijakan merupakan arah/tindakan yang harus dipedomani SKPD dalam melaksanakan strategi mencapai tujuan Renstra SKPD. Kebijakan adalah pedoman yang wajib dipatuhi dalam melakukan tindakan untuk melaksanakan strategi yang dipilih, agar lebih terarah dalam mencapai tujuan dan sasaran.

Kebijakan merupakan cara untuk mencapai sasaran, arah/tindakan yang diambil oleh Pemerintah Kabupaten Bojonegoro untuk menentukan bentuk konfigurasi program dan kegiatan dalam mencapai tujuan. Kebijakan merupakan kumpulan keputusan-keputusan pimpinan yang menentukan secara teliti tentang bagaimana strategi akan dilaksanakan atau dengan kata lain kebijakan merupakan pedoman pelaksanaan tindakan atau kegiatan tertentu. Kebijakan mengatur suatu mekanisme tindakan lanjutan untuk pelaksanaan pencapaian tujuan dan sasaran.

Kebijakan pada dasarnya merupakan ketentuan-ketentuan yang telah ditetapkan oleh yang berwenang untuk dijadikan pedoman, pegangan atau petunjuk dalam pengembangan ataupun pelaksanaan program/kegiatan guna tercapainya kelancaran dan keterpaduan dalam perwujudan sasaran, tujuan serta visi dan misi instansi pemerintah.

Adapun kebijakan yang ditetapkan dalam RPJMD Kabupaten Bojonegoro Tahun 2013-2018 sesuai tugas dan fungsi Kantor Arsip dan Perpustakaan adalah sebagai berikut :

  1. Kebijakan umum untuk strategi reformasi birokrasi :
  2. Perencanaan pengembangan tata kelola kepemerintahan daerah yang efektif
  3. Pelaksanaan Bimbingan Teknis pengelolaan aparatur yang profesional di bidang kearsipan

 

Kebijakan yang ditetapkan Kantor Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Bojonegoro pada tahun 2013-2018 adalah :

  1. Pengelolaan kearsipan berbasis TI dengan aplikasi yang mudah, cepat dan efektif
  2. Meningkatkan SDM pengelolaan arsip yang telah ditetapkan sebagai pengarah dan pengelola kearsipan di SKPD
  3. Melaksanakan penyelamatan dan pelestarian dokumen sesuai dengan standar kearsipan
  4. Penyimpanan dokumen kearsipan yang akuntabel

 

  1. Kebijakan umum untuk strategi Gerakan Desa Sehat dan Cerdas :
    1. Pengembangan kualitas hidup masyarakat
    2.  

Kebijakan yang ditetapkan Kantor Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Bojonegoro pada tahun 2013-2018 adalah :

  1. Melaksanakan pengadaan buku disesuaikan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan keinginan pengunjung
  2. Pembentukan perpustakaan desa dengan SDM yang mumpuni
  3. Melaksanakan bimbingan teknis untuk peningkatan pengelolaan perpustakaan
  4. Melaksanakan pelayanan sesuai standar minimal pelayanan perpustakaan

 

 

 

 

 

  1. D.    PERJANIAN  KINERJA TAHUN 2016

 

Tabel 2.2

Penentapan Kinerja Tahun 2016

 

 

 

Sasaran Strategis

Indikator Kinerja

Target

Program/Kegiatan

Anggaran

1

2

3

4

5

Meningkatnya sistem administrasi pendukung dan kearsipan yang efektif dan efisien

Persentase peningkatan SKPD yang menerapkan arsip secara baku

52,11%

Program :

Perbaikan Sistem Administrasi Kearsipan

Kegiatan :

Pengumpulan data

 

7.630.000

Meningkatnya SDM aparatur yang mempunyai kompetensi di bidang kearsipan

Persentase jumlah SDM pengelola kearsipan

53,00%

Program :

Peningkatan Kapasitas Sumber daya Aparatur

Kegiatan :

Bimbingan Teknis Implementasi peraturan perundang-undangan

25.750.000

Meningkatnya penyelamatan dan pelestarian dokumen/arsip daerah

Persentase arsip SKPD tertata dan terawat dari hama

52,11%

Program :

Pemeliharaan rutin/berkala sarana dan prasarana kearsipan

Kegiatan :

Pemeliharaan rutin/berkala arsip daerah

20.522.000

Persentase arsip SKPD tersimpan dalam bentuk CD

18,31%

Program :

Penyelamatan dan pelestarian dokumen / arsip daerah

Kegiatan :

Pendataan dan penataan dokumen / arsip daerah

 

50.407.600

Program :

Perbaikan Sistem Administrasi Kearsipan

Kegiatan :

Pengadaan sarana penyimpanan

0

 

 

1

2

3

4

5

Meningkatnya perluasan dan kualitas layanan perpustakaan

Persentase kepuasan pengunjung

3,38%

Program :

Pengembangan Budaya Baca dan Pem binaan Perpustakaan

Kegiatan :

Pemasyarakatan minat dan kebiasaan membaca untuk mendorong terwujud nya masyarakat pembelajar

 

0

Kegiatan :

Pengembangan Minat dan Budaya Baca

129.288.000

Kegiatan :

Publikasi dan Sosialisasi minat dan budaya baca

0

Meningkatnya pembinaan perpustakaan dan minat baca masyarakat

Persentase peningkatan buku perpustakaan umum daerah

30,74%

Program :

Pengembangan Budaya Baca dan Pembinaan Perpustakaan

Kegiatan :

Penyediaan bahan pustaka perpustakaan umum daerah

 

13.410.000

Persentase jumlah perpustakaan desa terbentuk

43,72%

Program :

Pelayanan Administrasi Perkantoran

Kegiatan :

Penyediaan bahan bacaan dan peraturan perundang-undangan

 

147.350.000

Persentase jumlah SDM pengelola perpustakaan

8,94%

Program :

Pengembangan Budaya Baca dan Pembinaan Perpustakaan

Kegiatan :

Supervisi, pembinaan dan stimulasi pada perpustakaan umum, perpustakaan khusus, perpustakaan sekolah dan perpustakaan masyarakat

 

22.292.000          

 

 

 

  1. E.     ALOKASI ANGGARAN KANTOR ARSIP DAN PERPUSTAKAAN

                 Dukungan alokasi anggran pembiayaan dalam upaya pencapaian kinerja, tujuan dan sasaran rencana kerja Kantor Arsip dan Perpustakaan Tahun 2016, sebagai berikut :

 

Tabel 2.3.

Alokasi Anggaran

 

No

Program Kegiatan

Jumlah (Rp)

1

Program Pelayanan Administrasi Perkantoran

363.792.088

2

Program Peningkatan Sarana dan Prasarana Aparatur

149.762.500

3

Program peningkatan disiplin aparatur

6.000.000

4

Program Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Aparatur

25.750.000

5

Program Perbaikan Sistem Administrasi Kearsipan

7.630.000

6

Program Penyelamatan dan pelestarian dokumen/arsip daerah

50.407.600

7

Program pemeliharaan rutin/berkala sarana dan prasarana kearsipan

20.522.000

8

Program pengembangan budaya baca dan pembinaan perpustakaan

164.990.000

 

BAB III

AKUNTABILITAS KINERJA

 

Format Laporan Kinerja Instansi Kantor Arsip dan PerpustakaanKabupaten BojonegoroTahun 2016tidak terlepas dari rangkaian mekanisme fungsi perencanaan yang sudah berjalan mulai dari Perencanaan Strategis (RPJMD) dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) ataupun Rencana Kinerja Tahunan (RKT), dan Penetapan Kinerja (PK) Pemerintah Kabupaten Bojonegoro, serta tidak terlepas dari pelaksanaan pembangunan itu sendiri sebagai fungsi Actuating dari berbagai piranti perencanaan yang sudah dibuat tersebut, hingga kemudian sampailah pada saat pertanggung jawaban pelaksanaan pembangunan yang mengerahkan seluruh sumber daya manajemen pendukungnya.

Pertanggungjawaban kinerja pelaksanaan pembangunan sifatnya terukur, terdapat standar pengukuran antara yang diukur dengan piranti pengukurannya.Pertanggung jawaban pengukuran yang diukur adalah kegiatan, program, dan sasaran, yang prosesnya adalah sejauh mana kegiatan, program dan sasaran dilaksanakan tidak salah arah dengan berbagai piranti perencanaan yang telah dibuat.

Adapun pengukuran Kinerja dilakukan dengan cara membandingkan target setiap Indikator Kinerja Sasaran dengan realisasinya. Setelah dilakukan penghitungan akan diketahui selisih atau celah Kinerja (performance gap). Selanjutnya berdasarkan selisih Kinerja tersebut dilakukan evaluasi guna mendapatkan strategi yang tepat untuk peningkatan Kinerja dimasa yang akan datang (performance improvement).

Dalam memberikan penilaian tingkat Capaian Kinerja setiap sasaran menggunakan skala pengukuran 4 (empat) katagori sebagai berikut :

 

 

Tabel 3.1.  Skala Pengukuran Capaian Sasaran Kinerja Tahun 2016

 

Terdapat dua jenis skala penilaian pengukuran :

Bilamana Indikator Sasaran mempunyai makna progres positif, maka skala yang digunakan sebagai berikut :

 

Skor

Rentang Capaian

Kategori Capaian

4

Antara 96 sampai 100    

Sangat berhasil

3

76 % sampai 95 %

Berhasil

2

56 % sampai 75 %

Cukup berhasil

1

Kurang dari 55 %

Kurang/tidak berhasil

Sebaliknya bilamana Indikator Sasaran mempunyai makna progres negatif, maka skala yang digunakan sebagai berikut :

Skor

Rentang Capaian

Kategori Capaian

1

Antara 91 sampai 100

Kurang

2

76 % sampai 90 %

Cukup

3

56 % sampai 75 %

Berhasil

4

Kurang dari 55 %

Sangat Berhasil

 

  1. A.        CAPAIAN KINERJA ORGANISASI (SKPD)

Pengukuran kinerja Kantor Arsip dan PerpustakaanKabupaten Bojonegoro tahun 2016menggunakan metode yang diatur dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 53 Tahun 2014 tentang Petunjuk Teknis Perjanjian Kinerja, Pelaporan Kinerja dan Tata Cara Reviu atas Laporan Kinerja Instansi Pemerintah

Hasil pengukuran kinerja beserta evaluasi setiap tujuan dan sasaran Kantor Arsip dan PerpustakaanKabupaten Bojonegoro tahun 2016 disajikan sebagai berikut:

  1. 1.  Meningkatkan profesionalisme aparatur dan tata kearsipan guna mendukung kelancaran pelayanan publik
  • Misi 1 Tujuan 1:

Meningkatnya kesadaran dan pemahaman aparatur diseluruh satuan kerja dibidang pengelolaan arsip, secara nyata dijabarkan dalam 2 (dua) sasaran dan 2(dua) indikator dengan penjelasan sebagai berikut:

 

 

  1. a.     Sasaran 1

Meningkatnya sistem administrasi pendukung dan kearsipan yang efektif dan efisien

Indikator kinerja, target dan reaslisasi dari sasaran ini disajikandalam Tabel 3.2 sebagai berikut :

TABEL  3.2.

Misi 1 Tujuan 1 Sasaran 1

 

Sasaran

Indikator/satuan

Formula/

Penjelasan

Real 2015

Targt2016

Real 2016

%    cap

Berhasil

Naik/ turun

Meningkatnya sistem administrasi pendukung dan kearsipan yang efektif dan efisien

Persentase peningkatan SKPD yang menerapkan arsip secara baku

Realisasi  / target x 100%

100

100

100

100

berhasil

tetap

 

Berdasarkan Hasil Pengukuran pada Tabel 3.2

  • Sasaran mewujudkan sistem administrasi penfdukung dan kearsipan yang efektif dan efisiendiukur melalui indikator Persentase ketepatan perumusan kebijakan bidang pemerintahantarget yang ditetapkan 100% tercapai  100% jadi dapat disimpulkan capaian dari sasaran tersebut berhasildan dibandingkan capaian tahun 2015tetap(Renstra misi 1.1.1)

Strategi yang dilaksanakan untuk capaian kinerja tersebut dilakukan denganProgram Perbaikan sistem administrasi kearsipan

Data penunjuang :

Target terkumpulnya/terkirimnya arsip inaktif dari 2 (dua)SKPDpada tahun 2016 tercapai sebagai berikut :

  1. Arsip inaktif dari Sekretariat Daerah
  2. Arsip inaktif dari RSUD Sosodoro Djatikoesoemo
  3. b.     Sasaran 2

Meningkatnya SDM aparatur yang mempunyai kompetensi di bidang kearsipan

Indikator kinerja, target dan reaslisasi dari sasaran ini disajikandalam Tabel 3.3 sebagai berikut :

 

TABEL  3.3.

Misi 1 Tujuan 1 Sasaran 2

 

Sasaran

Indikator/ satuan

Formula/

Penjelasan

Real 2015

Targt2016

Real 2016

%    cap

Berhasil

Naik/ turun

Meningkatnya SDM aparatur yang mempunyai kompetensi di bidang kearsipan

Persentase jumlah SDM pengelola kearsipan

Realisasi  / target x 100%

100

100

100

100

Berhasil

Naik

 

Berdasarkan Hasil Pengukuran pada Tabel 3.3

  • Sasaran mewujudkan SDM Aparatur yang mempunyai kompetensi di bidang kearsipandiukur melalui indikator Persentase ketepatan perumusan kebijakan bidang pemerintahantarget yang ditetapkan 100% tercapai  100% jadi dapat disimpulkan capaian dari sasaran tersebut berhasildan dibandingkan capaian tahun 2015naik (Renstra misi 1.1.2)

Strategi yang dilaksanakan untuk capaian kinerja tersebut dilakukan denganProgram Peningkatan Kapasitas Sumberdaya Aparatur

Keterangan : target terpenuhi

 

Data Penunjang :

Target Bimbingan Teknis pengelolaan kearsipan Pemerintahan desa dengan mengundang ke Kabupaten sebanyak 212 perangkat desa dari 7 Kecamatan (Temayang, Bubulan, Gondang, Purwosari, Kasiman, Sukosewu, Kepohbaru)

 

  1. 2.  Mengamankan arsip sebagai sumber informasi dan bukti autenti
  •  Misi 2 Tujuan 2 :

Terwujudnya pengelolaan dan penyimpanan dokumen / arsip daerah yang sistematis, secara nyata dijabarkan dalam 1 (satu) sasaran dan 2 (dua) indikator dengan penjelasan sebasgai berikut :

 

 

 

 

TABEL  3.4.

Misi 2 Tujuan 2Sasaran 1

 

Sasaran

Indikator/ satuan

Formula/

Penjelasan

Real 2015

Targt2016

Real 2016

%    cap

Berhasil

Naik/ turun

Meningkatnya penyelamatan dan pelestarian dokumen / arsip daerah

Persentase arsip SKPD tertata dan terawat dari hama

Realisasi  / target x 100%

100

100

100

100

Berhasil

Naik

Persentase arsip SKPD tersimpan dalam bentuk CD

Realisasi  / target x 100%

100

100

100

100

Berhasil

Naik

 

Berdasarkan Hasil Pengukuran pada Tabel 3.4

  • Sasaran mewujudkan penyelamatan dan pelestarian dokumen / arsip daerahdiukur melalui indikator Persentase ketepatan perumusan kebijakan bidang pemerintahantarget yang ditetapkan 100% tercapai  100% jadi dapat disimpulkan capaian dari sasaran tersebut berhasildan dibandingkan capaian tahun 2015naik (Renstra misi 1.1.2)

Strategi yang dilaksanakan untuk capaian kinerja tersebut dilakukan dengan

-        Program Penyelematan dan pelestarian dokumen / arsip daerah

-        Program Perbaikan sistem administrasi kearsipan

Keterangan : target terpenuhi

 

Data Penunjang :

Target pemeliharaan arsip dengan pengadaan kapur barus agar arsip terawat dari hama terpenuhi, dan penyimpanan arsip dalam bentuk CD direncanakan 13 SKPD tercapai 12 SKPD

 

  1. 3.  Mewujudkan perpustakaan sebagai sumber belajar dan pengembangan kreativitas melalui penyediaan sarana informasi
  •  Misi 3 Tujuan 3 :

Meningkatnya manajemen pengelolaan perpustakaan guna memberikan layanan terbaik bagi masyarakat, secara nyata dijabarkan dalam 1 (satu) sasaran dan 1 (satu) indikator dengan penjelasan sebagai berikut :

 

TABEL  3.5.

Misi 3 Tujuan 3Sasaran 1

 

Sasaran

Indikator/ satuan

Formula/

Penjelasan

Real 2015

Targt2016

Real 2016

%    cap

Berhasil

Naik/ turun

Meningkatnya perluasan dan kualitas layanan perpustakaan

Persentase kepuasan pengunjung

Realisasi  / target x 100%

100

100

100

100

Berhasil

Naik

 

Berdasarkan Hasil Pengukuran pada Tabel 3.5

  • Sasaran mewujudkan perluasan dan kualitas layanan perpustakaandiukur melalui indikator Persentase ketepatan perumusan kebijakan bidang pemerintahantarget yang ditetapkan 100% tercapai  100% jadi dapat disimpulkan capaian dari sasaran tersebut berhasildan dibandingkan capaian tahun 2015naik (Renstra misi 1.1.2)

Strategi yang dilaksanakan untuk capaian kinerja tersebut dilakukan dengan

Program Pengembangan Budaya Baca dan Pembinaan Perpustakaan

Keterangan : target terpenuhi

 

Data Penunjang :

Target layanan pengunjung perpustakaan umum daerah tahun 2016 : 41.076  sedang pengunjung sampai dengan 31 Desember 2016 tercapai 26.228

 

  1. 4.  Mewujudkan perpustakaan sebagai tempat rekreasi edukatif melalui kegiatan pengembangan ekonomi masyarakat
  •  Misi 4 Tujuan 4 :

Pembudayaan gemar membaca untuk menumbuhkembangkan kreativitas masyarakat (berperilaku mandiri) dalam berkreasi, secara nyata dijabarkan dalam 1 (satu) sasaran dan 3 (tiga) indikator dengan penjelasan sebagai berikut :

 

 

 

 

 

 

 

 

TABEL  3.6.

Misi 4 Tujuan 4Sasaran 1

 

Sasaran

Indikator/ satuan

Formula/

Penjelasan

Real 2015

Targt2016

Real 2016

%    cap

Berhasil

Naik/ turun

Meningkatnya pembinaan perpustakaan dan minat baca masyarakat

Persentase peningkatan buku perpustakaan umu  daerah

Realisasi  / target x 100%

100

100

100

100

Berhasil

Naik

Persentase jumlah perpustakaan desa terbentuk

Realisasi  / target x 100%

100

100

100

100

Berhasil

Naik

Persentase jumlah SDM pengelola perpustakaan

Realisasi  / target x 100%

100

100

100

100

Berhasil

Naik

 

Berdasarkan Hasil Pengukuran pada Tabel 3.6

  • Sasaran mewujudkan pembinaan perpustakaan dan minat baca masyarakatdiukur melalui indikator Persentase ketepatan perumusan kebijakan bidang pemerintahantarget yang ditetapkan 100% tercapai  100% jadi dapat disimpulkan capaian dari sasaran tersebut berhasildan dibandingkan capaian tahun 2015naik (Renstra misi 1.1.2)

Strategi yang dilaksanakan untuk capaian kinerja tersebut dilakukan dengan Program Pengembangan Budaya Baca dan Pembinaan Perpustakaan

Keterangan : target terpenuhi

Data Penunjang :

Target pengadaan buku / bahan pustaka tahun 2016 : 10.337 eksemplar

 

 

 

 

 

 

 

 

Berdasarkan Hasil Pengukuran pada Tabel 3.6

  • Sasaran mewujudkan pembinaan perpustakaan dan minat baca masyarakatdiukur melalui indikator Persentase ketepatan perumusan kebijakan bidang pemerintahantarget yang ditetapkan 100% tercapai  100% jadi dapat disimpulkan capaian dari sasaran tersebut berhasildan dibandingkan capaian tahun 2015naik (Renstra misi 1.1.2)

Strategi yang dilaksanakan untuk capaian kinerja tersebut dilakukan dengan Program Pengembangan Budaya Baca dan Pembinaan Perpustakaan

Keterangan : target terpenuhi

Data Penunjang :

Target pengadaan buku / bahan pustaka tahun 2016 untuk pembentukan perpustakaan desa terpenuhi sebanyak 2000 eksemplar dengan rincian 20 perpustakaan desa masing-masing 100 eksemplar.

 

Berdasarkan Hasil Pengukuran pada Tabel 3.6

  • Sasaran mewujudkan pembinaan perpustakaan dan minat baca masyarakatdiukur melalui indikator Persentase ketepatan perumusan kebijakan bidang pemerintahantarget yang ditetapkan 100% tercapai  100% jadi dapat disimpulkan capaian dari sasaran tersebut berhasildan dibandingkan capaian tahun 2015naik (Renstra misi 1.1.2)

Strategi yang dilaksanakan untuk capaian kinerja tersebut dilakukan dengan Program Pengembangan Budaya Baca dan Pembinaan Perpustakaan

Keterangan : target terpenuhi

Data Penunjang :

Target Bimbingan teknis SDM pengelola perpustakaan desa yang direncanakan 20 peserta tahun 2016 mengundang 79 peserta dari desa dan sekolah

 

 

 

 

Pengukuran Kinerja

 

  1. Perbandingan antara target dan realisasi kinerja Tahun 2016

No

Indikator Kinerja

Target

Realisasi

Keterangan

2016

2016

1

% peningkatan SKPD yang menerapkan arsip secara baku

52,11%

49,30%

 

2

% jumlah SDM pengelola kearsipan

52,59%

66%

 

3

% arsip SKPD tertata dan terawat dari hama

52,11%

49,30%

 

4

% arsip SKPD tersimpan dalam CD

18,31%

16,90%

 

5

% Kepuasan pengunjung

3,38%

2,16%

 

6

% peningkatan buku perpustakaan umum daerah

30,74%

32,29%

 

7

% jumpah perpustakaan desa terbentuk

43,72%

39,07%

 

8

% jumlah SDM pengelola perpustakaan

8,94%

11,38%

 

 

  1. Perbandingan antara realisasi kinerja serta capaian kinerja tahun ini dengan tahun lalu dan beberapa tahun akhir

No

Indikator Kinerja

Realisasi

2013

2014

2015

2016

1

% peningkatan SKPD yang menerapkan arsip secara baku

39,44%

43,66%

46,48%

49,30%

2

% jumlah SDM pengelola kearsipan

21,16%

23%

42,81%

66%

3

% arsip SKPD tertata dan terawat dari hama

39,44%

44%

46,48%

49,30%

4

% arsip SKPD tersimpan dalam CD

5,63%

8,45%

16,90%

16,90%

5

% Kepuasan pengunjung

3,09%

2,98%

2,69%

2,16%

6

% peningkatan buku perpustakaan umum daerah

4%

15%

32,29%

32,29%

7

% jumpah perpustakaan desa terbentuk

15,81%

25,12%

34,42%

39,07%

8

% jumlah SDM pengelola perpustakaan

7,29%

7,84%

9,21%

11,38%


  1. c.     

Cost Per Outcome

 

  1. Alokasi Per sasaran Pembangunan

No

Uraian

Alokasi

Ket

Sasaran

Kegiatan

1

2

3

4

5

1

Meningkatnya sistem administrasi pendukung dan kearsipan yang efektif dan efisien

-

Pengumpulan Data

  1. 7.630.000,00

 

-

Bimbingan Teknis Implementasi Peraturan Per-UU

Rp. 25.750.000,00

 

2

Meningkatnya penyelamatan dan pelestarian dokumen/arsip daerah

-

Pemeliharaan Rutin / berkala arsip daerah

 

  1. 20.522.000,00

 

-

Pendataan dan penataan dokumen / arsip daerah

 

  1. 50.407.600,00

 

3

Meningkatnya perluasan dan kualitas layanan perpustakaan

-

Pengembangan minat dan budaya baca

Rp. 129.288.000,00

 

4

Meningkatnya pembinaan perpustakaan dan minat baca masyarakat

-

Supervisi, pembinaan dan stimulasi pada perpustakaan umum, perpustakaan khusus, perpustakaan sekolah dan perpustakaan masyarakat

 

  1. 21.862.000,00

 

-

Penyediaan bahan pustaka perpustakaan umum daerah

  1. 13.410.000,00

 

 

  1.  
  2. Pencapaian Kinerja dan Anggaran

No

Uraian

Pencapaian Kinerja

Anggaran

Indikator Kinerja

Kegiatan

1

2

3

4

5

1

% peningkatan SKPD yang menerapkan arsip secara baku

-

Pengumpulan Data

49,30%

  1. 6.600.000,00

2

% jumlah SDM pengelola kearsipan

-

Bimbingan Teknis Implementasi Peraturan Per-UU

66%

  1. 25.750.000,00

3

% arsip SKPD tertata dan terawat dari hama

-

Pemeliharaan Rutin / berkala arsip daerah

 

49,30%

  1. 19.890.000,00

4

% arsip SKPD tersimpan dalam CD

-

Pendataan dan penataan dokumen / arsip daerah

 

16,90%

  1. 50.400.000,00

5

% Kepuasan pengunjung

-

Pengembangan minat dan budaya baca

2,16%

Rp. 128.214.000,00

6

% jumlah SDM pengelola perpustakaan

-

Supervisi, Pembina an dan stimulasi pada perpustakaan umum, perpustakaan khusus, perpustakaan sekolah dan perpustakaan masyarakat

 

11,38%

  1. 21.862.000,00

7

% peningkatan buku perpustakaan umum daerah

-

Penyediaan bahan pustaka perpustakaan umum daerah

32,29%

  1. 13.410.000,00

8

% jumpah perpustakaan desa terbentuk

-

Penyediaan bahan bacaan dan peraturan per UU

39,07%

Rp. 146.053.103,00

 

 

  1. B.    REALISASI KEUANGAN

 

No

Program/ Kegiatan

Pagu

Capaian Keuangan

%

1

2

3

4

5

1

Program Pelayanan Administrasi Perkantoran

363.792.088

349.140.061

95,97

 

Penyediaan jasa komunikasi, sumber daya air dan listrik

51.199.200

45.358.658

88,59

 

Penyediaan jasa pemeliharaan dan perizinan kendaraan dinas/operasional

0

0

0

 

Penyediaan jasa administrasi keuangan

46.310.000

44.845.000

96,84

 

Penyediaan peralatan/bahan dan jasa kebersihan kantor

4.505.000

4.433.800

98,42

 

Penyediaan alat tulis kantor

23.817.888

23.804.500

99,94

 

Penyediaan barang cetakan dan penggandaan

5.400.000

5.380.000

99,63

 

Penyediaan komponen instalasi listrik/penerangan bangunan kantor

0

0

0

 

Penyediaan peralatan dan perlengkapan kantor

9.100.000

9.000.000

98,90

 

Penyediaan bahan bacaan dan peraturan perundang-undangan

147.350.000

146.053.103

99,12

 

Penyediaab makanan dan minuman

0

0

0

 

Rapat-rapat koordinasi dan konsultasi ke luar daerah

41.410.000

38.385.000

92,70

 

Rapat-rapat koordinasi dan konsultasi dalam daerah

34.700.000

31.880.000

91,87

2

Program Peningkatan Sarana dan Prasara Aparatur

149.762.500

148.418.120

99,10

 

Pembangunan gedung kantor

15.000.000

14.982.000

99,88

 

Pengadaan perlengkapan gedung kantor

0

0

0

 

Pengadaan peralatan gedung kantor

12.100.000

11.900.000

98,35

 

Pengadaan mebeleur

0

0

0

 

Pemeliharaan rutin/berkala gedung kantor

10.000.000

9.976.000

99,76

 

Pemeliharaan rutin/berkala kendaraan dinas operasional

89.362.500

88.546.000

99,09

 

Pemeliharaan rutin/berkala peralatan gedung kantor

23.300.000

23.014.120

98,77

3

Program Peningkatan Disiplin Aparatur

6.000.000

6.000.000

100,00

 

Pengadaan pakaian khusus hari-hari tertentu

6.000.000

0

0

4

Program Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Aparatur

25.750.000

25.750.000

100

 

Bimbingan Teknis Implementasi Peraturan Perundang-undangan

25.750.000

25.750.000

100

5

Program Perbaikan Sistem Administrasi Kearsipan

7.630.000

6.600.000

86,50

 

Pengumpulan Data

7.630.000

6.600.000

86,50

 

Pengadaan sarana penyimpanan

0

0

0

6

Program Penyelamatan dan Pelestarian Dokumen/Arsip Daerah

50.407.600

50.400.000

99,98

 

Pendataan dan penataan dokumen/arsip daerah

50.407.600

50.400.000

99,98

7

Program Pemeliharaan Rutin/Berkala Sarana dan Prasarana Kearsipan

20.522.000

19.890.000

96,92

 

Pemeliharaan Rutin/Berkala arsip daerah

20.522.000

19.890.000

96,92

1

2

3

4

5

8

Program Pengembangan Budaya Baca dan Pembinaan Perpustakaan

164.990.000

163.486.000

99,09

 

 

Pemasyarakatan minat dan kebiasaan membaca untuk mendorong terwujudnya

0

0

0

 

 

Pengembangan minat dan budaya baca

129.288.000

128.214.000

99,17

 

 

Supervisi, pembinaan dan stimulasi pada perpustakaan umum, perpustakaan khusus, perpustakaan sekolah dan perpustakaan masyarakat

22.292.000

21.862.000

98,07

 

 

Publikasi dan Sosialisasi minat dan budaya baca

0

0

0

 

 

Penyediaan bahan pustaka perpustakaan umum daerah

13.410.000

13.410.000

100

JUMLAH

788.854.188

763.684.181

96,81

 

 

  1. C.    CAPAIAN INDIKATOR SASARAN RPJMD

 

Hasil pengukuran kinerja beserta evaluasi tujuan dan sasaran Pemerintah Kabupaten Bojonegoro tahun 2016 disajikan yang dilakukan oleh Kantor Arsip dan Perpustakaan sebagai berikut :

Mendukung tercapaianya MISI KE 1 (SATU) “MENINGKATKAN PROFESIONALISME APARATUR DAN TATA KEARSIPAN GUNA MENDUKUNG KELANCARAN PELAYANAN PUBLIK”

Misi 1 Tujuan 1:

Meningkatnya kesadaran dan pemahaman aparatur diseluruh satuan kerja di  bidang pengelolaan arsip

Sasaran (1)meningkatnya sistem administrasi pendukung dan kearsipan yang efektif dan efisien diukur melalui indikator prosentase peningkatan SKPD yang menerapkan arsip secara baku sebagaimana tabel berikut:

TABEL  3.2

Misi 1 Tujuan 1 Sasaran 1

 

 

Sasaran

Indikator/ Satuan

Formula

Realisasi 2015

Target 2016

Realisasi 2016

Tercapai/ kurang tercapai

Naik/ turun

Target Nasional

Meningkatnya sistem administrasi pendukung dan kearsipan yang efektif dan efisien

 

Prosentase peningkatan SKPD yang menerapkan arsip secara baku

Jumlah SKPD yang menerapkan arsip secara baku Th n – Th (n-1) x 100%

Jumlah SKPD Th (n-1)

46,48

52,11

49,30

Kurang tercapai

turun

 

-

.

 

Berdasarkan Hasil Pengukuran pada Tabel 3.2

  • Sasaran meningkatnya sistem administrasi pendukung dan kearsipan yang efektif dan efisien diukur melalui indikator Prosentase peningkatan SKPD yang menerapakan arsip secara bakutarget yang ditetapkan 52,11 %  tercapai  49,30 % jadi dapat disimpulkan capaian dari sasaran tersebut turundan dibandingkan capaian tahun 2015tetap

Strategi yang dilaksanakan untuk capaian kinerja tersebut dilakukan denganProgram Perbaikan Sistem administrasi kearsipan pada kegiatan Pengumpulan Data

Data penunjang :

 

 

Tingkat Pencapaian Kinerja

Kantor Arsip dan Perpustakaan

Kabupaten Bojonegoro Tahun 2015– 2016

 

Khasanah arsip inaktif SKPD berdasar SOTK

 

NO

URAIAN

SATUAN

BOX

BERKAS

1

2

3

4

1

Wakil Bupati

4

243

2

Sekretariat Daerah

58

772

3

Asisten

29

587

4

Badan

614

10.778

5

Dinas

545

5.736

6

Bagian Setda

37

254

7

Inspektorat

59

244

8

Kantor

1

21

9

Panwaslu

12

25

 

 

 

Jumlah

 

 

1.359

 

18.660

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Perkembangan SKPD yang menitipkan/mengirim arsip inaktif

Di Kantor Arsip dan Perpustakaan

Sumber Dana APBD Kabupaten BojonegoroTahun 2015-2016

 

NO

URAIAN

TAHUN ANGGARAN

2015

2016

1

2

3

4

1

Alokasi Dana

Rp. 20.920.000,00

Rp.7.630.000,00

2

SKPD Pengirim arsip inaktif

2 SKPD :

-      Sekretariat Daerah

-      Dinas Kesehatan

 

 

2 SKPD :

-      Sekretariat Daerah

-      RSUD Sosodoro Djatikoesoemo

 

 

 

Permasalahan

Belum optimalnya koordinasi dan sosialisasi dengan SKPD yang menyerahkan dan menyimpan arsipnya di Kantor Arsip dan Perpustakaan

 

Solusi

Terkait permasalahan yang dihadapi dan kondisi yang ada, maka diambil strategi dan langkah – langkah sebagai berikut :

  1.          1.   Mengembangkan  sistem administrasi kearsipan, serta peningkatan produktifitas SDM.
  2.          2.   Peningkatan profesionalisme pengelolaan arsip pemerintah daerah didukung sistem kearsipan yang komprehensif
  3.          3.   Melaksanakan penerapan rintisan teknologi sederhana untuk mengarahkan pengelolaan kearsipan menuju sistem manajemen yang lebih modern dan efisien.

 

UPAYA YANG DILAKUKAN DALAM PENCAPAIAN PENINGKATAN TARGET

  1. Sosialisasi Undang - Undang Kearsipan yang berlaku terkait pedoman pengelolaan arsip
  2. Melakukan akuisisi arsip inaktif SKPD, Kecamatan dan Desa untuk dilakukan penyimpanan, pengamanan dan perawatan
  3. Tindak lanjut kerjasama antar instansi

Sasaran (2) meningkatnya SDM aparatur yang mempunyai kompetensi di bidang kearsipan  diukur melalui indikator prosentase jumlah SDM pengelola kearsipan sebagaimana tabel berikut:

TABEL  3.2

Misi 1 Tujuan 1 Sasaran 1

 

 

Sasaran

Indikator/ Satuan

Formula

Realisasi 2015

Target 2016

Realisasi 2016

Tercapai/ kurang tercapai

Naik/ turun

Target Nasional

Meningkatnya SDM aparatur yang mempunyai kompetensi di bidang kearsipan

 

Prosentase jumlah SDM pengelola kearsipan

Jumlah pengelolakearsipan desa/Kec/SKPD x 100%

Jumlah pengelolakearsipan desa/Kec/SKPD

45,11

52,59

66,27

Tercapai

Naik

 

-

.

Berdasarkan Hasil Pengukuran pada Tabel 3.2

  • Sasaran meningkatnya SDM aparatur yang mempunyai kompetensi di bidang kearsipan diukur melalui indikator Prosentase jumlah SDM pengelola kearsipantarget yang ditetapkan 52,59 %  tercapai  66,27 % jadi dapat disimpulkan capaian dari sasaran tersebut naikdan dibandingkan capaian tahun 2015tetap

Strategi yang dilaksanakan untuk capaian kinerja tersebut dilakukan denganProgram Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Aparatur pada kegiatan Bimbingan Teknis Implementasi Pearturan Perundang-undangan

Data penunjang :

 

 

Tingkat Pencapaian Kinerja

Kantor Arsip dan Perpustakaan

Kabupaten Bojonegoro Tahun 2015– 2016

 

SDM aparatur yang mempunyai kompetensi di bidang kearsipan

 

NO

URAIAN

SATUAN

PERKEMBANGAN

2015

2016

1

2

3

4

5

1

Bimbingan Teknis Pengelolaan Kearsipan

  • orang

452

664

 

 

 


 

Perkembangan SDM Pengelola Kearsipan

Kantor Arsip dan Perpustakaan

Sumber Dana APBD Kabupaten BojonegoroTahun 2015-2016

 

NO

URAIAN

TAHUN ANGGARAN

2015

2015

1

2

3

4

1

Alokasi Dana

Rp. 44.700.000,00

Rp. 44.700.000,00

2

Bimbingan Teknis Pengelolaan Kearsipan

452 orang (17 Sekdes mengikuti Bimbingan Teknis Pengelolaan Arsip Pemerintahan Desa di Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi jawa Timur)

 

212 orang perangkat desa dari 7 Kecamatan mengikuti Bimbingan Teknis Pengelolaan Arsip Pemerintahan Desa di Kantor Arsip dan Perpustakaan

 

 

Permasalahan

Rendahnya pemahaman dan kesadaran aparatur terhadap pengelolaan arsip sehingga banyak arsip yang belum terkelola dengan baik

Solusi

Terkait permasalahan yang dihadapi dan kondisi yang ada, maka diambil strategi dan langkah – langkah sebagai berikut :

  1. Mengembangkan  sistem administrasi kearsipan, serta peningkatan produktifitas SDM.
  2. Mengusahakan tambahan personil / pegawai administrasi kearsipan yang disesuaikan dengan kualifikasi pendidikan dan formasi yang dibutuhkan, serta sarana prasarana yang menunjang untuk penyimpanan kearsipan diSatuan Kerja masing-masing.
  3. Melaksanakan penerapan rintisan teknologi sederhana untuk mengarahkan pengenglolaan kearsipan menuju sistem manajemen yang lebih modern dan efisien.

UPAYA YANG DILAKUKAN DALAM PENCAPAIAN PENINGKATAN TARGET

  1. Pembinaan SDM pengelolaan kearsipan SKPD, Kecamatan dan Pemerintahan Desa
  2. Bimbingan Teknis pengelolaan kearsipan langsung kepada pengelola kearsipan SKPD, Kecamatan dan Pemerintahan Desa.
  3. Tindak lanjut kerjasama antar instansi

 

Mendukung tercapaianya MISI KE 2 (DUA) “MENGAMANKAN ARSIP SEBAGAI SUMBER INFORMASI DAN BUKTI AUTENTIK”

Misi 2 Tujuan 2 :

Terwujudnya pengelolaan dan penyimpanan dokumen/arsip daerah yang sistematis

Sasaran (1) meningkatnya penyelamatan dan pelestarian dokumen/arsip daerah diukur melalui indikator prosentase arsip SKPD yang tertata dan terawat dari hama serta indikator prosentase arsip SKPD yang tersimpan dalam bentuk CD sebagaimana tabel berikut:

  TABEL  3.3

Misi 2 Tujuan 2 Sasaran 1

 

 

Sasaran

Indikator/ Satuan

Formula

Realisasi 2015

Target 2016

Realisasi 2016

Tercapai/ kurang tercapai

Naik/ turun

Target Nasional

Meningkatnya penyelamatan dan pelestarian dokumen/arsip daerah

 

Prosentase arsip SKPD tertata dan terawat dari hama

Jumlah arsip SKPD yang tersimpan  x 100%

Jumlah SKPD

46,48

52,11

49,30

Kurang tercapai

turun

 

-

Prosentase arsip SKPD tersimpan dalam bentuk CD

Jumlah arsip SKPD yang tersimpan  x 100%

Jumlah SKPD

16,09

18,31

16,90

Kurang tercapai

turun

 

. Berdasarkan Hasil Pengukuran pada Tabel 3.2

  • Sasaran meningkatnya penyelamatan dan pelestariandokumen/arsip daerah diukur melalui indikator Prosentase arsip SKPD tertata dan terawat dari hama target yang ditetapkan 52,11 %  tercapai  49,30 % jadi dapat disimpulkan capaian dari sasaran tersebut turundan dibandingkan capaian tahun 2015tetap
  • Sasaran meningkatnya penyelamatan dan pelestarian dokumen/arsip daerah diukur melalui indikator Prosentase arsip SKPD tersimpan dalam bentuk CD target yang ditetapkan 18,31 %  tercapai  16,90 % jadi dapat disimpulkan capaian dari sasaran tersebut naikdan dibandingkan capaian tahun 2015tetap

 

Strategi yang dilaksanakan untuk capaian kinerja tersebut dilakukan dengan

-     Program Pemeliharaan Rutin/Berkala sarana dan prasarana kearsipan pada kegiatan Pemeliharaan rutin/berkala arsip daerah

-     Program Penyelamatan dan Pelestarian dokumen/arsip daerah pada kegiatan Pendataan dan Penataan dokumen/arsip daerah

-     Program Perbaikan Sistem administrasi kearsipan pada kegiatan Pengadaan Sarana penyimpanan

Data penunjang :

 

Tingkat Pencapaian Kinerja

Kantor Arsip dan Perpustakaan

Kabupaten Bojonegoro Tahun 2015– 2016

 

Arsip SKPD tertata dan terawat dari hama serta terimpan dalam bentuk CD

 

NO

URAIAN

SATUAN

PERKEMBANGAN

2015

2016

1

2

3

4

5

1

Arsip SKPD tertata dan terawat dari hama

Unit

33

35

2

SKPD tersimpan dalam bentuk CD

Unit

12

12

 

 

Perkembangan arsip SKPD tertata dan terawat dari hama serta

 tersimpan dalam bentuk CD

Kantor Arsip dan Perpustakaan

Sumber Dana APBD Kabupaten BojonegoroTahun 2015-2016

 

NO

URAIAN

TAHUN ANGGARAN

2015

2016

1

2

3

4

1

Alokasi Dana

Rp. 51.210.000,00

Rp. 50.407.600,00

2

Penataan dan Pemeliharaan arsip SKPD

Penataan dalam box arsip dengan diberi kapur barus agar aman dari hama serta penyimpanan arsip dalam bentuk CD       

Penataan dalam box arsip dengan diberi kapur barus agar aman dari hama serta penyimpanan arsip dalam bentuk CD        

 

Permasalahan

Rendahnya pemahaman dan kesadaran aparatur terhadap pentingnya arsip sebagai ujung tombak pengambilan keputusan, bahan utama dalam proses administrasi organisasi, sehingga banyak arsip yang tidak terawat.

 

Solusi

Terkait permasalahan yang dihadapi dan kondisi yang ada, maka diambil strategi dan langkah – langkah sebagai berikut :

Mendata arsip inaktif SKPD, Kecamatan dan Desa untuk disimpan di Kantor Arsip dan Perpustakaan serta  menyatukan persepsi untuk melakukan penyelamatan arsip SKPD

UPAYA YANG DILAKUKAN DALAM PENCAPAIAN PENINGKATAN TARGET

  1. Melaksanakan penyelamatan dan pelestarian arsip SKPD dengan jemput bola
  2. Meningkatkan pemeliharaan dan perawatan arsip SKPD

 

Mendukung tercapaianya MISI KE 3 (TIGA) “MEWUJUDKAN PERPUSTAKAAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR DAN PENGEMBANGAN KREATIVITAS MELALUI PENYEDIAAN SARANA INFORMASI”

Misi 3Tujuan 3:

Meningkatnya manajemen pengelolaan perpustakaan guna memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat

Sasaran (1)meningkatnya perluasan dan kualitas layanan perpustakaan diukur melalui indikator prosentase kepuasan pengunjung sebagaimana tabel berikut:

 

TABEL  3.3

Misi 3 Tujuan 3 Sasaran 1

 

 

Sasaran

Indikator/ Satuan

Formula

Realisasi 2015

Target 2016

Realisasi 2016

Tercapai/ kurang tercapai

Naik/ turun

Target Nasional

Meningkatnya perluasan dan kualitas layanan perpustakaan

 

Prosentase kepuasan pengunjung

Jumlah kunjungan perpustakaan selama 1 tahun x 100%

Jumlah orang dalam populasi yang harus dilayanani

2,69

3,38

2,16

Kurang tercapai

turun

 

-

.

Berdasarkan Hasil Pengukuran pada Tabel 3.2

  • Sasaran meningkatnya perluasan dan kualitas layanan perpustakaan diukur melalui indikator Prosentase kepuasan pengunjung target yang ditetapkan 3,38 %  tercapai  2,16 % jadi dapat disimpulkan capaian dari sasaran tersebut turunsama dengan tahun 2015

Strategi yang dilaksanakan untuk capaian kinerja tersebut dilakukan denganProgram Pengembangan Budaya Baca dan Pembinaan Perpustakaan pada kegiatan

-        Pemasyarakatan minat dan kebiasaan membaca untuk mendorong terwujudnya masyarakat pembelajar

-        Pengembangan minat dan budaya baca

-        Publikasi dan sosialisasi minat dan budaya baca

Data penunjang :

 

 

Tingkat Pencapaian Kinerja

Kantor Arsip dan Perpustakaan

Kabupaten Bojonegoro Tahun 2015– 2016

 

Kepuasan pengunjungan

 

NO

URAIAN

SATUAN

PERKEMBANGAN

2015

2016

1

2

3

4

5

1

Kepuasan pengunjung

  • orang

32.688

26.228

 

 

 

Perkembangan Kepuasan Pengunjung

Kantor Arsip dan Perpustakaan

Sumber Dana APBD Kabupaten BojonegoroTahun 2014-2015

 

NO

URAIAN

TAHUN ANGGARAN

2015

2016

1

2

3

4

1

Alokasi Dana

Rp. 198.158.000,00

Rp. 129.288.000,00

2

Orang dalam populasi yang harus dilayani

1.216.781

1.216.781

 

 

Permasalahan

Masih rendahnya kesadaran masyarakat untuk berkunjung ke perpustakaan karena masih ada anggapan perpustakaan sebagai tempat menyimpan buku bacaan saja

 

 

Solusi

Terkait permasalahan yang dihadapi dan kondisi yang ada, maka diambil strategi dan langkah – langkah sebagai berikut :

  1. Merubah perpustakaan hanya sebagai tempat peminjaman bukukearah teknologi informasi

UPAYA YANG DILAKUKAN DALAM PENCAPAIAN PENINGKATAN TARGET

  1. Mempublikasi/mempromosikan keberadaan perpustakaan dan manfaatnya melalui perpustakaan keliling untuk menjangkau masyarakat desa dan sekolah yang jauh jangkauannya dari kota agar dapat ikut memanfaatkan penyediaan bahan pustaka untuk menambah wawasan yang lebih luas
  2. Meningkatkan layanan kunjungan keperpustakaan dengan membuka layanan perpustakaan umum sampai dengan pukul 20.00 WIB dan dilengkapi dengan layanan internet gratis untuk mendapatkan informasi terkini yang diperlukan pengunjung

 

Mendukung tercapaianya MISI KE 4 (EMPAT) “MEWUJUDKAN PERPUSTAKAAN SEBAGAI TEMPAT REKREASI EDUKATIF MELALUI KEGIATAN PENGEMBANGAN EKONOMI MASYARAKAT”

Misi 4 Tujuan 4 :

Pembudayaan gemar membaca untuk menumbuhkembangkan kreativitas masyarakat (berperilaku mandiri) dalam berkreasi

Sasaran (1) meningkatnya pembinaan perpustakaan dan minat baca masyarakat diukur melalui indikator :

1)    Prosentase  peningkatan buku perpustakaan umum daerah ;

2)    Prosentase jumlah perpustakaan desa terbentuk ;

3)    Prosentase jumlah SDM pengelola perpustakaan ; sebagaimana tabel berikut:

 

 

 

 

 

 

 

TABEL  3.4

Misi 4 Tujuan 4 Sasaran 1

 

 

Sasaran

Indikator/ Satuan

Formula

Realisasi 2015

Target 2016

Realisasi 2016

Tercapai/ kurang tercapai

Naik/ turun

Target Nasional

Meningkatnya pembinaan perpustakaan dan minat baca masyarakat

 

Prosentase peningkatan buku perpus takaan umum daerah

Jumlah koleksi yang tersedia diperpustakaan daerah Th n – Th (n-1)   x 100%

Jumlah koleksi yang tersedia diperpustakaan daerah Th (n-1)

32,29

30,74

32,29

Tercapai

Naik

 

-

 

Prosentase jumlah perpus takaan desa terbentuk

Jumlah Perpustakaan Desa terbentuk  x 100%

Jumlah Desa

34,42

43,72

39,07

Kurang tercapai

turun

-

 

Prosentase jumlah SDM pengelola perpustakaan

Jumlah pengelola perpustakaan desa / sekolah  x 100%

Jumlah pengelola perpustakaan desa / sekolah

9,21

8,94

11,38

Tercapai

Naik

 

.

Berdasarkan Hasil Pengukuran pada Tabel 3.2

  • Sasaran meningkatnya pembinaan perpustakaan dan minat baca masyarakat diukur melalui indikator Prosentase peningakatn buku perpustakaan umum daerah target yang ditetapkan 30,74 %  tercapai  32,29 % jadi dapat disimpulkan capaian dari sasaran tersebut naiksama dengan tahun 2015

Strategi yang dilaksanakan untuk capaian kinerja tersebut dilakukan denganProgram Pengembangan Budaya Baca dan Pembinaan Perpustakaan pada kegiatan Penyediaan bahan pustaka perpustakaan umum


 

Data penunjang :

 

Tingkat Pencapaian Kinerja

Kantor Arsip dan Perpustakaan

Kabupaten Bojonegoro Tahun 2015– 2016

 

Penyediaan bahan pustaka

 

NO

URAIAN

SATUAN

PERKEMBANGAN

2015

2016

1

2

3

4

5

1

Koleksi buku yang tersedia

eksemplar

33.626

33.626

 

 

Perkembangan Penyediaan bahan pustaka

Kantor Arsip dan Perpustakaan

Sumber Dana APBD Kabupaten BojonegoroTahun 2015-2016

 

NO

URAIAN

TAHUN ANGGARAN

2015

2015

1

2

3

4

1

Alokasi Dana

Rp. 333.310.000,00

Rp.13.410.000,00

2

Pengadaan buku perpustakaan umum daerah

8.207

8.207

 

 

Permasalahan

Masih rendahnya kesadaran masyarakat terhadap perpustakaan dan menilai minat baca adalah hal baru

 

Solusi

Terkait permasalahan yang dihadapi dan kondisi yang ada, maka diambil strategi dan langkah – langkah sebagai berikut :

Menumbuhkan kegemaran membaca bagi masyarakat / pengunjung

 

UPAYA YANG DILAKUKAN DALAM PENCAPAIAN PENINGKATAN TARGET

  1. Penyediaan koleksi bahan pustaka sesuai yang diinginkan pengunjung

 

 

Berdasarkan Hasil Pengukuran pada Tabel 3.2

  • Sasaran meningkatnya pembinaan perpustakaan dan minat baca masyarakat diukur melalui indikator Prosentase jumlah perpustakaan desa terbentuk target yang ditetapkan 43,72 %  tercapai  39,07 % jadi dapat disimpulkan capaian dari sasaran tersebut turunsama dengan tahun 2015

Strategi yang dilaksanakan untuk capaian kinerja tersebut dilakukan dengan

-        Program Pengembangan Budaya Baca dan Pembinaan Perpustakaan pada kegiatan Pelaksanaan Koordinasi pengembangan perpustakaan

-        Program Pelayanan Administrasi Perkantoran pada kegiatan Penyediaan bahan bacaan dan peraturan perundang-undangan

 

Data penunjang :

 

 

Tingkat Pencapaian Kinerja

Kantor Arsip dan Perpustakaan

Kabupaten Bojonegoro Tahun 2015– 2016

 

Perpustakaan desa terbentuk

 

NO

URAIAN

SATUAN

PERKEMBANGAN

2015

2016

1

2

3

4

5

1

Perpustakaan desa

unit

148

168

 

 

Perkembangan Perpustakaan desa

Kantor Arsip dan Perpustakaan

Sumber Dana APBD Kabupaten BojonegoroTahun 2015-2016

 

NO

URAIAN

TAHUN ANGGARAN

2015

2016

1

2

3

4

1

Alokasi Dana (penyediaan bahan bacaan dan peraturan perundang-undangan)

Rp. 154.950.000,00

Rp. 147.350.000,00

2

Perpustakaan desa terbentuk

40

20

 

 

 

 

 

 

Perkembangan Perpustakaan desa

Kantor Arsip dan Perpustakaan

Sumber Dana APBD Kabupaten BojonegoroTahun 2015-2016

 

NO

URAIAN

TAHUN ANGGARAN

2015

2016

1

2

3

4

1

Kec. Ngraho

Ds. Blimbinggede

Ds. Ngraho

2

 

Ds. Luwihhaji

 

3

Kec. Margomulyo

Ds. Sumberjo

 

4

Kec. Tambakrejo

Ds. Malingmati

Ds. Tambakrejo

5

Kec. Ngasem

Ds, Jelu

Ds. Ngasem

6

Kec. Sumberrejo

Ds. Sumuragung

Ds. Pejambon

7

 

Ds. Banjarjo

 

8

Kec. Sukosewu

Ds. Sukosewu

 

9

 

Ds. Sidorejo

 

10

Kec. Bubulan

Ds. Ngorogunung

 

11

Kec. Bojonegoro

Ds. Semanding

Ds. Pacul

12

Kec. Temayang

Ds. Kedungsari

Ds. Belun

13

 

Ds. Papringan

 

14

Kec. Sugihwaras

Ds. Penunggalan

Ds. Genjor

15

 

Ds. Sugihwaras

 

16

 

Ds. Glagahwangi

 

17

Kec. Kapas

Ds, Plesungan

Ds. Bendo

18

 

Ds. Tanjungharjo

 

20

Kec. Gondang

Ds. Krondonan

Ds. Pajeng

21

Kec. Malo

Ds. Banaran

 

22

Kec. Trucuk

Ds. Kandangan

Ds. Tulungrejo

23

 

Ds. Kanten

 

24

Kec. Balen

Ds. Lengkong

Ds. Balenrejo

25

 

Ds. Margomulyo

Ds. Kemamang

26

 

Ds. Ngadiluhur

 

27

Kec. Dander

Ds. Karangasono

Ds. Sumberarum

28

 

Ds. Sumodikaran

Ds. Dander

29

Kec. Kanor

Ds. Kanor

Ds. Piyak

30

 

Ds. Pesen

 

31

Kec. Purwosari

Ds. Pojok

Ds.Purwosari

32

 

Ds. Tlatah

 

33

 

Ds. Sedahkidul

 

34

 

Ds. Gapluk

 

35

Kec. Padangan

Ds. Banjarejo

Ds. Padangan

36

 

Ds. Kuncen

 

37

Kec. Kedungadem

Ds. Tumbrasanom

 

38

Kec. Kepohbaru

Ds. Kepoh

Ds. Pohwates

39

 

Ds. Sidomukti

Ds. Cengkir

 

 

 

Ds. Nglumber

40

Kec. Sekar

Ds. Klino

 

 

 

Permasalahan

Kurangnya koleksi bacaan di perpustakaan desa mempengaruhi minat masyarakat

 

Solusi

Terkait permasalahan yang dihadapi dan kondisi yang ada, maka diambil strategi dan langkah – langkah sebagai berikut :

Pengembangan perpustakaan dibidang pelayanan melalui kegiatan promosi, leaflet dan media untuk meningkatkan minat baca masyarakat

 

UPAYA YANG DILAKUKAN DALAM PENCAPAIAN PENINGKATAN TARGET

  1. Penyediaan koleksi buku yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat

Berdasarkan Hasil Pengukuran pada Tabel 3.2

  • Sasaran meningkatnya pembinaan perpustakaan dan minat baca masyarakat diukur melalui indikator Prosentase jumlah SDM pengelola perpustakaan target yang ditetapkan 8,94 %  tercapai  11,38 % jadi dapat disimpulkan capaian dari sasaran tersebut naiksama dengan tahun 2015

Strategi yang dilaksanakan untuk capaian kinerja tersebut dilakukan denganProgram Pengembangan Budaya Baca dan Pembinaan Perpustakaan pada kegiatan Supervisi, pembinaan dan stimulasi pada perpustakaan umum, perpustakaan khusus, perpustakaan sekolah dan perpustakaan masyarakat


Data penunjang :

 

Tingkat Pencapaian Kinerja

Kantor Arsip dan Perpustakaan

Kabupaten Bojonegoro Tahun 2015– 2016

 

SDM Pengelola Perpustakaan

 

NO

URAIAN

SATUAN

PERKEMBANGAN

2015

2016

1

2

3

4

5

1

SM Pengelola Perpustakaan desa, sekoalh

  • orang

336

415

 

 

Perkembangan SDM pengelola perpustakaan

Kantor Arsip dan Perpustakaan

Sumber Dana APBD Kabupaten BojonegoroTahun 2015-2016

 

NO

URAIAN

TAHUN ANGGARAN

2015

2016

1

2

3

4

1

Alokasi Dana

Rp. 33.735.000,00

Rp.22.292.000,00

2

Bimbingan Teknis SDM pengelola perpustakaan

50 orang

79 orang

 

 

Permasalahan

Kurangnya keahlian personil di bidang perpustakaan

 

Solusi

Terkait permasalahan yang dihadapi dan kondisi yang ada, maka diambil strategi dan langkah – langkah sebagai berikut :

Mengoptimalkan tenaga perpustakaan yang ada dengan melakukan pelatihan tenaga pengola perpustakaan

 

UPAYA YANG DILAKUKAN DALAM PENCAPAIAN PENINGKATAN TARGET

  1. Pembinaan SDM pengelola perpustakaan Desa, Sekolah
  2. Bimbingan Teknis pengelolaan perpustakaan langsung kepada pengelola perpustakaan Desa, Sekolah

Tindak lanjut kerjasama a

BAB IV

PENUTUP

 

  1. A.     Kesimpulan

Upaya  perwujudan  Visi  dan  Misi  Kantor Arsip dan Perpustakaan  dalam  mengoptimalisasi peran  dan  fungsi  Kantor Arsip dan Perpustakaan  dalam  melaksanakan penyusunan dan kebijakan daerah di bidang arsip dan perpustakaan, pemberian dukungan atas penyelenggaraan Pemerintahan Daerah di bidang Arsip dan Perpustakaan, pembinaan dan pelaksanaan tugas di bidang arsip dan perpustakaan sampai  dengan  evaluasi  dan  pelaporan  sehingga  menjadi  satu  kesatuan  rangkaian penyelenggaraan  pemerintahan  yang  saling  mendukung  dan  mendorong  percepatan perwujudan  Visi  Kabupaten  Bojonegoro  menjadi  Kabupaten  yang  Produktif, Berdaya Saing, Adil, Sejahtera, Bahagia dan Berkelanjutan. Dokumen  ini  berupaya  memaparkan  seluruh  sasaran dan indikator  yang dilaksanakan  pada  Kantor Arsip dan Perpustakaan  dalam  upaya  pencapaian  target  kinerja  Tahun 2016,  dengan  seluruh  hasil  capaiannya  baik  yang  masih  berupa  output  maupun  outcome  dari  indikator-indikator tersebut.  Persentase  capaian  kinerja  atas indikator  sasaran melalui penetapan kinerja yang telah ditetapkan di awal tahun 2016 dari  hasil  tersebut  terdapat  capaian  rata-rata 100%.

Sedangkan untuk penyerapan Anggaran pada Tahun 2016 dari total pagu        Rp. 788.854.188 terserap 96,81%.

Faktor pendorong dalam capaian keberhasilan kinerja Kantor Arsip dan Perpustakaan tahun 2016  antara  lain  adalah  ditetapkannya  regulasi-regulasi  pusat  tentang tata kelola  pemerintahan  yang  baik,  sehingga  mendorong  tumbuhnya  komitmen  untuk membangun  dan  melaksanakan  AKIP  tatanan  SAKIP  secara  lebih   komprehensif  di seluruh  sisi  bidang  penyelengaraan  pemerintahan.  Semakin  selarasnya  berbagai kebijakan pusat dan lintas sektoral menumbuhkan pemahaman dan kesadaran tentang perubahan  dan  perbaikan  dalam  penyelenggaraan  pemerintahan  sebagai  suatu kebutuhan bukan sekadar kewajiban. Hal tersebut telah mendorong tingkat koordinasi yang  semakin  tinggi  dalam  upaya  terus  meningkatkan  pelaksanaan  birokrasi nyelenggaraan pemerintahan.

Beberapa  permasalahan  dan  kendala  yang  dihadapi  dalam  upaya  pencapaian target kinerja pelaksanaan tugas pokok Kantor Arsip dan Perpustakaan antara lain adalah :

Laporan Kinerja  Kantor Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Bojonegoro 2016 :

  1. Masih ada kebijakan dan regulasi pusat yang belum sinergis baik dalam penetapan maupun pengaturannya, sehingga menimbulkan kesulitan dalam implementasinya di daerah.
  2. Masih  adanya  kebijakan  pusat  yang  tidak  dapat  di  implementasikan  karena terdapat  ketidaksesuaian  dengan  kondisi  dan  karakteristik  potensi  dan permasalahan pemerintahan daerah.
  3. Penetapan  indikator-indikator  kinerja  yang  belum  seluruhnya  terukur dengan indikator  kinerja  yang  tepat,  sehingga  target  kinerja  tiap  tahun  cenderung  statis dan tidak dapat menunjukan/menggambarkan hasil kinerja sebenarnya.
  4. Kualitas  SDM  belum  memenuhi  standar  kapabilitas  yang  mencukupi, sehingga masih  terdapat  kelemahan-kelemahan  dalam  pelaksanaan  fasilitasi  perumusan, perencanaan,  pengendalian,  pengkoordinasian  pelaksanaan,  dan  pemantauan kebijakan-kebijakan Pemerintah  Daerah. Hal  ini menyebabkan  belum  optimalnya peran,  fungsi dan  kualitas  kinerja  Kantor Arsip dan Perpustakaan  Kabupaten Bojonegoro.

 

B.  Langkah kedepan

Dalam  upaya  untuk  meningkatkan  kinerja  Kantor Arsip dan Perpustakaan  Kabupaten Bojonegoro  pada  tahun  mendatang,  beberapa  langkah  strategis  yang  dapat  dilakukan antara lain adalah :

  1. Meningkatkan  kualitas  koordinasi  dengan  seluruh  SKPD,  untuk memaksimalkan kualitas perumusan dan implementasi kebijakan otonomi daerah, maupun dalam akselerasi  implementasi  regulasi  dan  ketentuan  pusat  sesuai  dengan  kondisi, karakteristik, potensi dan permasalahan daerah.
  2. Menyusun  dan  menetapkan  indikator  kinerja  Kantor Arsip dan Perpustakaan  melalui koordinasi  internal  Kantor Arsip dan Perpustakaan,  untuk  membahas  dan  menyepakati indikator  kinerja  atas  program-kegiatan  yang  dilaksanakan  pada  bagian-bagian sehingga  dapat  memperjelas  target  tujuan  yang  hendak  dicapai  dengan  ukuran yang  tersusun  secara  sinergis,  sistematis  dan  secara  signifikan  terarah  pada peningkatan capaian kinerja Kantor Arsip dan Perpustakaan sebagai contoh dan tauladan bagi SKPD.
  3. Meningkatkan  kualitas  SDM  Kantor Arsip dan Perpustakaan  melalui  pelaksanaan pelatihan-pelatihan,  pembinaan  yang  berkelanjutan,  serta  pemberian  kesempatan pendidikan,  guna  meningkatkan  kulitas  pengetahuan  dan  keterampilan  dalam pelaksanaan tugasnya.

 

     Demikian Laporan Kinerja Kantor Arsip dan Perpustakaan,  mudah-mudahan  dapat  memberikan  gambaran  yang mencukupi  tentang akuntabilitas  capaian  kinerja  Kantor Arsip dan Perpustakaan  dan  sebagai  bentuk pertanggungjawaban pelaksanaan kinerja dan anggaran tahun 2016.

PENETAPAN KINERJA

KANTOR ARSIP DAN PERPUSTAKAAN KABUPATEN BOJONEGORO TAHUN 2016

 

Sasaran Strategis

Indikator Kinerja

Target (%)

Program/Kegiatan

Anggaran

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

Terpenuhinya kebutuhan barang daerah berdasarkan skala prioritas untuk mendukung pelaksanaan tugas aparatur Pemerintah Daerah

Tersedianya sarana dan prasarana pendukung pelaksanaan tugas aparatur pemerintah daerah

100

Penyediaan jasa komunikasi, sumber daya air dan listrik

51.199.200

Penyediaan jasa pemeliharaan dan perizinan kendaraan dinas/operasional

0

Penyediaan jasa administrasi keuangan

      46.310.000

Penyediaan peralatan/bahan dan jasa kebersihan kantor

               4,505,000

Penyediaan Alat Tulis kantor

23,817,888

Penyediaan barang cetakan dan penggadaan

5,400,000

Penyediaan komponen instalasi listrik/penerangan bangunan kantor

0

Penyediaan peralatan dan perlengkapan kanotr

9,100,000

Penyediaan makanan dan minuman

0

Rapat-rapat koordinasi dan konsultasi keluar daerah

              41,410,000

Rapat-rapat koordinasi dan konsultasi dalam daerah

              34,700,000

 

 

 

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

Meningkatnya pembinaan perpustakaan dan minat baca masyarakat

Persentase jumlah perpustakaan desa terbentuk

43,72

Penyediaan bahan bacaan dan peraturan perundang-undangan

            147,350,000

 

Terpenuhinya kebutuhan barang daerah berdasarkan skala prioritas untuk mendukung pelaksanaan tugas aparatur Pemerintah Daerah

Tersedianya sarana dan prasarana pendukung pelaksanaan tugas aparatur pemerintah daerah

100

Pembangunan gedung kantor

15,000,000

Pengadaan perlengkapan gedung kantor

0

Pengadaan peralatan gedung kantor

12,100,000

Pengadaan mebeleur

0

Pemeliharaan rutin/berkala gedung kantor

10,000,000

Pemeliharaan rutin/berkala kendaraan dinas/operasional

              89,362,500

Pemeliharaan rutin/berkala peralatan gedung kantor

              23,300,000

Pengadaan pakaian khusus hari-hari tertentu

6.000.000

 

 

 

 

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

Meningkatnya SDM aparatur yang mempunyai kompetensi di bidang kearsipan

Persentase jumlah SDM pengelola kearsipan

53

Bimbingan Teknis Implementasi pearturan perundang-undangan

              25,750,000

 

Meningkatnya Sistem administrasi pendukung dan kearsipan yang efektif dan efisien

Persentase peningkatan SKPD yang menerapkan arsip secara baku

52,11

Pengumpulan Data

               7,630,000

 

Meningkatnya penyelamatan dan pelestarian dokumen/arsip daerah

Persentase arsip SKPD tersimpan dalam bentuk CD

18,31

Pengadaan sarana penyimpanan

0

18,31

Pendataan dan penataan dokumen/arsip daerah

50,407,600

Persentase Arsip SKPD tertata dan terawatt dari hama

52,11

Pemeliharaan rutin/berkala arsip daerah

20,522,000

 

 

 

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

Meningkatnya perluasan dan kualitas layanan perpustakaan

Persentase kepuasan pengunjung

3,38

Pemasyarakatan minat dan kebiasaan membaca untuk mendorong terwujudnya masyarakat pembelajar

0

 

 

3,38

Pengembangan minat dan budaya baca

129,288,000

 

 

3,38

Publikasi dan sosialisasi minat dan budaya baca

0

Meningkatnya pembinaan perpustakaan dan minat baca masyarakat

Persentase peningkatan buku perpustakaan

30,74

Penyediaan bahan pustaka perpustakaan umum daerah

              13,410,000

Persentase jumlah perpustakaan desa terbentuk

43,72

Pelaksanaan koordinasi pengembangan perpustakaan

0

Persentase jumlah SDM pengelola perpustakaan

8,94

Supervisi, pembinaan dan stimulasi pada perpustakaan umum, perpustakaan khusus, perpustakaan sekolah dan perpustakaan masyarakat

              22,292,000

 

 

 

 

Jumlah Anggaran Tahun 2016 adalah Rp.   788,854,188,00

 

 

(tujuh ratus delapan puluh delapan juta delapan ratus lima puluh empat ribu seratus delapan puluh delapan rupiah)

 

 

 

PENGUKURAN KINERJA

KANTOR ARSIP DAN PERPUSTAKAAN KABUPATEN BOJONEGORO TAHUN 2016

 

Sasaran

Indikator

Target

Realisasi

Persentase

1

2

3

4

5

Meningkatnya sistem administrasi pendukung dan kearsipan yang efektif dan efisien

Persentase SKPD yang menerapkan arsip secara baku

 

52,11

49,30

94,61

Meningkatnya SDM aparatur yang mempunyai kompetensi di bidang kearsipan

Persentase jumlah SDM pengelola kearsipan

52,59

66,27

126,01

Meningkatnya penyelamatan dan pelestarian dokumen/arsip daerah

Persentase arsip SKPD yang tertata dan terawat dari hama

52,11

49,30

94,61

Persentase arsip SKPD tersimpan dalam bentuk CD

18,31

16,90

92,30

Meningkatnya perluasan dan kualitas layanan perpustakaan

Persentase kepuasan pengunjung

3,38

2,16

63,91

Meningkatnya pembinaan perpustakaan dan minat baca masyarakat

Persentase peningkatan buku perpustakaan umum daerah

30,74

32,29

105,04

Persentase jumlah perpustakaan desa terbentuk

43,72

39,07

89,36

Persentase jumlah SDM pengelola perpustakaan

8,94

11,38

127,29